Indonesia adalah negeri yang penuh dengan pesona alamnya. Bayangkan saja, dari ujung barat hingga ujung timur menyimpan keindahan yang layak untuk dikunjungi. Menariknya lagi, negeri ini semakin di eksplore, semakin banyak objek wisata baru yang bisa ditemukan.

Salah satunya terletak di Sumatera Barat, yang hadir dengan pesona pemandian nan menawan hati. Tempat rekreasi keluarga paling nyaman dan aman di Sumatera Barat. Objek wisata tersebut adalah Pemandian Batang Tabik yang konon katanya dihuni oleh ikan khas Sumatera Barat.

Berkenalan Dengan Pemandian Batang Tabik

pemandian batang tabik sumatera barat

Pemandian Batang Tabik memang tidak biasa. Hadir dari sebuah sumber mata air yang tidak pernah berhenti mengeluarkan air. Oleh karena itu, diberi nama Tabik yang artinya terbit dari dalam tanah.

Konon katanya air yang ada disini berasal dari Danau singkarak atau lebih tepatnya berasal dari mata air Gunung Sago. Sehingga, kesegarannya tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, warna jernihnya saat pertama kali menginjakkan kaki disini sudah membuat iman tergoda untuk segera meluncur ke dalamnya.

Baca juga, Bukik Bulek Taram, Wisata Alam dan Ziarah Menjadi Satu

Objek wisata ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Menurut cerita, dahulu tempat ini ramai dikunjungi para bangsawan, dan juga noni-noni belanda yang ingin menikmati kesegaran alami dari Batang Tabik yang sangat terkenal.

Selain untuk berenang, air yang ada disini juga dimanfaatkan sebagai sumber air untuk PDAM kota Payakumbuh. Menariknya lagi, tempat ini adalah satu-satunya pemandian alam yang berada di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Sumber mata air yang terus mengalir deras ini akhirnya dibendung. Dan airnya difungsikan untuk keperluan yang lain. Oleh karena itu, penduduk sekitar tidak pernah merasakan kekeringan di musim kemarau.

Terdiri Dari 3 Kolam yang Berbeda

pemandian batang tabik payakumbuh

Menikmati Batang Tabik memang menyenangkan. Disini, kita disuguhkan dengan pembagian kolam. Ada anak-anak, dewasa, dan juga ibu. Nah, di kolam ibu inilah sumber mata air itu berasal.

Di kolam dewasa dan anak kita akan melihat seperti kolam renang pada umumnya. Sementara itu di kolam ibu kita akan dibawa ke dalam sebuah pemandian alami. Dimana, tidak ada keramik melainkan, bebatuan alam. Disini pula terdapat ikan zebra yang konon katanya sudah lama menjadi penghuni kolam ibu.

Apakah Itu Ikan Zebra

Dari segi namanya memang tampak unik. Ikan zebra ini sendiri adalah sejenis ikan nila yang ukurannya kecil hanya seukuran dua telunjuk saja. Menariknya lagi, jenis ikan ini tidak ada dimana pun.

Banyak yang bercerita bila ikan zebra berasal dari Danau singkarak. Entah benar ataukah tidak tetapi, hewan satu ini tidak bisa berlama-lama hidup di luar air. Sekali bertelur, satwa satu ini bisa mencapai ratusan telur.

Hewan ini cenderung egois tidak boleh ada ikan lain yang masuk. Suka makan lumut dan lebih sering berada di dasar dari pada di permukaan. Bentuknya pun sangat lucu, terdapat garis-garuis hitam seperti zebra. Gerakannya lincah dan sangat gesit.

Fasilitas yang Bisa Dinikmati

Di sekitar pemandian kita akan menemukan beberapa warung berdiri dimana, disini kita bisa menikmati berbagai macam sajian kuliner khas kabupaten lima puluh kota. Seperti kue kareh lapan-lapan, Kerupuk sanjai balado, ubi cincang, kerupuk banguak dan masih banyak lagi ragamnya.

Dari segi harga tidak terlalu mahal. Kita bisa menikmatinya dengan harga 10 ribuan saja. Menurut cerita para wisatawan yang datang. Semua makanan khas yang disajikan disini merupakan olahan dari warga sendiri.

Selain warung kita juga bisa menikmati beberapa fasilitas yang masih terjaga dengan baik seperti, ruang baju ganti, toilet, serta hadirnya loker yang membuat barang-barang berharga anda aman terjaga.

Menuju Ke Pemandian Batang Tabik

Objek wisata Batang Tabik terletak di Sungai kamuyang, luak, kota Payakumbuh, Lima puluh kota, Sumatera Barat. Jaraknya kurang lebih 61 km dari payakumbuh atau membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Menuju ke objek wisata ini anda membutuhkan mobil dengan performa prima dan sopir yang benar-benar handal.

Oleh karena itu, hubungi biro perjalanan yang ada di daerah Padang dan sekitarnya. Dimana, mereka menyediakan fasilitas sewa mobil dan sewa bus dengan harga terjangkau, armada yang bersih dan wangi.

Dari Tugu Adipura arahkan kendaraan menuju ke Jl. Raya Bukittinggi. Kita akan melewati Jembatan Ratapan Ibu. Ikuti saja jalan. Setelah sampai di Masjid Raya Batang tabik perlahankan kendaraan karena, anda harus belok ke kanan menuju ke objek wisata.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Menikmati Batang Tabik yang mengesankan ini, kita akan dikenakan biaya 10 ribu rupiah. Untuk Jam operasionalnya kita bisa datang pukul 1 siang hingga 5 sore. Untuk hari kamis, tempat ini akan tutup. Sementara pada hari jumat akan dibuka pada pukul 8 pagi hingga pukul 12 siang dan lanjut kembali pada pukul 1 siang hingga 5 sore.

Baca juga, Janjang Saribu Objek Wisata yang Terlahir Kembali

Pemandian Batang Tabik merupakan satu diantara pemandian legendaris di Sumatera Barat. Mungkin, objek wisata ini sedikit beruntung dengan hadirnya ikan-ikan yang menggemaskan. Rugi kalau tak mampir ke sini karena, di tempat lain tidak ada ikan Zebra yang benar-benar unik. Agar perjalanan Anda menjadi lebih mudah dan aman sebaiknya gunakan rental mobil Alphard maupun lainnya.

Rate this post