Mungkin sebagian orang baru pernah mendengar nama Pulau Pagang. Pulau yang terletak di tengah laut barat daerah Sumatera ini kini telah menjadi ikon baru dari pariwisata Sumatera Barat.

Tempat wisata yang satu ini sudah banyak menjadi perbincangan di media sosial. Keindahannya sendiri memang tidak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu, tidak heran jika ada banyak wisatawan yang datang ke lokasi wisata. Di bawah ini akan dijelaskan berbagai hal yang berkaitan dengan tempat wisata ini.

Sekilas Tentang Wisata Pulau Pagang

wisata pulau pagang yang memukau

Pulau ini memiliki luas 10 hektar dengan pantai pasir putih yang hangat dan pohon nyiur yang melambai. Selain itu, pulau ini juga dikelilingi dengan perairan biru jernih serta gugusan terumbu karang. Keindahan inilah yang membuat pulau ini menjadi incaran para pecinta snorkeling dan laut.

Baca juga, Danau Cimpago, Alternatif Wisata Pilihan Keluarga di Padang

Sejarah, Keunikan, dan Hal yang Menarik dari Pulau Pagang

Nama Pulau Pagang ini dimulai dari kisah satu keluarga yang tinggal di kawasan Tarusan. Kawasan ini sendiri masuk dalam wilayah Pesisir Selatan. Adanya konflik dalam keluarga ini membuat keluarga ini terpisah dan ada sebagian yang pindah ke Pulau Pasumpahan.

Mereka yang pindah mulai bermukim serta bercocok tanam. Setelah beberapa lama, keluarga ini pun berkembang dan sebagian dari keluarga tersebut ada yang kembali lagi ke Tarusan. Karena sudah dipisahkan oleh lautan, mereka akhirnya bersepakat untuk berpagangan atau bertemu. Mereka memilih pulau yang letaknya dekat dengan Pulau Pasumpahan. Pulau ini kemudian diberi nama Pagang.

Tempat wisata ini menyajikan keindahan bawah laut yang masih terjaga. Di sini para wisatawan yang ingin menyelam bisa menyewa peralatan lengkap. Selain keindahan bawah laut, pemandangan di sekitar pulau juga masih bersih dan alami dirambah dengan suasana yang tenang serta udara yang bersih membuat siapa saja yang datang merasa senang.

Selain itu, pulau ini juga menyediakan spot yang cantik dan indah untuk berfoto. Oleh karena itu, bagi Anda yang menyukai fotografi jangan lupa untuk membawa perlengkapan foto yang dibutuhkan.

Lokasi Wisata

Tempat wisata yang satu ini terletak di Kecamatan Bungus Teluk Kabung yang masuk wilayah Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Jaraknya sendiri tidak begitu jauh dari pusat Kota Padang sekitar 13 kilometer. Pulau ini lokasinya sangat dekat dengan Pulau Pamutusan.

Rute Jalan Menuju Lokasi Wisata

Pulau yang masuk daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat ini bisa Anda datangi melalui dua jalur. Jalur pertama dimulai dari Kota Padang di mana Anda bisa mencari angkot dengan jurusan Pelabuhan Muaro. Selanjutnya setelah tiba di pelabuhan, sewalah perahu motor hingga ke lokasi tujuan yang kira-kira memakan waktu 40 menit sampai dengan 1 jam.

Rute yang kedua dimulai dari pusat kota Kabupaten Pesisir Selatan. Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil Avanza atau angkot hingga Pelabuhan Carocok Tarusan. Kemudian Anda bisa menggunakan perahu motor selama kurang lebih 30 menit dan sampailah Anda di Pulau Pagang.

Selain itu, ada juga alternatif lain untuk menuju ke lokasi wisata yaitu dengan datang ke Pelabuhan Bungus menggunakan ojek. Setelahnya, Anda bisa naik kapal penumpang berkapasitas 6 hingga 8 orang yang dilengkapi dengan nahkoda serta awak kapal. Untuk harga sewanya antara Rp 1.000.000 hingga Rp 1.250.000.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Wisata

Untuk bisa menikmati keindahan tempat wisata ini, Anda akan dikenakan biaya masuk. Tiket masuknya sendiri Rp 25.000,00 per orang.

Tempat wisata yang mulai naik daun ini buka setiap hari. Oleh karena itu, Anda bisa datang ke sana kapan saja. Anda bisa datang kesana dengan menggunakan rental mobil Fortuner untuk mengantar sampai ke pelabuhan.

Tips Wisata saat Mengunjungi Pulau Pagang

pulau pagang sumatera barat

Sebelum Anda bepergian ke Pulau Pagang, sebaiknya siapkanlah mental terlebih bagi Anda yang biasa hidup di daerah perkotaan, karena di pulau ini jaringan listrik begitu terbatas, selain itu jarak antara pulau dengan kawasan perkotaan begitu jauh.

Selain itu, bawalah baju nyaman dan yang bisa menyerap keringat serta bawa air mineral dan makanan yang cukup. Kemudian siapkan juga losion anti nyamuk karena nyamuk di sana terkenal ganas. Tisu basah atau cairan pencuci tangan juga sangat perlu dibawa agar tangan tetap higienis.

Baca juga, Lubuk Minturun, Objek Wisata Alam yang Beragam

Demikian tadi beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan persiapkan sebelum Anda memutuskan untuk berwisata ke lokasi wisata ini.

Pulau Pagang, Wisata Tengah Laut di Sumatera yang Tak Boleh Anda Lewatkan
5 (100%) 1 vote[s]