Nama Tempat WisataNagari Tuo Pariangan
LokasiKabupaten Tanah Datar
Jam Buka09.30 -17.30 WIB
ProvinsiSumatera Barat
Telepon
Website
Petunjuk ArahKlik di sini

Nagari Tuo Pariangan adalah tempat wisata paling direkomendasikan bagi para wisatawan dari luar kota Padang maupun lokal. Desa ini ada di lereng gunung Merapi jadi saat berkunjung ke sana, hawa sejuk dan pemandangan indah langsung menyambut anda. Desa Nagari Tuo Pariangan ini kian populer setelah dinobatkan jadi salah satu desa terindah di dunia pada 2012 lalu. Jadi tak heran jika hingga kini masih banyak sekali yang penasaran akan desa wisata ini.

Sejarah Singkat Nagari Tuo Pariangan

nagari tuo pariangan tanah datar

Desa wisata Sumatera Barat ini punya cerita sejarah tersendiri. Berdasarkan masyarakat setempat, nenek moyang di sini asalnya dari puncak gunung Merapi yang berupa dataran dan sisanya adalah lautan. Setelah air laut surut para warga membuat tempat tingga di sekitar puncak. Lalu Pariangan adalah desa pertama yang dibuka.

Nagari Pariangan adalah Desa kuno sebagai awal lahirnya sistem pemerintahan Minangkabau yang disebut Nagari. Tapi selanjutnya sistem ini hanya berlaku hingga tahun 1980 karena lahirnya undang-undang tentang perubahan sistem pemerintahan.

Tapi saat otonomi daerah di tahun 1999 Nagari Pariangan mendapat peluang untuk lebih mandiri. Desa ini kembali menerapkan sistem Nagari pada pemerintahannya.

Yang Menarik di Nagari Tuo Pariangan

masjid ishlah pariangan

Saat memasuki kawasan desa ini anda akan langsung merasakan udara dan pemandangan khas pegunungan. Banyak hal menarik yang bisa ditemukan pada desa kuno di Sumatera Barat ini. Simak selengkapnya!

1. Berkunjung Ke Masjid Ishlah

Masjid ini adalah tempat ibadah bersejarah dan umurnya sudah ratusan tahun. Bangunan ini dibangun pada abad 19 oleh seorang Syekh bernama Burhanuddin. Memiliki atap yang sangat unik yaitu berbentuk limas segiempat bertingkat, arsitekturnya terinspirasi dari Dongson di Tibet.

2. Mandi Air Panas

Terdapat pemandian air panas yang airnya langsung berasal dari Gunung Merapi. Mandi air panas di Nagari Pariangan ini memiliki khasiat yaitu menjaga kesehatan kulit. Apalagi lokasinya cukup dekat dengan Masjid, jadi setelah dari lokasi masjid anda bisa langsung ke sini.

3. Melihat Pemandangan Sawah Menakjubkan

Jika anda yang berasal dari daerah perkotaan mungkin cukup asing dengan yang namanya area persawahan. Di Nagari Pariangan ini anda bisa menikmati indahnya sawah yang hijau dengan model terasering yang sangat indah.

Memang mayoritas warga desa ini adalah petani dan mengolah tanah menggunakan sistem terasering. Alasannya adalah karena lokasi sawah yang berada di lereng gunung. Jadi selain menjadi lahan pertanian, tempat ini juga kerap dijadikan tempat berwisata.

4. Panorama Rumah Gadang Dari Anyaman Bambu

Membicarakan keunikan Nagari Pariangan seperti tidak ada habisnya, ada lagi yang namanya Rumah Gadang Tuo. Rumah tradisional ini dibangun dengan anyaman bambu untuk dinding nya dan hanya bisa ditemukan di Nagari Pariangan. Rumah ini juga ditetapkan menjadi bangunan cagar budaya.

Meski umurnya sudah tua, rumah-rumah ini masih berdiri kokoh dan tetap jadi tempat bermukim warga.

5. Mencicipi Kopi Kawa Daun

Jika anda pecinta kopi, wajib mencoba kopi tradisional milih desa Pariangan. Namanya adalah kopi kawa daun, yang dibuat dari pucuk daun pohon kopi. Untuk menyajikan kopi hampir sama dengan kopi lain pada umumnya, hanya saja disajikan dengan batok kelapa.

Akses Ke Nagari Tuo Pariangan

Untuk berkunjung ke Desa ini bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi, bus atau juga menyewa bus travel. Untuk anda yang mungkin berasal dari luar provinsi langsung saja mengambil jalur udara tujuan Bandara Minangkabau. Lokasi desa ada di jalan utama yang menguntungkan Batusangkar dan Padang Panjang.

Jarak tempuh ke lokasi desa wisata ini dari Padang adalah 2 jam. Paling direkomendasikan untuk menggunakan jasa sewa bus Padang karena lebih aman dan terjamin.

Baca Juga : Berkunjung Ke Green House Lezatta, Taman Bunga yang Cantik

Tips Saat Ke Nagari Tuo Pariangan

Untuk berkunjung ke desa wisata Batusangkar ini anda harus memperhatikan beberapa hal.

● Jangan datang pada hari Jumat, karena di hari itu tempat ini tutup. Namun selain hari Jumat tetap buka.
● Membawa kamera bagus untuk mengabadikan momen.
● Tetap jaga kelestarian dan kebersihan tempat wisata ini.

Demikian rekomendasi salah satu tempat wisata di Padang yang cukup terkenal Nagari Tuo Pariangan. Selain berwisata, anda juga bisa mempelajari sejarah kebudayaan Indonesia di tempat ini. Kunjungi juga tempat wisata lainnya di Padang seperti Padang Mangateh.