Bicara soal traveling, pasti para traveler ingin sesekali mencoba wisata pantai di Padang. Mengapa harus Padang? Karena kota yang terletak di Sumatera Barat ini bukan hanya punya view yang menarik, tetapi juga salah satu daerah dengan hamparan pantai terbaik.

Jika Anda ingin berwisata ke Padang, ada beberapa pantai yang recommended sesuai karakter masing-masing traveler. Ada yang menantang, romantis, seru, dan menakjubkan. Agar bisa jadi referensi bagi para traveler yang ingin jalan-jalan ke Padang, inilah daftar 10 pantai yang paling menakjubkan di sana.

Daftar 10 Wisata Pantai di Padang

1. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana Padang

Bagi pengunjung yang ingin ke pantai ini cukup dengan membayar Rp 5.000 saja untuk setiap kepala. Sesuai dengan namanya, Pantai Nirwana Padang bisa dikatakan sebagai salah satu surga dunia di Indonesia. Selain hamparan pasir dan ombak ditengah angin semilir, pantai yang dibuka mulai jam 06.00 pagi hingga jam 18.00 sore setiap harinya ini juga punya banyak spot wisata kuliner.

Alamat  : Jalan Raya Padang – Painan, Teluk Bayur, Padang Selatan, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Kodepos 25227.

Selain Pantai Nirwana yang menyajikan keindahan alam bak surga dunia, Anda juga bisa menelaah legenda Malin Kundang dari Pantai Air Manis. Di balik namanya yang manis, ada legenda yang sarat makna bagi kita semua.

2. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis Padang

Bagi pengunjung yang ke pantai air manis dengan menggunakan sepeda motor maka cukup dengan membayar Rp 3.000 saja. Tiket sebesar Rp 5.000 diperuntukkan pengunjung yang datang dengan menggunakan kendaraan roda 4. Pengunjung bisa wisata Padang 2019  ini pada jam operasional yang berlaku yakni mulai 08.00 pagi hingga 19.00 malam.

Alamat: Kecamatan Padang Selatan, 10 km dari pusat Kota Padang (tersedia angkutan umum).

Tempat wisata di Bukittinggi ini memang sangat menarik untuk difoto, terutama jika Anda lebih memprioritaskan untuk menyimpan kenangan. Namun, sudah lelah berfoto dan mengabadikan momen di Pantai Air Manis yang sarat legenda, bermainlah ke Pantai Pasumpahan.

3. Pantai Pasumpahan

Pantai Pasumpahan

Pantai yang terkenal dengan pulau pasumpahan ini bisa dikunjungi selama 24 jam sehingga bisa kapanpun saja wisatawan pergi ke sini. Biaya tiket untuk masuk ke pulau ini yakni Rp 15.000 dan tentunya juga siapkan uang untuk pergi ke sini dengan menggunakan perahu nelayan. tempat nongkrong di Kota Padang di Pantai Pasumpahan yang airnya jernih sungguh sangat menyejukkan jiwa.

Alamat: Pulau Pasumpahan, Teluk Kabung Selatan, Kota Padang.

Jika otak sudah terelaksasi di Pantai Pasumpahan, jangan lupa untuk berenang dan melakukan kegiatan menarik di Pantai Carolina. Jangan sampai kelewatan untuk mengunjungi pantai di Padang ini, karena destinasi tersebut merupakan salah satu land mark Kota Padang.

4. Pantai Carolina

Pantai Carolina

Pantai Carolina ini buka selama 24 jam sehingga bisa dikunjungi kapanpun wisatawan mau mulai dari matahari mau terbit hingga malam. Tiket untuk ke pantai ini Rp 5.000 baik hari biasa ataupun pada saat akhir pekan. Keistimewaan Pantai Carolina adalah mempunyai bentuk bentangan yang mirip dengan huruf W, karena secara geografis lokasinya memang di area teluk.

Alamat: Jalan Padang Painan, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Kodepos t 25226.

Apabila suasana Pantai Carolina yang tenah sudah membuat Anda bahagia, mari lanjutkan perjalanan ke Pantai Padang yang lokasinya di tengah kota. Kapan lagi bisa mengunjungi objek wisata dengan hiruk pikuk perkotaan yang ramai?

5. Pantai Padang

Pantai Padang

Pantai yang terletak dekat dengan pusat kota ini bisa dikunjungi mulai pukul 07.00 pagi hingga 18.00 malam. Pengunjung yang ingin ke kota ini cukup dengan membayar Rp 5.000 saja dan bisa menikmati keindahan pantai yang terletak dekat pusat kota ini. Anda akan menemukan suasana ramai khas pusat kota dengan latar belakang pantai, karena kondisi geografis teluk yang memukau.

Alamat: Purus, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang Provinsi , Sumatera Barat 25115.

