Jika ditulis dan diulas, Indonesia ini mempunyai ribuan bahkan ratusan ribu pantai yang tersebar dari Aceh hingga papua. Setiap pantainya memiliki keindahan dan keunikan yang layak untuk dieskplore lebih jauh. Seperti halnya pantai Kata Pariaman.

Objek wisata ini menghadirkan pesona yang berbeda dari yang lainnya. Pemadangan alamnya memang juara, tak salah bila banyak pengunjung yang penasaran datang dan membuktikan sendiri bagaimana keindahan dari Pantai Kata Pariaman ini.

Mengulas Sedikit Mengenai Pantai Kata Pariaman

wisata Pantai Kata Pariaman

Ada yang menarik yang bisa kita ambil dari nama objek wisata ini sendiri yang menggunakan nama “Kata”. Ternyata, setelah diusut lebih dalam, nama kata ini berasal dari dua daerah yang saling berdekatan mereka adalah karan aur dan juga taluak.

Baca Juga, Pulau Sikuai Padang, Bukti Keindahan Alam yang Hampir Tenggelam

Keasrian dari pantai ini memang masih sangat terjaga. Kita bisa melihat pohon cemara laut yang mempesona.  Pemandangan ini hampir mirip dengan apa yang kita lihat di Yogyakarta yang mempunyai hamparan cemara nan elok.

Rute Menuju ke Pantai Kata Pariaman

Tempat wisata ini terletak di Teluk Karan Aur, Kota Pariaman, Sumatera Barat. Bila anda dari luar pulau sumatera, jalan pertama yang harus anda tempuh adalah Bandara Minangkabau yang memounyia jarak 27 km atau membutuhkan waktu sekitar 45 menit.

Setelah keluar Bandara arahkan kendaraan belok tajam ke kiri menuju jalan Olo Bangau. Kemudian, belok ke kanan menuju jalan Ketaping. Selanjutnta, arahkan kendaraan anda masuk ke jl. Syeikh burhanuddin. Ikuti jalan dan papan petunjuk yang aka mengarahkan anda menuju ke Pantai Kata Pariaman.

Bila anda dari kota Padang, anda bisa naik kereta api sibinuang dengan harga 5 ribu rupiah dan turun di Stasiun Pariaman. Selanjutnya gunakan ojek atau kendaraan pribadi dengan waktu tempuh hanya 10 menit dengan jarak 3 km.

Keluar dari stasiun pariaman arahkan kendaraan anda ke arah utara. Ikuti beberapa papan petunjuk yang ada disini. Setelahnya, anda akan tiba di objek wisata yang menjadi kebanggaan warga Pariaman.

Jika Anda ingin ke tempat ini namun tidak memiliki kendaraan pribadi maka tidak perlu risau. di Kota Padang saat ini sudah banyak tempat sewa mobil Innova yang bisa mengantar anda sampai ke tujuan.

Info Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Menikmati keindahan Pantai Kata Pariaman ini adalah sebuah kewajiban saat ada berkunjung ke kota ini. Harga tiket masuk ke pantai anda akan ditarik 10 ribu rupiah saja. Ditambah dengan uang parkir untuk motor 5 ribu rupiah dan untuk mobil 10 ribur rupiah. Harga yang terjangkau bukan, untuk pesona yang memukau di tempat ini.

Keindahan yang ditawarkan

Pantai Kata Pariaman Sumatera barat

Pantai Kata Pariaman memang tidak seperti pantai lainnya yang mempunyai wahana water soprt. Tetapi, fasilitas yang diberikannya pun cukup lengkap seperti, kamar bilas, toilet, musholla, serta rindangnya pepohonan. Tidak cukup sampai disitu saja, keindahan wisata ini masih berlanjut.

1. Area bermain anak dan Taman Ayunan

Di antara hamparan pohon cemara yang menjulang tinggi. Kita akan disuguhkan dengan permainan anak seperti ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, kuda-kudaan. Serta ada beberapa pedagang mainan pula yang mencoba menawarkan barang dagangannya tersebut.

Selain taman bermain anda juga akan disuguhkan dengan tempat duduk yang sudah diberi cata warna-warni sehingga, sangat menarik untuk dikunjungi dan dijadikan sebagai objek foto.

Tidak jauh dari sini pula kita akan menemui taman ayunan. Dimana, anak-anak akan disuguhkan dengan banyaknya ayunan. Dijamin, mereka akan ceria dan enggan untuk diajak pulang.

2. Tugu Ikan Situhuk

Jangan lupakan untuk mengabadikan momen di tugu ikan situhuk. Mungkin, anda masih kurang familiar dengan nama ikan situhuk. Jenis ikan ini hanya bisa kita jumpai di peraian pariaman. Ikan ini menjadi perburuan warga pariaman bila sedang memancing. Biasanya, mereka akan mengolahnya menjadi makanan khas yaitu sala lauak situhuk.

3. Komunitas Fotografi

Pantai Kata Pariaman memang terkenal dengan berbagai spot fotografi yang mempesona. Oleh karena itu tak jarang banyak komunitas fotografi akan berkumpul dan mengambil beberapa spot.

Salah satu spot yang tidak boleh dilewatkan adalah pesona matahari terbenam. Di balik pohon cemara ini kita bisa menikmati pemandangan siluet yang sangat menarik. Jadi jangan sia-siakan semua pesona yang ada disini. Dengan membawa kamera dengan kualitas bagus. Siapa tahu, kita bisa gabung dengan mereka dan saling bertukar ilmu.

Pantai ini akan sangat cocok jika dikunjungi beramai-ramai bersama teman. Anda bisa mengajak teman kuliah maupun teman kerja untuk bersama-sama datang ke pantai ini. Untuk masalah transportasi bisa menggunakan layanan sewa bus sehingga perjalanan menjadi lebih mengesankan.

Baca Juga, Panorama Lembah Anai Siap Memanjakan Mata Para Wisatawannya

Akhirnya selesei juga penjelajahan di Pantai Kata Pariaman ini. Semua yang ditawarkan oleh kawasan ini memang sayang untuk dilewatkan sedikit pun. Tidak salah bila objek wisata ini anda jadikan daftar kunjungan wajib waktu berlibur ke Pariaman.