Keistimewaan Ngalau Indah Sumatra Barat – Menyelusuri stalakmit dan stalaktit dalam gua Nggalau Indah memberikan daya tarik tersendiri. Gua yang dikelilingi oleh bukit-bukit hijau ini terletak di Sumatra Barat, lebih tepatnya di kota Payakumbuh. Keistimewaan dari Goa Ngalau yaitu perbukitan yang ada disekitarnya. Siapa pun yang mengunjungi Goa, dapat melihat keistimewaan dan paromanya yang sangat mengagumkan. Hal menarik yang menambah keistimewaan goa yaitu perpaduan tata bangunannya. Selain itu hamparan pohon-pohon hijau dan sawah yang sanggat luas memberikan kilauan di Payakumbuh.

Jika Anda menganggap bahwa suasana goa sepi dan sunyi, tentu Anda salah besar. Goa Ngalau ini dipenuhi dengan kelelawar dengan jumlah yang begitu sangat banyak. Hal ini menimbulkan suara riuh pada sepanjang perjalanan selama berada di dalam goa. Tidak hanya hewan kelelawar saja yang membuat suasana goa berisik. Akan tetapi kehadiran burung walet yang ada dicelah-celah goa, juga menjadi penyebabnya. Untuk mengetahui letak lokasi goa, harga tiket masuk, transportasi, keunikan dan fasilitas goa Ngalau dapat Anda ketahui melalui ulasan berikut.

Ngalau Indah Pemberi Daya Tarik Wisatawan

Para wisatawan yang datang ke obyek wisata tidak hanya sekedar menghilangkan rasa stres saja. Akan tetapi para pengunjung ditempat wisata juga harus memastikan bahwa mereka tidak berada di tempat yang salah. Goa Ngalau Indah memamerkan panorama kota yang ada di puncak bukit. Melalui panorama ini dikembangkan dan dijadikan sebagai wisata alam yang diunggulkan di Sumatra Barat.

Baca juga, Istana Pagaruyung, 3 Lantai Megah yang Penuh Sejarah

Pengunjung dapat merasakan keindahan kota dan suasana wisata yang menyenangkan. Keunikan dari goa Ngalau yaitu terdapat beberapa mulut gua yang digunakan untuk akses keluar dan masuk. Pengunjung yang sudah memasuki goa dapat melihat stalaktit dan stalakmit. Pengunjung di harapkan untuk lebih berhati-hati agar tidak terkena stalaktit dan stalakmit.

Lokasi Goa Ngalau Indah

Lokasi goa Ngalau berada di 4 km dari kota Payakumbuh. Apabila Anda pergi ke goa dari Bukittinggi, Anda harus menempuh jarak sekitar 31 km. Obyek wisata ini terletak di Pakan Sinayan, kota Payakumbuh, Sumatra Barat.

Ada transportasi darat yang dapat untuk Anda pilih jika Anda ingin mengunjungi obyek wisata goa. Anda harus menempuh perjalanan 3 jam ketika Anda berangkat dari Padang menuju Payakumbuh. Jika menggunakan angkutan umum, biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp 20.000 hingga Rp25.000/orang. Namun jika Anda menggunakan sewa mobil Fortuner tentu biayanya berbeda lagi.

Tiket Masuk Ngalau Indah

Untuk anak-anak yang datang ke goa di kenakan biaya Rp 5.000/orang. Sedangkan untuk orang dewasa di bebankan biaya sebesar Rp 10.000/orang. Harga tiket masuk yang begitu sangat murah dapat dijadikan sebagai rekomendasi tempat wisata yang menyenangkan.

Keunikan Goa Ngalau Indah

Goa Ngalau Indah memiliki ciri khas yang terbilang cukup unik dan berbeda dengan goa lain. Keunikan tersebut dapat dilihat bebatuan yang berlubang dan memiliki bentuk kerucut menyerupai lonceng. Batu yang ada di dalam goa memberikan pantulan suara nyaring. Tidak hanya itu saja, secara vertikel batu memiliki bentuk seperti jamur dan gajah. Keunikan yang Anda dapatkan juga bentuk patung, kelambu dan manusia.

Fasilitas di Ngalau Indah

Demi memberikan kenyamanan bagi pengunjung, goa Ngalau menyediakan fasilitas berupa:

Musholla

Bagi pengunjung yang menganut agama islam, tidak perlu bingung mencari tempat ibadah. Goa Ngalau menyediakan mushola yang diperuntukan untuk para pengunjungnya.

Toilet

Ada banyak toilet yang dapat Anda jumpai di sekitaran Goa Ngalau. Dengan demikian, pada saat Anda ingin pergi ke toilet tidak bingung mencarinya. Ada petunjuk panah yang dapat memudahkan pengunjung untuk pergi ke toilet.

Homestay

Para wisatawan yang jauh dari Sumatra Barat, tidak perlu khawatir. Ada banyak pilihan homestay yang dapat Anda pilih untuk menginap. Fasilitas yang diberikan setiap homestay juga sangatlah beragam.

Gazebo

Pemandangan yang indah dengan suasananya yang sejuk, ditambah lagi dengan fasilitas berupa gazebo. Hal ini memberikan kesan yang lebih menyenangkan bagi wisatawan untuk bersantai disekitaran goa.

Kebersihan

Kebersihan di obyek wisata goa Ngalau Indah memiliki kebersihan yang terjaga dengan baik. Ada banyak tong sampah yang disediakan di sekitaran goa membuat pengunjung dapat menjaga kebersihan.

Kolam Renang

Para pengunjung selain menikmati suasana di dalam goa, pengunjung juga dapat berenang. Ada baiknya jika Anda membawa pakaian ganti pada saat ingin berenang di obyek wisata Ngalau.

Lokasi Berkemah

Untuk menambah keseruan dalam menikmati pemandangan Ngalau, Anda bisa bermalam di sana. Selain menyewa penginapan atau homestay, maka pengunjung dapat mendirikan tenda. Berkemah ramai-rami memberikan keseruan tersendiri. Terlebih lagi di malam hari pemandangannya begitu sangat indah dan menarik.

Baca juga, Destinasi Eksotis Memikat Mata Di Danau Maninjau Sumatra Barat

Mengunjungi obyek wisata ke goa tidak hanya menikmati suasana yang ada di dalam goa saja. Banyak aktifitas lain yang dapat Anda lakukan di sana melalui banyaknya fasilitas yang disedikan Ngalau Indah. Semakin lengkapnya fasilitas yang ditawarkan, semakin menarik perhatian banyak para wisatawan. Segera kunjungi lokasi wisata ini untuk menikmati keindahannya. Masalah transportasi tidak perlu dipusingkan Anda bisa sewa Elf Long dan datang ke tempat ini bersama teman-teman maupun keluarga.

Ngalau Indah, Menengok Surga Tersembunyi Di Payakumbuh
5 (100%) 1 vote[s]