Pernah mendengar nama Pulau Pisang ? Dimana tempat ini berada di dua wilayah yang berbeda tetapi, masih berada di Pulau Sumatera. Pertama terletak di daerah Lampung. Kedua, masih masuk di kawasan Padang.

Keduanya memang memiliki pesona dan keunikan masing-masing. Tetapi, Pulau pisang yang terletak di Padang ini seakan lebih menggoda untuk dijelajahi. Bahkan, banyak hal-hal baru yang tidak pernah bisa kita bayangkan di kawasan ini.

Mengenal Tentang Pulau Pisang

wisata pulau pisang

 

Pulau Pisang memang kurang begitu terkenal di kalangan wisatawan. Tetapi, perlu diketahui bahwa pesonanya sangat menawan. Kawasan ini terbagi menjadi dua bagian. Ketek atau kecil dan Gadang atau Besar.

Baca Juga, Goa Batu Kapal, Destinasi Tersembunyi Nan Indah di Solok

Di Pulau Ketek dengan luas wilayah 2,8 hektar. Kita akan menemukan jajaran pohon kelapa yang menjulang tinggi. Banyak tempat duduk dan warung-warung yang bisa anda manfaatkan untuk membeli makanan dan minuman.

Selain menikmati panorama lautnya yang biru. Pemandangan lain yang tidak boleh dilewatkan disini adalah Gunung Padang yang terlihat mengesankan. Apalagi, suasananya yang sepi, teduh, dan damai, membuat semua beban pekerjaan seakan luruh seketika.

Sementara itu, di pulau Gadang kita bisa melihat beberapa aktifitas nelayan dan petani yang menjadi penghuni tetap dari pulau tersebut. Luas dari kawasan ini mencapai 25 hektar. Disini pula kita bisa melihat tanahnya yang ditumbuhi cengkeh dan juga kelapa.

Keunikan lain yang bisa kita nikmati disini adalah hadirnya bangunan bersejarah bekas dermaga buatan Belanda. Menurut cerita dahulu tempat ini menjadi kawasan berlindung para tentara sebelum ke Padang dan Bukit Tinggi.

Rute dan Alamat Menuju ke Titik Lokasi

Pulau pisang terletak tidak jauh dari pantai air manis jaraknya hanya 200 meter saja. jika air laut sedang surut, kita bisa menuju ke pulau dengan berjalan kaki. Jangan takut akan tinggi air karena, saat surut tingginya hanya 20 cm saja.

Sedangkan menuju ke Pulau Pisang Gadang kita harus menyewa kapal nelayan dari pantai air manis dengan harga mulai dari 50 ribu rupiah hingga 100 ribu rupiah. perjalanan menuju ke pulau ini memakan waktu 20 menit

Selain dari pantai air manis, kita juga bisa menempuhnya melalui muara padang atau dari pelabuhan teluk bayur. Jika, anda bingung bagaimana cara menuju ke pantai air manis anda tidak perlu takut. Anda bisa menggunakan sewa bus pariwisata maupun rental mobil.

di Padang sudah banyak beberapa biro jasa wisata yang menyediakan fasilitas sewa mobil Alphard. Harganya pun sangat terjangkau, dengan sopir yang berpengalaman. Sehingga, perjalanan anda nyaman, aman, dan pastinya akan berkesan.

Harga Tiket Masuk

Anda tidak harus membayar harga tiket masuk ke pulau ini. Karena, harganya sudah menjadi satu dengan pantai air manis dan kapal nelayan yang anda sewa.

Aktifitas yang Ditawarkan

lokasi pulau pisang

Tidak hanya dekat dengan pantai air manis yang menjadi daya pikat dari pulau pisang. Melainkan beberapa aktifitas seru yang ditawarkan dan bisa kita lakukan.

1. Surfing

Ombaknya yang mencapai 1 meter lebih dimanfaatkan oleh beberapa wisatawan untuk belajar surfing. Olahraga ekstrem berselancar di ombak ini memang sangat menyenangkan.

2. Snorkeling

Bila di pulau kecil kita bisa surfing maka, di pulau yang besar kita bisa menikmatinya dengan snorkeling. Disini, terkenal dengan beberapa terumbu karang dan ikan-ikan yang lucu. Kedalaman spot snorkeling ini antara 1 meter hingga 5 meter saja,

Harap maklum bila terumbu karang disini belum berbentuk sempurna. Lantaran, karamg-karang rusak karena gempa bumi yang melanda padang dengan kekuatan 8,9 skala richter pada tahun 2009.

3. Memancing

Hobi memancing ? tidak ada salahnya mencoba spot memancing yang menghadirkan banyak ikan-ikan. Tetapi, saat memutuskan memancing disini, anda harus sedikit bersabar lantaran, ikan yang ada disini cukup sulit didapatkan.

4. Menikmati Sajian Kuliner

Kurang afdol rasanya bila kita tidak menikmati sajian kuliner yang ada di tempat ini. berbagai olahan dan sajian nikmat seperti ikan kwe, kakap merah, kerapu, ada disini dan dijamin fresh karena diambil dari tangkapan para nelayan.

Kita bisa memesannya dengan berbagai macam olahan. Bisa bakar atau juga goreng. Bisa dengan bumbu asam manis, juga bisa dengan bumbu rujak yang rasanya nikmat menggoda.

Baca Juga, Kepulauan Mandeh, Destinasi Eksotis Raja Ampatnya Sumatra Barat

Pulau Pisang adalah keindahan lain dari padang yang tersembunyi. Keindahannya memang tidak boleh ditolak Apalagi, letaknya yang tidak jauh dari pantai air manis. Ayo datang dan nikmati kemegahan Objek wisata ini, jangan lupa ajak teman, sahabat,serta keluarga dan rasakan keseruannya.

Rate this post