Bentangan Alam Ngarai Sianok – Alam memang tidak pernah berbohong akan keindahan yang dimilikinya. Melalui perbukitan dan dataran tinggi Ngarai Sianok Sumatra yang menjadi kota terkenal. Khususnya karena udara sejuk yang dimiliki oleh kota ini. Panorama indah yang dimiliki kota ini tidak pernah disembunyikan, sehingga siapa pun yang berkunjung dapat menikmatinya. Lahannya yang subur dan luas menjadi pusat perhatian bagi wisatawan untuk berkunjung. Diseluruh penjuru kota dipenuhi dengan keindahan panorama yang sangat luar biasa.

Kota yang terkenal dengan perbukitannya ini merupakan lembah sempit dengan bukit dan tebing curam. Meskipun terlihat cukup membahayakan, bukit Sianok dihiasi oleh aliran sungai yang ada di tengahnya. Hal ini memberikan kesan unik bagi lembah Sianok. Jurang curam yang ada di lembah Sianok berawal dari turunnya lempengan bumi. Hal inilah penyebab dari terbentuknya kontur lembah Sianok. Untuk berkunjung ke obyek wisata ini, Anda bisa mengetahui harga tiket masuk, lokasi, kegiatan, fasilitas dan akses menuju obyek wisata.

Ngarai Sianok Si Lembah Pendiam

Keindahan Ngarai Sianok

Suasana damai dan tenang yang dimiliki oleh Ngarai Sianok menjadikan wisawatannya merasa betah. Hal ini menjadikan lembah Sianok mendapat sebutan sebagai lembah pendiam. Terlebih lagi dengan udaranya yang sejuk dan bersih menjadi alasan mengapa banyak wisatawan yang datang. Suara gemericik air dan suara burung yang ada di lembah memberikan kesan nyata bahwa lembah ini sangat indah. Selain indah, lembah yang memiliki kedalaman 100 meter ini juga dapat dijadikan sebagai penghapus rasa lelah. Bagi Anda yang sering kali bosan dengan suasana di kota yang dipenuhi dengan polusi dan kebisingan. Cobalah untuk datang ke wisata Sumatra ini untuk menenangkan hati dan merefres otak Anda.

Baca juga, Ngalau Indah, Menengok Surga Tersembunyi Di Payakumbuh

Lokasi Obyek Wisata Ngarai Sianok

Apabila Anda ingin berkunjung ke obyek wisata, Anda bisa menggunakan bantuan google maps. Obyek wisata ini berada di Pulai Anak Air kota Selayan, Bukittinggi, Sumatera Barat. Lebih tepatnya lagi lembah Sianok ini berada pada tengah-tengah kota Bukittinggi. Lembah pendiam ini berada disebelah selatan Nggarai kota Gadang hingga Sianok Enam Suku.

Kegiatan di Sekitar Ngarai Sianok

Destomaso di Ngarai Sianok

Kegiatan yang dapat Anda lakukan selama berada di kota lembah ini sangatlah beragam. Anda bisa melakukan trekking, jalan-jalan, bersepeda gunung, jogging atau olahraga yang lainya. Selain melakukan olahraga, Anda juga bisa menghabsikan banyak waktu di sekitaran lembah pendiam. Meskipun Anda sudah menghabiskan waktu berjam-jam, dijamin Anda tidak akan pernah bosan. Hal ini dikarenakan panorama yang hijau, pemandangan yang asri, udara yang masih segar dapat Anda rasakan.

Harga Tiket dan Fasilitas untuk Pengunjung Ngarai Sianok

Tiket masuk yang harus dibayarkan sebesar Rp 4.000/orang untuk semua kalangan. Dengan membayar tiket tersebut maka Anda bisa masuk ke lokasi wisata ini dan menikmati fasilitas-fasilitas yang ada di dalamnya.

Taman Sianok

Ngarai Sianok terkenal dengan taman yang berada di Jln Panorama Bukittinggi. Disana, para pengunjung bisa mengabadikan keindahan pemandangan lembah di taman. Sangat tepat sekali jika Anda liburan ke lembah Sianok bersama keluarga tercinta.

Kios sovenir

Disepanjang taman Sianok, Anda akan menjumpai beberapa kios sovenir. Beragam sovenir yang dapat Anda bawa pulang untuk oleh-oleh.

Keunikan Ngarai Sianok

Muara Sungai

Keunikan yang akan Anda jumpai di lembah pendiam yaitu adanya sungai yang bermuara di Samudra Hindia. Airnya yang jernih sering kali digunakan untuk berenang, arum jeram, kano dan kayak.

Monyet Ekor Panjang

Keunikan kedua yang akan Anda lihat yaitu monyet berekor panjang. Disana Anda akan menjumpai beberapa monyet yang memiliki ekor panjang. Anda harus berhati-hati dalam membawa tas atau barang bawaan Anda. Jangan sampai barang bawaan Anda lenyap diambil monyet. Selain monyet, Anda juga akan menjumpai hewan liar seperti rusa, tapir, babi hutan dan macan tutul.

Bunga Raflesia

Pada umumnya bunga raflesia hanya tumbuh ditempat tertentu saja. Sehingga sangat jarang dijumpai bunga yang memiliki bau tidak sedap itu. Namun jika Anda berkunjung ke Ngarai Sianok, Anda akan menjumpai bunga bangkai tersebut. Bunga raflesia tumbuh dengan subur di lokasi lembah.

Villa dan hotel

Lembah Sianok berada di pusat kota, sehingga pengunjung mudah menemukan penginapan. Dari sekian banyaknya pilihan hotel atau villa, Anda dapat memilih sesuai dengan budget dan selera.

Restoran

Anda bisa menikmati kuliner di beberapa restoran yang dekat dengan lembah Sianok. Menu andalan yang sangat menarik dari obyek wisata ini adalah nasi kapau. Untuk mendapatkan menu ini, Anda bisa datang ke warung yang dekat dengan pasar Lereng.

Akses Menuju Ngarai Sianok

Apabila Anda berangkat dari kota Padang, Anda dapat menggunakan angkutan umum. Waktu yang dibutuhkan kisaran 2 jam. Jika Anda sudah sampai di Bukittinggi, maka lanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum untuk menuju ke tempat wisata. Jika menggunakan angkutan umum membuat Anda merasa kurang nyaman. Sebaiknya, gunakan sewa mobil Alphard atau gunakan mobil pribadi.

Baca juga, Istana Pagaruyung, 3 Lantai Megah yang Penuh Sejarah

Bagi wisatawan, menyelusuuri provinsi Sumatra memang tidak akan pernah ada bosannya. Terlebih lagi di Sumatra Barat yang memiliki banyak obyek wisata yang begitu sangat indah. Sumatra Barat juga mulai dikenal oleh masyarakat luas mlalui obyek wisata yang dimiliki. Alam memang menjadi tempat wisata yang tidak pernah bosan untuk dikunjungi. Banyak sekali aktifitas yang bisa dilakukan selama berada di obyek wisata Sumatra Barat yang selalu memamerkan keindahan alam. Berkunjung ke tempat wisata yang indah tidak perlu mahal. Hanya mengeluarkan Rp 4.000/orang, Anda sudah bisa menikmati pemandangan alam tanpa batas. Biaya tambahan lainnya mungkin hanya akan keluarkan jika Anda datang ke tempat ini menggunakan sewa mobil Kia Travello untuk datang secara bersama-sama.

Rate this post