Perpaduan Alam dengan Cerita Legenda – Wisata pantai air manis terletak di kota Padang yang sudah terkenal dengan panorama ekotisnya. Selain terkenal dengan panoramanya, ternyata pantai ini juga sudah sangat terkenal dengan kisah malin kundang. Pantai berlegenda ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawannya. Khususnya perihal perpaduan alam dengan cerita khas para masyarakatnya. Jika Anda ingin melihat langsung batu malin kundang, Anda bisa melihat langsung dengan datang ke pantai ini.

Ketika Anda sudah menginjakan kaki di pantai malin kundang ini. Anda akan disambut dengan adanya bibir panjang dengan ukuran yang begitu sangat panjang dan luas. Hal inilah yang memberikan kesan kemegahan dari pantai itu sendiri. Anginnya yang sepoi-sepoi memberikan ketentraman bagi wisatawan yang berkunjung di tempat ini.

Kisah Pantai yang Berlegenda

Manlin-Kundang-Pantai-Air-Manis

Kutukan menjadi batu dapat terjadi kepada siapa pun yang sudah durhaka kepada ibunya. Hal unik yang dilihat dari batu kutukan itu yaitu bentuknya yang menyerupai seperti manusia. Batu yang ada di pantai itu pun benar-benar terlihat seperti batu buatan yang mirip dengan manusia. Selain itu batu tersebut juga seperti batu pahatan dari tangan seniman berkelas. Namun pada kenyataannya batu itu adalah malin kundang yang telah dikutuk bunya menjadi batu. Batu inilah yang menjadi saksi bisu sejarah pantai air manis.

Baca juga, Pantai Carolina, Sejuta Panorama Memanjakan Mata di Teluk Bungus

Air Manis ini menjadi tempat dimana ibu malin kundang menunggu buah hatinya yang sangat dirindukan. Namun sayangnya anak yang selama ini dirindukan tersebut tidak pernah menganggap wanita yang sudah tua renta tersebut sebagai ibunya. Hingga pada akhirnya, di kutuklah malin kundang menjadi batu oleh ibunya. Melalui kisah legenda malin kundang inilah yang dapat dijadikan sebagai suri tauladan untuk suapa pun agar tidak durhaka dengan ibunya.

Lokasi Pantai Air Manis

Pantai ini berada di Padang Selatan. Apabila Anda berada di kota Padang, maka pantai ini berada kurang lebihnya 110 km. Transportasi yang dapat Anda gunakan pun cukuplah mudah, karena bisa menggunakan transportasi umum maupun pribadi. Selain itu, juga tersedia berbagai pilihan sewa mobil Alphard maupun tipe lainnya untuk membuat perjalanan Anda lebih nyaman.

Harga Tiket Masuk Pantai Air Manis

Wisatawan yang datang ke air manis tidak akan menghabiskan banyak uangnya. Hanya membayar Rp 5.000, maka Anda dapat menikmati surganya Padang. Selain biaya tiket masuk, wisatawan juga akan dibebankan dengan biaya parkir. Untuk parkir motor, dibebankan dengan biaya Rp 3.000 sedangkan parkir mobil dibebankan Rp 5.000.

Daya Tarik Pantai Air Manis

Tidak hanya indah dan mempesona saja, pantai bersejarah ini menyimpan daya tarik yang siap membuat wisatawannya terkagum-kagum. Cantik tidak hanya ditujukan kepada manusia saja. Pantai berpasir putih, terbebas dari sampah, ombak yang bergulung-gulung memberikan kesan yang cantik. Panorama yang ada di pantai inilah yang memberikan kesan cantik nan menawan.

Aktifitas di Bibir Pantai

Keindahan-Pantai-Air-Manis

Di bibir pantai, para wisatawan dapat melakukan segala aktifitas seru dan menyenangkan, diantaranya seperti:

Sepak bola dan voli

Jika Anda mengunjungi pantai ini rombongan, aktifitas seru yang dapat Anda lakukan yaitu dengan bermain sepak bola dan voli. suasana pantai yang begitu sangat luas membuat Anda lebih leluasa ketika sedang bermain.

Bersantai

Jika terpaksanya Anda tidak bisa datang bersama rombongan, Anda masih bisa melakukan aktifitas menyenangkan. Aktifitas yang dapat Anda lakukan yaitu dengan bersantai di sekitaran pantai. Hamparan udaranya yang syahdu, sangat tepat bagi Anda untuk duduk dikursi pantai dan di bawah pohon rindang. Ditambah lagi dengan alunan musik melalui earphone, menambah suasana tambah menyenangkan.

Rute dan Transportasi Ke Lokasi

Jika Anda tidak suka dengan kemacetan, sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan transportasi umum. Pada biasanya dimusim liburan, kemacetan dapat mengular disepanjang jalan. Jika Anda menggunakan alat transportasi umum, tentunya Anda dapat mencari jalur lain untuk menghindari kemacetan. Untuk lebih memudahkan perjalanan Anda, gunakan bus trans Padang yang melewati jalur lubuk buaya, pasar raya dan melewati jalan teluk bayur.

Apabila Anda sudah sampai pada persimpangan pantai, maka Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju pantai dengan menggunakan ojek atau angkot. Jika Anda datang ke obyek wisata ini menggunakan kendaraan pribadi, maka ikuti saja papan petunjuknya. Disepanjang jalan sudah terpasang papan petunjuk yang dapat dijadikan sebagai pemandu agar tidak salah jalan. Jika bingung dengan rutenya, Anda bisa langsung sewa mobil fortuner beserta drivernya untuk mengantar Anda sampai ke Lokasi.

Pelengkap Pantai Air Manis

Sebagai pantai yang tidak pernah sepi kedatangan pengunjung ini, tentunya memiliki alasan tersendiri mengapa banyak wisatawan yang datang kemari. Alasan yang paling mencolok yaitu karena adannya pelengkap di pantai air manis ini. Apa saja pelengkapnya? Simak berikut ini:

Sajian kuliner

Sajian kuliner yang akan Anda jumpai di sekitaran pantai sangatlah khas dan identik dengan kota Padang. Apalagi kalau bukan nasi Kapau beserta ikan yang masih segar. Sajian kuliner ini akan di banderol dengan harga Rp 25.000/porsinya. Makanan khas Padang selalu memiliki rasa yang sangat pedas. Untuk Anda yang tidak menyukai pedas, jangan sampai lupa untuk memesan makanan yang tidak pedas.

Sewa ATV

Untuk pelengkap di pantai malin kundang ini, Anda juga bisa melakukan penyewaan ATV dengan harga kisaran Rp 25.000 untuk 15 menitnya.

Perahu Motor dan Perahu Kano

Hal menyenangkan yang akan Anda jumpa di pantai malin kundang ini yaitu, kegiatan berkeliling pantai. Dengan menyewa perahu motor atau perahu kano, Anda dapat merasakan dan melihat secara langsung hamparan indah pantai air manis ini.

Baca juga, Jam Gadang Bukittinggi, Wisata Bahari Populer di Sumatra Barat

Air manis menjadi ikon wisata yang ada di kota Padang. Melalui legenda dan cerita sang malin kundang inilah yang menjadikan kota Padang semakin banyak dikenal. Selain menghabiskan banyak waktu untuk berlibur, maka para pengunjung juga bisa sedikit mengetahui sejarah dari batu besar yang diberi nama sebagai batu malin kundang.

Rate this post