Bukan Indonesia yang menampilkan jika tidak dapat menyajikan objek wisata yang menghadirkan kesan, membuat siapa pun berdecak kagum. Tidak hanya wisata alamnya saja, wisata sejarah hingga wisata buatan pun memberi rindu yang berbeda.

Seperti tempat yang saat ini akan kita kunjungi di wilayah Sumatera Barat. Namanya adalah Pemandian Alam Sako Tapan. Objek wisata ini seakan tidak akan pernah sepi oleh pengunjung yang menunggu saat hari libur. Tempat ini akan membludak. Mengapa, Simak Jawabannya di bawah ini.

Ucapan Selamat Datang Di Pemandian Sako Tapan

Pemandian Sako Tapan

Saat menginjakkan kaki di tempat ini. Kita akan senang dengan ucapan selamat datang dari beberapa burung yang berkicau merdu. Tidak hanya itu, pepohonan yang rindang juga menghadirkan nuansa nan sejuk dan damai.

Keunggulan dari objek wisata ini terletak di kebersihannya yang memang juara. Harap bagi para pengunjung yang datang, harap buang sampah di tempat yang sudah disediakan. Agar alam tetap asri dan nyaman untuk dilihat.

Kolam pemadian yang akan kita gunakan untuk berenang ini terdiri dari bebatuan alam. Kolam pemandian ini sangat luas, sumber airnya pun berasal dari sumber mata air alami. Menariknya di sini adalah kedalaman kolam yang bisa digunakan untuk anak dan dewasa.

Baca Juga, Destinasi Eksotis Memikat Mata Di Danau Maninjau Sumatra Barat

Pengembangan dari objek wisata ini sendiri memang kurang mendapat perhatian dari pemerintah. Namun, semua fasilitas penunjang untuk para wisatawan sudah cukup baik. Seperti kamar bilas, ruang ganti, penyewaan ban, dan perahu kecil yang menyediakannya terbatas.

Banyak wisatawan setuju jika pemandian sako tapan ini dibangun khusus untuk mereka yang penasaran dengan alam sumatera barat. Serta, bagi mereka yang ingin meluruhkan segala penat dan beban pekerjaan yang terasa berat dan menumpuk tajam.

Bahkan banyak juga yang rela sewa Elf Long demi bisa datang ke lokasi ini secara bersama-sama. Umumnya mereka datang dengan mengajak keluarga dan kerabat serta teman-teman dekat untuk menikmati keindahan alam yang ada disini.

Menjunjung Tinggi Tradisi Dan Budaya Turun-Temurun

Pemandian Sako Tapan

Bukan Indonesia namanya bila tidak memiliki adat dan tradisi yang harus dilestarikan. Seperti mengundang di pemandian Sako tapan ini. Di mana saja setiap tahun, kita bisa menikmati tradisi yang sampai saat ini masih dilaksanakan.

Tradisi ini bernama Balimau, yang biasanya akan dilakukan di bulan Ramadhan. Tradisi Balimau ini mirip dengan tradisi yang ada di pulau jawa yaitu padusan. Atau mandi sebelum melakukan puasa yang diadakan satu hari sebelum ibadah puasa.

Lalu, apa bedanya dengan padusan? Di dalam upacara Balimau kita diwajibkan untuk mandi dengan menggunakan jeruk limau. Selain jeruk, ada beberapa bahan lain yang juga dimasukkan ke dalam udara yang digunakan saat mandi yaitu daun pandan, bunga kenanga, dan akar tanaman gambelu.

Konon katanya, semua ramuan ini mampu melindungi badan dan hati karena, saat berpuasa seluruh jiwa kita benar-benar dituntut untuk bersih. Oleh karena itu, saat upacara pembukaan, pihak penyelenggara biasanya akan mencampurkan bahan-bahannya ke dalam udara terlebih dahulu.

Berbagai Kuliner Nikmat di Lokasi Wisata

Bermain air memang membuat rasa lapar pasti akan menyerang. Tidak perlu repot membawa perbekalan karena di pemandian ini sudah tersedia beberapa warung yang siap melayani kebutuhan Anda.

Satu hal yang menarik dari warung ini adalah sajian kuliner khas Tapan yang pasti akan disukai siapa pun pengunjung yang datang. Namanya adalah Lpu, makanan ini akan melimpah saat musim panen durian tiba.

Lpuk adalah dodolnya Sumatera barat yang terbuat dari buah durian, sepenuhnya menggunakan durian tanpa ditambah dengan apa pun. Rasa duriannya memang sangat terasa. Jangan lupa untuk membeli dan dibuat oleh-oleh.

Selain lpuk kita juga akan disuguhkan dengan berbagai macam sajian ikan dengan olahan yang bisa dipilih yaitu bakar atau juga goreng. Selama menunggu makanan datang, kita akan disuguhkan dengan berbagai macam ikan yang lucu dan menggemaskan.

Apalagi, jika Anda memberi makan Ikan-ikan ini. Mereka seakan berebut untuk mendapatkan makanan itu. Sungguh, pemandangan yang tidak boleh dilewatkan.

Lokasi Pemandian Alam Soka Tapan

Pemandian alam Soka Tapan terletak di Kampung Muaro Sako, Kenagarian, Sungai Gambir Sako, Tapan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Jarak yang harus ditempuh kurang lebih 200 km dari kota padang.

Gunakanlah kendaraan pribadi karena, tidak ada satu pun transportasi yang akan mengantarkan Anda ke tempat ini. Sehingga Anda harus sewa mobil Alphard untuk sampa ke tempat ini. Satu hal yang perlu diingat. Pastikan mobil Anda dalam kondisi prima. Karena, kita harus menempuh perjalanan kurang dari 5 jam.

Baca Juga, Lembah Harau, Bentang Alam Menajubkan Ditanah Payakumbuh

Soka Tapan adalah pesona yang tidak boleh dilewatkan saat Anda berkunjung ke Sumatera Barat. Setiap jengkalnya menghadirkan suasana dan membuat siapa pun yang datang akan rindu. Ayo datang dan nikmati keindahan alam serta tradisi yang sempurna di alam Tapan.

Rate this post