Nasi Kapau Uni Lis merupakan salah satu hidangan khas Bukittinggi yang menggugah selera makan. Takkan lengkap rasanya bila berwisata tapi tidak mampir di warung Uni Lis. Di warung tersebut, anda akan mendapati menu spesial dan dijamin akan membuat ketagihan. Maka dari itu, jika Anda berwisata menggunakan sewa mobil Fortuner maupun lainnya, pastikan untuk minta diantar ke wisata kuliner ini.

Yah, menu utamanya adalah nasi kapau dengan beberapa lauk yang tak kalah nikmatnya. Lokasi warung yang tidak jauh dari landmark Jam Gadang, Bukittinggi membuatnya mudah ditemukan. Sebenarnya disana, ada banyak sekali yang menjual menu nasi kapau. Namun, yang paling istimewa adalah di Warung Uni Lis.

Apa Itu Nasi Kapau?

Menu Nasi Kapau Uni Lis

Sebelum membahas keunikan dan kenikmatan rasa nasi kapau, ada baiknya kita tahu dulu tentang nasi khas Bukittinggi ini. Berikut penjelasannya!

Inilah Nasi Kapau

Nasi kapau merupakan suatu menu makanan khas Nagari Kapau, Tilatang Kamang, Kab. Agam, Prop. Sumatera Barat. Bisa dikatakan sebagai nasi rames dengan lauk pauk khas kapau, sambal, cubadak (gulai sayur nangka), gulai tunjang (urat kaki kerbau atau sapi).

Baca juga, Bukik Cinangkiak, Wisata Baru yang Instagrammable di Danau Singkarak

Selain itu, lauknya juga meliputi gulai cangcang (tulang dan daging kerbau), paruik kabau atau gulai babek (babat). Untuk lauknya bisa sesuai selera penjual atau pembeli, tapi standarnya dilengkapi dengan gulai nangka dan itulah yang menjadi ciri khasnya. Gulai nangka nasi kapau uni lis tidak memakai santan dan tidak terlalu kental.

Lauk-lauk Nasi Kapau

Gulai nangkanya dicampur dengan sayur kol, kacang panjang, jengkol, rebung dan pakis. Selain gulai nangka, lauk nasi kapau umumnya terdiri dari masakan daging-dagingan. Mulai dari gulai tambusu yang terbuat dari campuran telur ayam dan tahu, lalu dimasukkan ke usus sapi.

Kalau tidak suka dengan daging kerbau atau sapi, anda bisa memilih lauk lain yakni gulai tunjang, gulai ikan, teri balado, ayam panggang, tongkol balado, goreng belut, dendeng balado dan sambal lado hijau. Jika ingin jajal semuanya, datang langsung saja ke warung nasi uni lis kota bukittinggi sumatera barat.

Nama Uni Lis sudah sangat populer di kalangan wisatawan Sumatera Barat, khususnya yang datang ke Kota Bukit Tinggi.

Sejarah Warung Nasi Kapau Uni Lis

Awalnya, uni lis berjualan nasi kapau di pasar lereng. Lalu, pada tahun 1989, mendirikan sebuah warung di lokasi yang sekarang yaitu Los Lambung Pasar Atas (Ateuh). Warung ini dikelola secara turun-temurun dan sekarang merupakan generasi ketiga. Uni Lis sendiri sudah meninggal, sekarang dikelola oleh Uni Zar, cucu Uni Lis.

Uni Zar tidak sendirian mengelola warung nasi kapau uni lis ini, tapi dibantu oleh 3 saudaranya. Mereka selalu siap melayani siapapun yang ingin makan nasi kapau. Tangan mereka sigap mengambil nasi, mengoperasikan centong kayu panjang untuk mengambil lauk-pauk yang langsung dicampurkan ke nasi.

Uni lis dan keluarganya berasal dari Nagari Kapau, Kilatan Kamang, Agam, daerah asal nasi kapau. Hingga sekarang mereka meneruskan tradisi berjualan nasi ini karena memang rata-rata warga sana kebanyakan berjualan nasi. Mereka memerlukan waktu 40 menit untuk sampai ke Bukittinggi.

Karena tradisi turun-temurun, sehingga bumbu yang digunakan juga sejak dari para orang tua mereka. Macamnya sampai takarannya pun sudah ditentukan sedari dulu. Sehingga, rasanya benar-benar sama dengan yang dulu. Ada banyak penjual nasi kapau terdekat, tapi warung uni lis yang selalu ramai.

Menu Spesial Nasi Kapau

Di warung uni lis, lauk yang disukai pelanggan dan wisatawan adalah kikil dan usus tambusu. Rendang ayam, dendeng, rendang bebek, gulai cancang, pangek ikan dan gulai tunjang juga termasuk yang cepat habis. Tak heran kalau warung nasi uni lis kota bukittinggi sumatera barat, ramai setiap hari karena rasanya sangat khas.

Menu nasi kapau uni lis seperti usus tambusu memang istimewa, kenikmatannya tidak ada yang mengalahkan. Meskipun sama dengan warung lain yang terbuat dari usus dengan isian tahu dan telur.

Beda Nasi Kapau dan Nasi Padang

Mungkin beberapa ada menyebut kalau nasi kapau hampir sama dengan nasi padang. Padahal beda, nasi kapau disajikan pada piring dan semua lauknya dicampur. Lauknya sudah pasti dilengkapi gulai nangka. Sedangkan nasi padang tidak pasti dilengkapi gulai nangka, lauknya berupa rendang dan lainnya yang identik dengan rasa pedas.

Jam Buka Nasi Kapau Uni Lis

Buka setiap hari pada pagi hari. Warung uni lis buka pada pukul 07.00 – 17.30 WIB. Sampai sekarang, warung ini tidak memiliki cabang. Sejak 04.00 pagi, pemilik sudah bangun, memasak nasi beserta belasan jenis lauk yang dijual nantinya. Pukul 06.00 semua menu nasi kapau sudah siap.

Harga Nasi Kapau Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Kecuali lebaran, warung ini tidak pernah libur. Harganya sangat terjangkau seporsi dengan lauk-pauknya mulai dari Rp 40 ribu. Harga nasi kapau tergantung pada lauk yang diinginkan. Semakin banyak jenis lauk, maka semakin mahal harganya. Terkadang harga jual nasi beserta lauknya naik turun, sesuai harga sembako.

Warung Nasi Uni Lis

Lokasi Nasi Kapau Uni Lis Kota Bukittinggi, Sumatera Barat

Letak warung nasi kapau di Benteng Pasar Atas, Guguk Panjang, tepatnya di Jl. Pemuda Los Lambuang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat 26136. Jika Anda ingin mengunjungi lokasi ini bisa dengan menggunakan sewa mobil Avanza yang banyak ditawarkan di Sumatera Barat.

Baca juga, Janjang Sajuta, Wisata Sumatera Barat yang Masih Asri

Dari penjelasan di atas, kita tahu bahwa nasi kapau ini berbeda dengan nasi padang. Yang membedakannya adalah adanya gulai nangka pada nasi kapau, sedangkan untuk lauk pauknya bisa sama tergantung selera. Anda bisa mendapatkan nasi kapau uni lis ini di pasar atas.