Pulau Deretan yang menentang keindahan Panoramanya di Sumatra Barat berarti Pulau Pamutusan. Bagi para anak muda yang ingin terlihat eksis dan kekinian, maka tidak akan lengkap rasanya jika tidak ada pulau ini. Pulau ini memiliki bentuk seperti terputus menjadi 2 bagian. Oleh karena itu para masyarakat Sumatra Barat memberikan nama sebagai pulau Pamentuan.

Di kawasan pulau, Anda akan menemukan pasir putih yang sangat lembut dan menyatu dengan air laut. Airnya yang jernih berwarna biru mampu memberikan kesan yang sangat menawan. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan selama berada di pantai. Selain itu lokasi yang dapat Anda tempuh pun cukuplah mudah. Pulau indah ini tepat untuk dijadikan tujuan wisata selanjutya.

Perbukitan Hijau Nan Asri

Pulau Pamutusan

Selain keindahan pasir putih dengan airnya yang biru, para turis juga siap untuk disuguhkan dengan perbukitan yang hijau. Pulau yang dibebaskan ini mencapai 8 hektar. Untuk menikmati keindahan di sekitar pulau, para wisatawan dapat naik ke bukit. Disana Anda bisa menikmati pemandangan yang sangat luar biasa.

Baca Juga, Pantai Carolina, Sejuta Panorama Memanjakan Mata di Teluk Bungus

Meskipun mendaki bukit hanyalah beberapa kegiatan yang mudah dilakukan, karena harus menguras banyak tenaga. Namun pada saat Anda sudah berada di atas bukit, maka rasa lelah Anda akan terbalaskan. Melalui ketinggian, Anda bisa menikmati sejuknya berada di atas bukit dengan pemandangan perbukitan yang hijau.

Lokasi Pulau Pamutusan

Untuk menuju objek wisata ini Anda dapat mengunjunginya di Bungus Teluk Kabung, Sumatra Barat. Ketika dari kota Padang, pulau ini berjarak 38km. Jika Anda naik motor, maka Anda dapat menghabiskan waktu hingga 2 jam. Jika Anda menggunakan sewa mobil new innova maka waktu tempuhnya dapat berbeda.

Harga Tiket Masuk Pulau

Para wisatawan yang ingin berkunjung ke objek wisata ini, pengunjung dapat mengeluarkan biaya Rp 15.000. Biaya terrsebut digunakan sebagai biaya kebersihan.

Rute Menuju Lokasi Wisata

Rute untuk menuju lokasi dapat Anda mulai dari Sungai Pisang dan menggunakan perahu nelayan. Biaya yang harus dikeluarkan untuk mencapai Pulau Pamutusan, Pulau Panggang dan Pulau Paumpahan yaitu kisaran Rp 300.000. Sebelum sampai di sungai Pisang, Anda harus menggunakan alat transportasi angkot, karena tidak ada alat transportasi lain selain angkot. Anda juga bisa mencoba mencari sewa mobil avanza dari penduduk setempat.

Aktifitas yang Dapat Dilakukan

Pulau Pamutusan

Aktifitas para pengunjung yang dapat dilakukan yaitu sebagai berikut:

Snorkeling

Menikmati keindahan pemandangan di bawah laut menjadi daya tarik para wisatawan yang cukup menarik. Pemandangan indah yang ada di bawah pulau. Untuk melakukan snorkeling, Anda bisa menggandalkan layanan wisata dan perjalanan yang sudah disediakan di pulau.

Berenang

Kejernihan air yang ada di pulau juga sangatlah menarik untuk dinikmati para wisatawan yang ingin berenang. Berenang di laut yang memiliki air sangat jernih mampu memberikan kesegaran bagi wisatawannya. Meskipun Anda hanya sekedar berendam, namun setidaknya Anda bisa merasakan betapa indahnya pulau Pamutusan.

Menyusuri Pulau

Cara yang dapat dilakukan untuk menyusuri pulau yaitu dengan berjalan kaki. Sambil menikmati air yang jernih, pasir putih dan juga suasana sekitar pulau yang sangat sejuk. Udaranya yang begitu sangat segar bisa menikmati betapa indahnya suasana dan panorama yang ada di pulau.

Fotografi

Aktifitas lain yang tidak kalah serunya yaitu dengan mengabadikan setiap momen yang Anda lakukan dengan memotretnya. Jangan lupa untuk membawa kamera dari rumah jika Anda ingin mengabadikan setiap momen yang Anda lewati.

Memancing

Dibalik dari airnya yang begitu sangat jernih, para wisatawan juga bisa melihat betapa banyaknya ikan yang ada di laut. Disana Anda dapat memancing aneka ragam ikan yang hidup di laut. Setelah Anda mendapatkan ikan, maka Anda bisa memasaknya di sana sekaligus.

Boat

Selain menyelusuri pulau dengan berjalan kaki, Anda juga bisa menikmati keindahan pulau dengan mengelilingi pulau menggunakan boat.

Fasilitas yang disediakan Pulau Pamutusan

Fasilitas yang akan Anda dapatkan dari pulau Pamutusan yaitu sebagai berikut:

Toilet

Di sana Anda akan menemukan banyak toilet umum yang terjaga kebersihannya. Dengan banyaknya toilet yang disediakan di area pulau inilah yang akan membuat para pengunjung merasa lebih nyaman.

Mushola

Kehadiran mushola dapat ditemukan dengan mudah oleh para pengunjung yang datang. Mushola yang sangat bersih dan terawat membuat para pengunjungnya merasa nyaman ketika akan menjalankan ibadah. Kehadiran mushola di pulau menjadikan para pengunjung tidak perlu pergi keluar pulau untuk menjalankan ibadah.

Penginapan

Apabila Anda dan keluarga ingin bermalam di sana, Anda bisa untuk menemukan banyak tempat penginapan di sana. Dengan harga yang sangat beragam, Anda bisa menemukan banyak penginapan yang bisa untuk Anda pilih. Apabila Anda bermalam di pulau, maka Anda bisa menikmati keindahan sunrise dan sunset di pulau.

Perlengkapan snorkeling

Di pulau Anda akan menemukan tempat yang menyewakan perlengkapan snorkeling. Dengan begitu kompilasi Anda ingin melakukan snorkeling, Anda tidak perlu ribet membawa perlengkapan snorkeling dari rumah. Selain snorkeling, Anda juga bisa menggunakan perlengkapan renang di sana.

Warung makan

Jika Anda lapar, tenang saja, ada banyak warung yang siap mengatasi perut keroncongan Anda.

Baca Juga, Pulau Sikuai Padang, Bukti Keindahan Alam yang Hampir Tenggelam

Mengunjungi pulau di Sumatra Barat memang menyenangkan. Dengan pemandangan dan keindahannya yang luar biasa luar biasa sangat luar biasa para wisatawannya. Jika Anda ingin mencari tempat wisata yang menyenangkan, maka Anda dapat mengunjungi pulau Pamentuan.