Masih ingat dengan film Laskar Pelangi? Dimana kita disuguhkan dengan pesona Belitung yang indah dengan bebatuannya, menghadirkan rona alam yang membuat hati ingin berkunjung. Menariknya, di Sumatera Barat memiliki pesona yang sama, tepatmya di Pantai Batu Kalang Tarusan.

Keindahannya membuat kita lupa kalau tempat ini membebaskan Belitung. Oleh karena itu, tak heran bila banyak biro yang akan diundang kawasan ini. Begitu pula dengan wisatawan yang sudah pernah kesini pasti rindu akan tempat yang memberikan semua yang dibutuhkan wisatawan.

Sekilas Tentang Pantai Batu Kalang Tarusan

Pantai Batu Kalang Tarusan

Batu Kalang bilsa diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Batu Penghalang. Disini, kita akan disuguhkan dengan dua pesona Batu Kalang.

Baca Juga, Benteng Fort de Kock, Sejarah Perjuangan Rakyat Minang

Di sisi selatan bernama Kalang Gadang atau besar dengan latar belakang pohon kelapa serta pemandangan hutan bakau sebagai pelindung abrasi yang sangat parah. Beralih kesisi Barat laut bernama Kalang Ketek atau kecil. Disinilah letak ujung teluknya. Kawasan ini semakin ramai setelah salah satu acara televisi mencoba meliputnya sehingga menjadi viral.

Coba kita berdiri di antara bebatuan tersebut, maka kita tidak akan terlihat atau terhalang. Oleh karena itu, kawasan ini disebut dengan Batu Kalang. Keunikan lain dari objek wisata ini adalah pasirnya yang putih berpadu dengan bebatuan granit dan juga pohon bakau yang menambah keelokan dari tempat ini.

Tidak cukup sampai disitu saja, karamg-karang yang terlihat mati juga menjadi pelengkap yang sangat manis. Selain itu, kondisi pantainya sendiri sangat bersih. Seakan para wisatawan dan pihak pengelola sudah paham benar bagaimana merawat alam ini.

Alamat dan Rute Lokasi Wisata

Pantai Batu Kalang Tarusan terletak di Sungai Talang, Kenagarian Ampang Pulai, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Objek wisata ini bisa diakses melalui dua cara.

Pertama dari bandara internasional Minangkabau, jarak yang harus ditempuh adalah 85 km, butuh waktu 2 jam 30 menit. Setelah keluar dari Bandara keluar menuju Jl. Bagindo Aziz Chan. Kemudian, masuk ke jalan Lintas Barat Sumatera sejauh 10 km. maka, Anda akan tiba di objek wisata ini. Untuk transportasi dari bandara ini Anda bisa menggunakan berbagai layanan sewa mobil Alphard, Fortuner, Camry, Innova dan lain-lain.

Kedua, bisa tempuh dari stasiun Padang, jarak yang harus ditempuh adalah 61 km. dengan waktu tempuh 1 jam 50 menit. Setelah keluar dari stasiun, Padang pergi ke Stasiun, Andam Dewi. Kemudian, pindah kendaraan menuju ke Jl. Wahidin.

Lalu, berjalanlah lurus kearah jalan melintasi Padang Utara I sampai ke jalan Raya Padang – Pariaman. Tetap berada di jalan sejauh 50 km. lalu, ikuti beberapa petunjuk jalan yang ada di tempat ini hingga Anda sampai di Pantai Batu Kalang.

Perjalanan ini akan terasa sangat menyenangkan bila menggunakan biro jasa yang mempunyai fasilitas sewa mobil bagi anda yang datang bersama dengan keluarga. Atau sewa medium bus bila membawa rombongan. Dengan sopir yang ramah dan handal membuat perjalanan anda menyenangkan.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Pantai Batu Kalang Tarusan Sumatera Barat

Untuk menikmati keindahan di objek wisata ini, kita hanya perlu membayar uang sebesar 10 ribu rupiah saja. Di tambah dengan uang parkir sebesar 10 ribu rupiah untuk naik mobil. Dan, 5 ribu rupiah untuk yang menggunakan kendaraan.

Keindahan yang Ditawarkan

Selain beatuan yang mengesankan, Anda masih ditawawri dengan keindahan lain yang sayang bila ditolak.

1. Sajian Kuliner

Sebelum sampai di objek wisata kita akan disuguhkan dengan jurus pohon pinus jarum. Ada payung dan kursi yang berwarna-warni. Disinilah biasanya para wisatawan menikmati sajian kuliner yang nikmat dan juga enak.

Bakso ikan, mie instan, dan es kelap muda yang menjadi menu utama yang dihadirkan oleh pemilik warung. Harganya pun sangat terjangkau dengan rasa yang tak kalah dengan restoran berbintang sekali pun.

2. Puncak Bukit

Jika ingin menikmati sajian yang lebih menyenangkan lagi. Anda bisa naik ke atas bukit. Memandang pantai Batu Kalang yang sangat menawan hati. Dari sini pula wisatawan menikmati pesona matahari terbit yang tidak kalah dengan pantai lainnta.

Jangan lupa membawa perbekalan berupa minuman dan makanan. Karena, mencapai puncaknya membutuhkan banyak keringat dan tenaga. Apalagi, diatas tidak ada satu warung yang berdiri.

Sayangnya, beberapa warga masih membawa sapi-sapi mereka ke tempat ini. mengambil beberapa foto pemandangan. Selain itu, di pasir pantai juga banyak ubur-ubur jikalau tidak hati-hati kita bisa terluka sengatannya yang membuat badan menjadi gatal-gatal.

Baca Juga, Danau Singkarak, Nikmati Sejenak Pemandangan Alam Bumi Sumbar

Pantai Batu Kalang Tarusan adalah keindahan yang tersembunyi di kabupaten Pesisir. Pesonamya yang mirip dengan Belitung membuat kita wajib pergi ke tempat ini sebelum pergi ke Belitung. Jadi, kapan kamu akan pergi ke tempat ini?

Rate this post