Pernah mendengar nama Pantai Gandoriah? Dimana, objek wisata ini terletak di Sumatera Barat. Saat ini, pantai ini semakin sering menjadi perbincangan banyak nitizen. Karena, suasana dan nuansanya yang tidak pernah bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Banyak wisatawan yang datang silih berganti ke tempat ini. Mereka yang sudah pernah berkunjung ke sini, pasti akan merekomendasikan Objek wisata ini. Benarkah, keindahannya seperti apa yang mereka ceritakan. Mari kita simak hasil penjelajahannya dibawah ini.

Bercerita Mengenai Pantai Gandoriah Pariaman

Pantai Gandoriah

Berkunjung ke Pariaman memang kurang afdol bila kita tidak mengunjungi objek wisata Pantai Gandoriah. Tidak hanya airnya saja yang jernih melainkan, kita juga bisa menikmati kemegahan pulau angsa duo.

Perlu diketahui bila, nama dari Gondariah ini sendiri diambil dari sebuah cerita legenda seorang perempuan bernama Gandoriah. Dimana kisah cintanya bersama dengan seorang pemuda bernama Anggun Nan Tongga. Menjadi sebuah Legenda.

Baca Juga, Pulau Sikuai Padang, Bukti Keindahan Alam yang Hampir Tenggelam

Hanya saja, kisah mereka berdua pun berujung pada kesedihan. Karena, Gondariah dan Anggun Nan Tongga adalah saudara sepersusuan. Menurut adat yang berlaku, saudara sepersusuan tidak diizinkan untuk menikah.

Tidak hanya mendengarkan ceritanya saja. Kita juga bisa menikmati berbagai macam aktifitas yang seru dan menyenangkan. Apa saja, mari kita lanjutkan penelusurannya dibawah ini.

Santai di Pantai Gandoriah

Santai di pantai memang paling tepat untuk dilakukan disini. Dimana, kita sudah disediakan beberapa kursi dan payung untuk duduk santai. Bercengkrama dengan teman, sahabat atau juga bersama dengan keluarga.

Tidak hanya hiburan untuk orang dewasa saja dengan hadirnya delman yang akan mengantarkan kita berkeliling area pantai. Tetapi, untuk anak-anak pun juga disuguhkan dengan berbagai macam permainan. Seperti, mobil-mobilan, sepeda mini yang bisa digunakan berkeliling.

Jika Anda ingin bersantai di pantai ini lebih lama maka sebaiknya gunakan kendaraan pribadi untuk menuju lokasi. Namun jika belum memiliki kendaraan pribadi maka tidak perlu khawatir, banyak juga sewa mobil fortuner yang bisa Anda pilih di Kota Padang.

Panggung Hiburan Dan Panggung Bacaan

Masih di area Pantai Gondariah kita akan disuguhkan dengan panggung hiburan yang berdiri megah. Di waktu-waktu tertentu, kita bisa menikmati berbagai sajian hiburan yang menarik seperti live music atau juga sebuah pertunjukkan yang mengesankan.

Tidak hanya panggung hiburan saja. Bagi anda yang hobi membaca buku, disini sudah disediakan perpustakaan yang menghadirkan beragam jenis buku. Mulai dari novel, hingga karya ilmiah yang menarik untuk di baca.

Siap-Siap Membidik Kamera

Pantai Gandoriah

Berkunjung ke objek wisata ini jangan lupa untuk membawa senjata para wisatawan yaitu kamera. Karena, ada beberapa spot yang menarik yang bisa kita bidik disini. Sayang sekali bila tidak diabadikan ke dalam gambar dan juga foto.

Spot pertama yang bisa kita bidik adalah monumen perjuangan TNI Angkatan laut yang disertai dengan Tank amfibi kebanggaannya. Tidak hanya monumen saja. kita juga bisa mengunjungi sebuah dermaga yang menjadi titik pemberangkatan menuju ke pulau seberang.

Di dermaga ini memang cukup menarik dan romantis bila datang senja. Jangan lupakan pula asean youth park. yang bisa kita jadikan sebagai latar belakang foto yang mengesankan.

Pasar Kuliner yang Menggoda

Satu hal yang menjadi daya tarik utama Pantai Gandoriah adalah pasar kuliner yang bisa menyajikan berbagai macam makanan yang nikmatnya menggoda. Seperti, Sate Lokan dimana sate yang ini adalah kerang yang ditambah dengan kuah santan berwarna kuning kental.

Kuah kuning di dalam sate lokan ini sungguh sangat menyegarkan. Kaya akan bumbu rempah yang membuat makanan ini semakin dicintai oleh wisatawan yang mengunjunginya. Harganya 10 ribu rupiah per 5 tusuk. Ada juga opak serta bihun yang tidak kalah nikmatnya.

Mau mencoba kuliner ekstrem? Ada olahan siput yang nikmatnya memang menggoda harganya pun cukup murah, hanya 10 ribu rupiah saja, per porsinya. Satu lagi yang tidak boleh terlewarkan adalah nasi sek.

Dimana, kuliner ini memang makanan khas yang tidak boleh dilewatkan. Karena, nasi ini layaknya nasi kucing yang ada di solo dan sekitarnya. Porsinya memang sedikit namanya saja nasi seribu kenyang. Dengan lauk yang bisa kita pilih.

Menu terkahir adalah Rakik. Camilan yang digoreng dengan menggunakan campuran udang dan kepiting. Renyahnya memang menggoda siapa pun yang menikmatinya. Harganya pun cukup murah, hanya 4 ribu rupiah saja.

Dekat Dengan Wilayah Perkotaan

Menuju ke Pantai Gandoriah memang sangat mudah. Bila anda berasal dari padang, anda bisa niak kereta apai menuju ke stasiun Pariaman. Harga yang dibutuhkan hanya 5 ribu rupiah saja. Kemudian, lanjutkan dengan menggunakan ojek atau berjalan kaki. Letaknya memang tidak jauh dari stasiun Pariaman. Selama disini kita tidak akan dikenakan harga tiket masuk. Namun jika ingin lebih mudah memang sebaiknya Anda sewa mobil Innova reborn.

Baca Juga, Kepulauan Mandeh, Destinasi Eksotis Raja Ampatnya Sumatra Barat

Pantai Gandoriah Pariaman adalah pesona Sumatera Barat lain yang wajib kita kunjungi, Apalagi, pasar kulinernya yang memang memberikan daya tarik yang berbeda dari kebanyakan pantai di Sumatera. Jadi, jangan sampai tak berkunjung ke tempat ini, rugi kalau tak ke sana.

Rate this post