Padang sebagai kota besar di Indonesia memang memiliki reputasi tersendiri. Sebagai kota dengan kebudayaan yang awet dilestarikan, Padang juga menyimpan hal lain. Tentu yang menjadi minat ketika berkunjung adalah oleh-oleh khas Padang itu sendiri.

Oleh-oleh yang ada tidak hanya terbatas pada jajanan makanan saja. Padang pun menyediakan barang-barang lain seperti alat musik dan baju khas daerah. Untuk kemudahan, ada baiknya Anda juga mencari jasa sewa mobil dan bus agar perjalanan dapat lancar dan mudah. Mari melihat apa saja yang bisa didapatkan di Kota Rendang ini.

1. Rendang Sapi

Rendang Sapi

Varian pertama dan paling populer. Dengan bertambah banyaknya rendang sapi yang ada di hampir seluruh tempat di Indonesia, pesona asalnya tak bisa digantikan. Berkunjung ke Padang tentu harus lah menyempatkan diri membeli kuliner ini.

Untuk masalah keawetan, tenang saja. Dengan harga sekitaran Rp. 55.000, Anda sudah dapat membawa 250 gram rendang untuk beberapa hari.

2. Rendang Telur Kering

Rendang Telur Kering

Sebagai makanan khas Padang, pesona rendang tidak hanya terbatas pada daging saja. Jika rendang daging hanya dimakan saat jam makan utama, maka telur kering ini bisa dijadikan camilan.

Jangan dibayangkan makanan ini terbuat dari telur utuh. Untuk memperkuat statusnya sebagai camilan, oleh-oleh khas Payakumbuh ini dibuat dengan telur ayam dan tepung terigu. Tambahannya sendiri terdiri dari santan, garam, serai, daun salam, daun jeruk, dan air.

Bumbu yang menyelimutinya pun tak kalah gurih. Nama-nama seperti cabai merah, kunyit, lengkuas, jahe, bawang merah dan putih, merica, ketumbar membuatnya sangat cocok dengan lidah orang Indonesia. Berbagai paduan bumbu itulah yang menjadikan rendang ini terasa pedas. Lalu berapa harganya?

  • 1 kg – Rp. 70.000
  • 800 gr – Rp. 60.000
  • 400 gr – Rp. 34.000
  • 200 gr – Rp. 20.000

3. Rendang Suwir Ayam

Rendang Suwir Ayam

Jika varian-varian sebelumnya hanya cocok untuk makan atau camilan saja, suwir ayam ini tepat untuk keduanya. Dengan tekstur yang halus dan cenderung keras seperti abon, rendang suwir ayam akan sangat nikmat dinikmati di atas nasi pulen.

Untuk harganya sendiri hanya di sekitaran Rp. 50.000 untuk satu kotak ukuran sedang. Dengan segitu, Anda dapat berkeliling Padang dan dapat tetap menyisakan suwir untuk keluarga di tempat asal.

4. Roti Randang

Roti Randang

Jenis terakhir dan paling unik dari variasi rendang pilihan adalah roti randang. Oleh-oleh rendang Padang yang satu ini sesuai dengan namanya berbahan dasar roti.

Dengan memadukan tekstur roti yang lembut dan rasa rendang yang cenderung pedas, inovasi ini terbilang berani. Meski begitu, tetap saja sajian roti berisi rendang sapi, ayam, dan kacang merah ini laku keras dengan harga jual hanya enam ribu rupiah saja.

5. Kopi

Kopi

Karena merupakan dataran tinggi, Padang juga mempunyai perkebunan kopi yang top. Di Batusangkar, Tanah Datar, Anda dapat mengunjungi kebun kopi yang berjarak tempuh 1 km dari pusat kota Padang untuk merasakan biji kopi segar di sini.

Kopi yang dijual merupakan biji kopi yang bisa dicicipi langsung di sana maupun dibawa pulang. Untuk sepaket kopi dapat dibeli dengan harga Rp. 20 ribu.

6. Galamai

Galamai

Melihat dari namanya, camilan ini bisa dipastikan sebagai makanan manis nan enak. Galamai merupakan makanan dari adonan yang mirip dengan dodol. Bahkan dari cara pembuatannya pun tak jauh berbeda.

Komposisi dari adonannya adalah santan, tepung beras ketan, kacang tanah, dan gula aren. Cara memasaknya pun melalui metode diaduk-aduk dalam kuali besar selama 3 sampai 4 jam. Setelah itu dipotong dalam keadaan masih hangat.

Namun, Galamai yang diproduksi di Padang mempunyai perbedaan dengan dodol maupun jenang, yaitu adanya kacang merah. Anda yang menyukai variasi kacang tentunya tidak akan kecewa membawa puluhan kotak Galamai untuk persediaan di rumah nanti.

7. Kaus Bukittinggi

Kaus Bukittinggi

Selain makanan, Bukittinggi sebagai daerah di sekitar Padang menyediakan hal lain yang harus dibawa pulang. Tentunya tak lengkap jika berkunjung ke Bukittinggi tanpa membeli identitas. Untuk menunjukkan bahwa pernah mengunjungi di kota ini, Anda dapat membeli baju yang identik dengan suasananya.

Sebagai oleh-oleh khas Bukittinggi, kaus ini tak boleh ketinggalan untuk dibawa pulang.

8. Serunai

Serunai

Senang dengan klarinet? Atau mungkin suling? Di Padang, Anda dapat menemukan alat musik tiup daerah yang bernama serunai. Bentuknya yang elegan dan lebih rumit daripada suling dan klarinet menjadikannya barang yang layak untuk dibawa sebagai pajangan maupun alat musik.

Dengan terbuat dari dua buah kayu yang besar dan kecil, serunai mempunyai nada pentatonis yang enak didengar. Belum lagi tambahan corong dari kayu gabus atau tanduk kerbau membuat nilai estetik dan suara menjadi barang yang bisa dibanggakan.

9. Dadiah

Dadiah

Jika di Eropa keju dan yogurt menjadi makanan hasil fermentasi susu yang populer, orang Minang pun punya “yogurt”-nya sendiri. Dadiah yang merupakan fermentasi dari susu kerbau dibuat dengan memasaknya di wadah bambu dengan rentang waktu 2 hingga 3 hari.

Baca juga: 5 Pasar di Bukittinggi Tempat Belanja Oleh Oleh Murah

Berkat dedikasi ini, dihasilkan bakteri Lactobacillus casei yang membuatnya tidak cair dan cenderung menggumpal. Selain itu, asam laktatnya juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Banyaknya oleh-oleh khas Padang yang tidak bisa dengan gampang didapatkan di daerah luar membuatnya unik. Anda harus segera mengunjungi kota ini untuk bisa merasakan berbagai hal yang disediakan. Untuk mempermudah jalan-jalan, alangkah baiknya juga mencari rental mobil Padang yang ada.