Menghabiskan waktu liburan dengan mengeksplor pulau-pulau indah di Padang menjadi pilihan terbaik. Ada banyak pulau di Padang yang memang menjadi tujuan wisata para pengunjung ketika ke Padang.

Mengunjungi pulau akan membuat Anda serasa ‘back to nature’ apalagi jika Anda bisa mengunjungi tempat-tempat eksotik tersembunyi yang ada di pulau tentunya akan menjadi kebanggaan tersendiri. Berikut beberapa rekomendasi pulau-pulau terindah yang ada di Padang.

Pulau Suwarnadwipa

pulau suwarnadwipa padang

Pulau Suwarnadwipa Padang yang biasa disebut Pulau Emas ini cukup populer di kalangan wisatawan. Pulau yang berada di sebelah Selatan Kota Padang ini sudah menjadi pulau wisata yang tentunya sudah dilengkapi berbagai penginapan dan resort untuk menjamu pengunjung.

Air laut yang biru dan tenang dengan pantai pasir putih akan sangat menyita perhatian Anda ketika pertama kali menginjakkan kaki di Pulau nan cantik ini. Pepohonan rindang yang tumbuh di pinggir pantai semakin menambah keindahan pulau ini. Pokoknya tempat ini cocok banget buat tempat refreshing dan healing bagi Anda yang ingin melepas lelah dan penat.

Anda tidak bakalan bosan ketika berada di pulau ini soalnya sangat banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan disini. Seperti berenang, snorkeling, diving, bermain banana boat, hiking, bermain volly pantai, jetski, dan lain sebagainya.

Terdapat paket one day tour bagi Anda yang tidak punya cukup waktu untuk menginap di Pulau Suwarnadwipa. Harganya mulai dari Rp250.000,00 hingga Rp400.000,00 per orang.

Ada juga paket menginap bagi Anda yang ingin menikmati lebih lama keindahan pulau ini, dengan harga mulai dari Rp500.000,00 hingga Rp700.000,00 per orang. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa menikmati beberapa fasilitas yang tersedia di Pulau dan di Resort.

Pulau Pasumpahan

wisata pulau pasumpahan padang

Pulau indah kedua yang juga populer di Padang adalah Pulau Pasumpahan Padang. Pulau ini terletak tidak jauh dari Pulau Suwarnadwipa, Anda cukup menaiki speedboat dari Teluk Bungus untuk bisa sampai di pulau ini.

Pantai Pasumpahan merupakan kawasan ekosistem terumbu karang di Padang. Jadi bagi Anda pecinta aktivitas snorkeling dan diving cocok banget jika bertandang ke pulau ini. Pantai pasir putih di Pulau Pasumpahan dan birunya air laut membuat Anda ingin berlama-lama menikmati pemandangan indah di pulau ini.

Walaupun belum ditetapkan sebagai kawasan kunjungan wisata, pulau ini sudah dilirik oleh para investor untuk dijadikan pulau wisata yang mirip dengan Maldives Island. Di pulau ini belum disediakan tempat penginapan seperti cottage ataupun resort, jadi jika Anda ingin menginap bisa dengan menggunakan tenda portable.

Letaknya yang jauh dari kebisingan dan hiruk pikuk perkotaan akan membuat Anda terbebas dari lelah dan stres akibat pekerjaan yang tidak ada habisnya.

Pulau Mandeh

pulau mandeh padang

Pulau Mandeh Padang seringkali dikiaskan sebagai Raja Ampat ala Padang. Hal ini tidak salah karena Pulau Mandeh memang dikelilingi oleh gugusan pulau-pulau kecil yang punya keindahan dan keunikan masing-masing.

Dari atas bukit Pulau Mandeh Anda bisa melihat langsung pulau- pulau kecil seperti pulau Pulau Traju, Pulau Setan, Pulau Cubadak, dan Pulau Sironjong. Jadi jika Anda berkunjung ke Pulau Mandeh, Anda bisa sekalian plesiran ke pulau-pulau kecil di sekeliling Pulau Mandeh. Dan hal ini yang banyak dilakukan wisatawan saat berkunjung ke pulau ini.

Anda cukup membayar biaya sewa perahu sekitar Rp300.000,00 hingga Rp600.000,00, harga ini bisa Anda share dengan teman perjalanan agar lebih murah. Tur keliling Pulau Mandeh, Anda akan diajak hiking menuju Puncak Nona untuk melihat gugusan pulau kecil dari atas ketinggian bukit.

Baca Juga : Kepulauan Mandeh, Destinasi Eksotis Raja Ampatnya Sumatra Barat

Untuk istirahat makan siang, Anda akan diajak ke Pulau Setan yang menyediakan banyak tempat makan serta fasilitas yang menjamin kenyamanan pengunjung. Berlanjut ke Pulau Sironjong, tempat Anda bisa melakukan snorkeling dan diving serta tersedia pula wahana cliff jumping yang memacu adrenalin. Dijamin wisata sehari di Pulau Mandeh akan sangat berkesan.

Nah, sekarang sudah punya referensi buat mengisi liburan, kan. Sekarang saatnya siapkan budget dan diri Anda untuk menikmati indahnya kota Padang. Untuk mencapai Pulau-pulau indah di Padang yang telah dibahas, bisa diakses melalui jalur darat dan laut. Untuk jalur darat, agar lebih cepat dan nyaman Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil Hiace Padang untuk menuju ke dermaga penyeberangan.