Agam merupakan salah satu kabupaten terkenal di Sumatera Barat. Bukan karena latar belakang sejarahnya yang menawan untuk dicari tahu, namun juga berbagai destinasi wisatanya yang menarik untuk dikunjungi. Suhu di kabupaten Agam sendiri merupakan suhu tropis dengan suhu minimal 25 derajat celcius, namun untuk suhu maksimalnya pun hanya mencapai 5 angka lebih tinggi, yakni 30 derajat celcius.

Dari bentangan alam yang singkat tersebut, Anda bisa merasakan sensasinya berwisata di Agam dengan berbagai keindahan. Wisata seperti yang kita ketahui adalah menjadi kebutuhan tidak terbantahkan, apalagi jika di era yang serba cepat ini. Liburan seperti bukan lagi barang kelengkapan semata, namun sudah menjadi kebutuhan demi memanusiakan diri di tengah jengahnya beraktivitas sehari-hari.

Wisata Nagari Tabek Sarojo

jembatan gantung nagarai tabek sarojo

Wisata nagari tabek sarojo adalah sebuah destinasi wisata buatan yang membentang menyambungi dua dataran. Tidak lain dan tidak bukan, yakni berupa jembatan gantung terpanjang yang bisa Anda temukan di Sumatera Barat. Jika memiliki nyali besar untuk mengunjungi destinasi wisata yang satu ini akan menjadi prestise sendiri bagi Anda. Sebab sebenarnya tidak ada lain yang akan Anda lakukan kecuali menyeberangi jembatan tersebut.

Baca juga, Hamparan Kebun Teh Alahan Panjang yang Hijau nan Asri

Latar Belakang Pembangunan Nagari Tabek Sarojo

Bila bicara tentang sejarah nagari tabek sarojo atau jembatan gantung terpanjang tersebut, ada beberapa hal yang bisa Anda dapatkan. Pertama bila bicara tentang bentangan alam yang hijau namun juga tidak bisa diprediksi, semua adalah kuasa Allah dalam hal penciptaannya. Kedua, jika kita sangkutkan dengan kepintaran manusia untuk menyambungkan yang tidak tersambung, maka terbentuklah salah satu karya anak bangsa berupa jembatan tersebut.

Lokasi Wisata di Antara Dua Desa

Jika penasaran dengan fenomena mencengangkan tentang nagari tabek sarojo, Anda bisa langsung mengunjungi lokasi wisatanya saja. Sebab jembatan ini menghubungkan dua desa, yakni Guguak Tinggi dan Guguak Randah, Anda bisa memilih mau menaiki jembatan dari arah mana. Lokasi umumnya konon destinasi wisata satu ini tidak jauh dari pusat kota atau dari didirikannya jam gadang di tengah kota. Anda bisa menggunakan sewa mobil alphard setempat untuk mengantar ke lokasi ini.

Rute Jalan Mudah dan Banyak Akses

Untuk mencapai lokasi, terutama di destinasi wisata nagari tabek sarojo atau jembatan gantungnya sendiri Anda masih bisa menggunakan kendaraan. Konon dulunya jembatan tersebut dibuat sebagai penghubung antara kedua desa, di mana masing-masing warganya harus lebih dulu melewati lembah, rawa, dan lain sebagainya untuk bisa sampai di desa seberang.

Jadi, di samping menjadi destinasi wisata, jembatan ini menjadi infrastruktur juga, sehingga untuk mengaksesnya sama sekali tidak sulit. Apabila Anda berasal dari luar daerah dan ingin lebih praktis mengunjungi wisata ini, Anda dapat sewa mobil di daerah Agam sesuai dengan kebutuhan.

Tidak Ada Harga Tiket Masuk

Karena jembatan ini memiliki tujuan mula sebagai penghubung dua desa, jadi sebenarnya tidak ada harga tiket yang mesti Anda bayarkan. Hanya saja, jika ke depannya anak nagari tabek sarojo mau mengelola dengan manajemen yang baik, besar kemungkinan jembatan ini bisa berkembang. Namun, selama tidak ada harga yang dipatok maka Anda bebas berkunjung ke jembatan terpanjang tersebut. Asalkan dengan satu syarat, Anda menjaga ketertiban dan kebersihan selama melakukan kunjungan.

Jam Buka Bebas

Untuk jam buka sama sekali tidak dibatasi karena logikanya Anda bisa kapan saja melewati jembatan terpanjang nagari tabek sarojo tersebut. Terlebih untuk anak atau warga sekitar kedua kampung, sudah pasti tidak mungkin tidak pernah melewati jembatan itu. Sudah banyak orang menyarankan agar warga sekitar menanam bunga di sekitar jembatan atau melakukan perawatan sederhana lainnya demi menambah keindahan jembatan yang membentang menghubungkan kedua desa tersebut.

Fasilitas di Nagari Tabek Sarojo

jembatan nagari tabek sarojo

Untuk fasilitas yang bisa Anda dapatkan dari nagari tabek sarojo atau jembatan gantung penghubung Guguak Tinggi dan Guguak Randah adalah kondisi jalan yang mulus. Keamanan kanan kirinya pun amat terjaga karena Anda berada di atas proyek bernilai milyaran rupiah. Hal yang paling menarik dari semuanya adalah fasilitas alam serta kearifan local bersama warga sekitar yang tidak bisa dibantahkan sama sekali.

Baca juga, Pemandian Air Panas Bukit Kili

Nah, itu dia berbagai hal menarik yang bisa Anda dapatkan ketika berkunjung ke Agam. Lebih banyak hal lainnya lagi yang bisa Anda dapatkan tatkala berkunjung langsung. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun memanfaatkan layanan sewa mobil camry di daerah Anda.