Hingar bingar Pantai Padang tentu membuat Anda ingin mencoba suasana baru. Jadi, tidak ada salahnya untuk beralih ke Pantai Kata Pariaman yang terkenal dengan bebatuan aneka warnanya.

6. Pantai Kata Pariaman

Pantai Kata Pariaman

Keunikan dari tempat wisata di Padang Pariaman ini adalah bebatuan warna-warni yang dicat bagaikan pelangi. Di sana, Anda dapat mengabadikan momen bersama orang terdekat, yang jam operasionalnya mulai pukul 05.00 pagi hingga 18.00 malam. Selain cocok untuk keluarga, suasana sunset di pantai kata Pariaman akan sangat menyenangkan, cukup dengan membayar Rp 10.000 saja.

Alamat: Teluk Karan Aur, Karan Aur, Pariaman Pusat, Kota Pariaman, Sumatera Barat. Kode pos 25513.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi tempat wisata di Padang Pariaman ini? Simpan dulu listnya, karena masih ada Pantai Jambak Beach yang suasananya seru dan menantang.

7. Pantai Jambak

Pantai Jambak Padang

Ingin suasana seru dari sebuah pantai berombak menantang? Kunjungilah Pantai Jambak Beach yang dipenuhi dengan perahu-perahu nelayan di sekitarnya. Pantai di Padang Panjang ini juga memiliki banyak spot kuliner yang sayang untuk dilewatkan.

Alamat: Jalan Teratai, Desa Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Kodepos 25586.

Jadi, pantai apa lagi yang terdaftar sebagai tempat wisata terbaru di Padang? Ternyata ada juga lokasi instagramable yang menarik, yaitu Pantai Carocok.

8. Pantai Carocok

Pantai Carocok

Ketika pergi ke Pantai Carocok, Anda akan dapat mengakses berbagai olahraga seru seperti banana boat. Suasana di objek wisata ini sangat ramai dan cocok untuk berjemur atau berburu makanan enak. Tiket untuk masuk ke pantai ini cukup Rp 10.000 dan juga bisa buka 24 jam, apalagi ada juga makanan seafood enak yang bisa dibeli di sana.

Alamat: Jalan Pramuka, Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Padang.

Apabila pergi ke Pantai Carocok, jangan lupa juga kunjungi Pantai Sako yang unik. Pantai di Padang ini berada di dekat hutan sehingga terkenal dengan sebutan hunter beach.

9. Pantai Sako

Pantai Sako

Bagi para traveler yang hobi berkemah atau hunting foto di area hutan, maka jangan sampai melewatkan Pantai Sako di traveling list Anda. Lokasinya yang cukup dekat dengan hutan dan beberapa daerah bukti membuat Pantai Sako berbeda dari wisata laut lain yang notabene jauh dari gunung. Banyak yang surfing di area tersebut, dengan tiket Rp 5.000 untuk anak-anak dan Rp 10.000 untuk dewasa.

Alamat: Bungus Barat, Bungus Teluk. Kabung, Kota Padang,Provinsi  Sumatera Barat. Kodepos 25237.

Jika Anda membawa anak-anak, tentu cukup menantang untuk pergi ke Pantai Sako. Namun, ada satu pantai yang mungkin bisa dijadikan referensi terbaik ramah anak, yaitu Pantai Gajah. Suasananya benar-benar nyaman dan seru untuk bermain bagi anak-anak.

10. Pantai Gajah

Pantai Gajah Padang

Pantai gajah ini buka 24 jam dengan biaya tiket hanya Rp 10.000 unuk setiap orangnya. Pantai yang ombaknya tidak terlalu besar ini akan lebih cocok untuk anak-anak karena lokasinya memang cukup strategis. Angin semilir akan membuat mereka lebih senang bermain dan berlarian tanpa Anda khawatir berlebihan, selama anak-anak tetap dalam pengawasan.

Alamat: Jalan Gajah III Nomor 14, Desa Air Tawar Bar, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang,Provinsi  Sumatera Barat. Kodepos 25173.

Untuk menuju kelokasi wisata pantai yang yerdaftar diatas, Anda dapat rental mobil padang dengan sopir atau lepas kunci.

Kesimpulannya, objek wisata Pantai di Padang memang istimewa karena terletak di daerah teluk. Karena meskipun termasuk dalam negara dengan garis pantai terpanjang di dunia, tidak semua ombak seindah di area teluk. Selain mudah untuk dikunjungi karena aksesnya sudah diperbarui, destinasi bahari tersebut juga terjangkau dari segi harga tiket dan akomodasi.

Baca juga: 5 Danau di Sumatera Barat Tempat Asyik Rekreasi

Jadi, segera rencanakan liburan dengan seksama karena Padang merupakan kota yang recommended bagi para traveler. Kapan lagi bisa mengunjungi hamparan laut dengan ombak dan angin semilir yang menenangkan? Jangan lupa, ajak keluarga atau orang terdekat untuk menikmati keindahan Pantai di Padang dengan cara unik yang kekinian.