Sampai saat ini, pantai masih menjadi pilihan utama bagi sebagian wisatawan untuk menghabiskan waktu libur mereka. Bermain air memang menjadi sarana hiburan yang paling tepat dan efisien. Tidak hanya murah saja, air juga sarana yang tepat merekatkan diri bersama keluarga.

Seperti halnya yang berada di Sumatera Barat. Sebuah objek wisata pantai nan indah dan selalu menjadi perbincangan hangat setiap nitizan yang datang. Namanya adalah Pantai Carocok, pesonanya yang menggemaskan membuat objek wisata ini tidak pernah sepi.

Pantai Carocok Penuh Pesona dan Menggoda

Pantai Carocok

Alasan utama mengapa banyak wisatawan yang datang berkunjung ke tempat ini adalah kelengkapan fasilitasnya. Mulai dari warung-warung penjual makanan, parkir yang sangat luas, hingga hadirnya gazebo-gazebo yang bisa dimanfaatkan.

Apalagi, saat ini pesona objek wisata ini semakin bertambah dengan hadirnya sebuah jembatan penghubung yang menghubungkan pantai carocok dengan Pulau Batu Kareta. Selain pulau ini, Pantai Carocok juga menghubungkan beberapa pulau kecil lainnya seperti Pulau Cingkuak.

Baca Juga, Danau Singkarak, Nikmati Sejenak Pemandangan Alam Bumi Sumbar

Tidak hanya sampai disitu saja. Kawasan ini juga mempunyai hutan mangrove yang luasnya mencapai 400 hektar. Sesampainya disini, kita akan dihadapkan pada sebuah pilihan yang sulit. Karena, begitu banyak pilihan aktifitas yang bisa dilakukan baik sendiri atau beramai-ramai.

Wahana Air yang Seru dan Menyenangkan

Pilihan pertama yang bisa kita nikmati adalah permainan airnya yang memang mampu menghadirkan keceriaan tanpa batas. Diantaranya adalah wahana water sport yang tersedia dengan berbagai macam pilihan.

Seperti, banana boat, donut boat, jetski, tidak ketinggalan juga flying fox yang semuanya ini siap memacu adrenalin kita. Jangan takut untuk naik karena tingkat keamanannya sudah berstandar internasional. Sehingga, kemungkinan kecelakaan pun akan kecil.

Menariknya, harga setiap permainan ini berbeda-beda. Banana Boat akan dikenakan harga 25 ribu rupiah. Untuk Donut Boat kita harus merogoh kocek 30 ribu rupiah. Bila ingin kebut-kebutan dengan jetski kita harus membayarnya seharga 100 ribu rupiah. Sementara itu, untuk Flying Fox anda harus merogoh kocek agak dalam lagi yaitu 150 ribu rupiah.

Mengenal Terumbu Karang Pantai Carocok

Pantai Carocok

Berada di tempat ini sebaiknya, jangan pernah menyia-nyiakannya sedikit pun. Apalagi, dunia bawah lautnya yang konon katanya ada 70 hektar terumbu karang dan berbagai jenis biota laut yang masih terjaga dengan baik.

Snorkeling dan Diving adalah dua pilihan yang paling tepat untuk mengambil gambar pemukiman bawah laut Pantai Carocok. Untuk aktifitas snorkeling kita akan dikenakan biaya 50 ribu rupiah lengkap dengan peralatan dan foto underwater.

Untuk biaya diving, kita akan dikenakan biaya 400 hingga 500 ribu rupiah. lengkap dengan peralatannya tanpa foto atau kamera under water. Kita akan diantar menuju ke titik penyelaman dan kembali ke pantai bila sudah selesei.

Sunset Nan Esoktis

Pertunjukan selanjutnya adalah pemandangan matahari tenggelam. Datanglah pada pukul 4 sore keatas. Saat menikmati momen ini, kita akan disuguhkan dengan perubahan langit berwarna merah. Kemudian, warna kuning kemerah-merahan dari matahari akan terlihat perlahan tapi pasti tenggelam begitu saja.

Sajian Kuliner Khas Painan

Menikmati semua sajian alam yang disuguhkan oleh Pantai Carocok memang membuat perut keroncongan. Saatnya pergi ke warung dan memilih beberapa menu makanan khas painan yang tersedia di tempat ini.

Mulai dari pepes ikan marang, gulai ikan Marang. Rasa rempahnya memang sangat terasa, menjadikan liburan anda semakin terasa lengkap.

Mengungkap Sejarah yang Tersembunyi di Pantai Carocok

Bila anda menggunakan guide ke pantai ini. Maka, anda bisa mengetahui sejarah dan legenda pantai carocok. Dimana, saat kawasan ini masih sepi dan belum setenar ini. area pantai digunakan sebagai kandang dan tempat untuk menernak sapi.

Tetapi, setelah tahun 1980 beberapa warga mulai meninggalkan sapinya dan menjadikan kawasan ini sebagai kawasan pariwisata. Cerita sejarah ini juga berlaku pada dua pulau yang terletak di dekat pantai ini.

Pulau Cinguak dan Batu Kereta

Menurut legenda yang berkembang nama pulau ini diambil dari batu yang mirip sekali dengan roda kereta yang sebenarnya adalah jejak bangsa portugis yang sempat singgah disini. Begitu pula dengan Pulau Cinguak yang konon bersemayam Madame Van Kempen yang nisannya ada di salah satu sudut pulau.

Di pulau ini juga kita bisa melihat sebuah benteng bekas portugis yang masih berdiiri kokoh. Sekaligus dengan hadirnya prasasti yang menunjukkan keberadaan orang portugis di wilayah ini. Menuju ke lokasi ini, kita akan dikenakan biaya 50 ribu rupiah untuk sewa kapal menuju ke pulau cinguak.

Jalan Menuju ke Pantai Carocok

Pantai carocok terletak di kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Padang Sumatera Selatan. Menuju ke objek wisata ini kita akan diberi beberapa alternatif transportasi dari kota padang. Bisa menggunakan taksi, sewa Bus, atau kendaraan pribadi.

Baca Juga, Danau Kembar, Destinasi Menawan di Kota Solok Sumatra Barat

Bila menggunakan taksi harga yang dibayar adalah 400 ribu. Bila menggunakan bus, harga yang akan dibayar adalah 50 ribu. Dengan rute menuju ke pasar raya, kemudian berpindah bus jurusan painan dan turun di pantai carocok. Namun bila Anda memutuskan menggunakan sewa mobil Camry maka harganya akan berbeda lagi.

Pantai Carocok adalah objek wisata yang lengkap dengan sejarah dan pesona alamnya. Menjelajahi setiap sudut pantai memang menyenangkan. Jadi, jangan sampai terlewat bila berkunjung ke Sumatera Barat.

Rate this post