Tempat WisataNgalau Talago Silokek
AlamatMuaro Silokek, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat 27562
Jam Buka Senin РMinggu
ProvinsiSumatera Barat
Petunjuk ArahKlik di sini

 

Silokek adalah sebuah daerah di Kabupaten Sijunjung yang memiliki destinasi wisata cukup populer. Namanya adalah Ngalau Talago Silokek atau Gua Telaga Silokek. Sebuah tempat rekreasi yang banyak dikunjungi saat musim liburan.

Untuk Anda yang ingin liburan ke Ngalau Talago, Sebelumnya Anda harus mengetahui tentang tempat wisata ini sehingga berwisatanya lebih nyaman. Nah di bawah ini akan dijelaskan tentang informasi tersebut. Ini dia penjelasannya:

Indahnya Pesona Wisata Ngalau Talago Silokek

wisata ngalau talago silokek

Ngalau Talago Sijunjung adalah tempat wisata yang indah. Jika Anda mendatanginya dijamin bakal mendapatkan pengalaman pelesir yang sangat luar biasa.

Di dalam Gua Telaga terdapat aliran air yang membuat Anda terkagum-kagum. Sedangkan suara gemerciknya menghadirkan wisata di bawah tanah yang romantis dan menenangkan.

Keindahan lainnya adalah di dalam gua yang cukup luas ini terdapat banyak ruang yang bisa didatangi. Memang kondisinya sangat gelap, namun Anda bisa menggunakan senter yang banyak disewakan di tempat itu.

Destinasi Menarik Di Ngalau Talago Silokek

ngalau talago silokek

Jika sudah masuk ke dalam Ngalau Talago Silokek atau Gua Telaga ini, Anda pasti terkagum-kagum. Karena banyak potensi wisata yang bisa dilihat di dalamnya. Ini dia destinasi tersebut:

1. Telaga Warna-Warni

Di dalam gua ini terdapat aliran air yang disebut telaga warna-warni. Sesuai dengan namanya tempat ini memancarkan cahaya yang purna rupa disebabkan oleh kilauan stalagmit yang ada di atasnya.

Sekalipun berada di dalam gua, telaga ini cukup terang dan terkesan mewah. Maka dari itu banyak pengunjung yang istirahat sejenak di tempat ini untuk merasakan keindahan telaga dan merasakan dingin airnya.

2. Bebatuan Bercorak Binatang

Di goa ini banyak sekali bebatuan yang bercorak binatang. Di antaranya adalah binatang gajah. Benda ini terbentuk secara alami lewat seleksi alam. Maka dari itu, tampilannya sangat cantik dan artistik.

Di Gua Telaga Silokek juga terdapat batu yang berbentuk buaya. Ini dianggap ikon dari tempat ini yang dipercaya memiliki cerita mistis. Sekalipun demikian, benda ini masih mampu menyedot pengunjung untuk melihatnya dengan antusias.

3. Ornamen Misterius Pada Dinding Gua

Destinasi menarik di gua ini yang selanjutnya adalah ornamen misterius yang ada di dinding gua. Anda bisa melihatnya dengan cara menyorot senter ke dinding, maka akan terlihat seperti tulisan dan gambar-gambar acak tetapi artistik.

Sekalipun gelap tetapi masih banyak pengunjung yang mengambil foto dengan latar ornamen tersebut. Memang hasilnya tidak terlalu memuaskan kecuali dengan kamera yang canggih.

4. Batu-Batu Kristal Yang Bercahaya

Di dalam gua Anda juga bakal menemukan banyak batu kristal yang bercahaya. Bahkan kilaunya bisa menjadi penerang di tempat tersebut saking banyaknya.

Batu-batu kristal ini juga terbentuk secara alami dan tidak ada campur tangan manusia. Maka dari itu, kilaunya tidak hilang sekalipun disentuh berulang-ulang.

Lokasi Dan Rute Menuju Ngalau Talago Silokek

lokasi ngalau talago silokek

Ngalau Talago berada di daerah Kenagarian Silokek Muaro Sijunjung. Anda bisa mengaksesnya dari Kota Muaro yang hanya membutuhkan waktu tempuh 45 menit saja dengan kendaraan pribadi atau menggunakan rental mobil padang.

Dari Kota Muaro lurus saja menuju Kenagarian Silokek. Jika sudah sampai pada perkebunan karet, parkir kendaraan dan lanjutkan perjalanan ke lokasi yang membutuhkan waktu tempuh 1 jam dengan berjalan kaki. Untuk perjalanan ini biasanya Anda ditemani Guide sampai masuk ke dalam goa.

Di jalur tracking menuju wisata Padang inilah pengunjung harus menyiapkan mental dan fisik yang bagus. Karena jalurnya agak terjal dan membelah kebun karet. Sekalipun demikian pemandangan alam di sekitar bisa mengurangi sedikit rasa penat.

Jika Anda beruntung akan bertemu dengan beruk (siamang) yang memang banyak di sekitar lokasi. Anda juga bisa istirahat sejenak di area persawahan untuk foto-foto atau menyantap bekal.

Baca Juga : Pesona Gunung Talang, Indahnya Hutan Mati dan Danau Kembar

Itulah penjelasan singkat tentang Ngalau Talago Silokek yang menarik untuk dikunjungi. Silakan sebar informasi ini ke media sosial supaya lebih banyak lagi orang yang mengetahuinya.