Jika, dihitung Indonesia memiliki puluhan ribu pulau yang tersebar luas dari ujung barat hingga ujung timur. Kebanyakan dari pulau-pulau ini menghadirkan keindahan dan keunikan masing-masing. Walaupun, masih berhubungan dengan dunia bawah laut.

Mengenal Indonesia memang harus dari lautnya. Negara maritime ini sebagian besar adalah laut yang bisa di bilang bagaikan sebuah surga. Seperti halnya pulau yang berada di Padang ini. Namanya Pulau Setan tetapi, pemandangannya tidak berbeda jauh dengan namanya.

Sekilas Mengenai Pulau Setan

pulau setan sumatera barat

Kawasan wisata ini memang tidak berpenghuni. Tetapi, bukan efek seram yang dihasilkan melainkan keindahan luar biasa. Perpaduan antara air laut, pasir pantai, serta beberapa kapal yang bersandar membuat kesan seram yang muncul dari namanya hilang seketika.

Baca Juga, Lobang Jepang Bukti Kekejaman Jepang Terhadap Indonesia

Menariknya adalah nama asli dari pulau ini bukanlah pulau setan. Melainkan, pulau sultan. Lalu mengapa bisa berubah nama? Menurut Ibu Armaini, faktor utama perubahan nama ini karena salah pelafalan.

Maklum saja, lafal setiap orang memang berbeda-beda. Karena sering diesbut dengan nama pulau setan, akhirnya banyak wisawatawan yang mengunjungi tempat ini menyebutknya sebagai pulau seta.

Konon katanya dahulu  pulau ini menjadi tujuan wisata para raja-raja yang berkuasa di sumatera barat. Mereka memilih kawasan ini karena tempatnya yang benar-benar ndah. Ada daya magis yang bisa kita rasakan setelah tidak berkunjung ke tempat ini. Rasa rindu yang begitu kuat ingin kembali lagi ke sini.

Info Rute dan Alamat Lokasi Pulau Setan

Pulau Setan sendiri terletak di Ampang Pulai, Koto XI Terusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Lebih tepatnya berada di sebelah timur Pulau Pasumpahan, dan sebelah barat Sungai pisang. Menuju ke tempat ini banyak wisatawan yang menyarankan berangkat dari pantai carocok.

Di Carocok pun ada dua alternatif yang bisa dipilih. Pertama menuju ke tempat pelelangan ikan. Bila anda berangkat dari padang, langsung saja menuju ke pantai carocok tarusan. Kedua tempat ini sudah ada beberapa kapal nelayan yang siap mengantar anda.

Untuk harga kapal sendiri memang masih simpang siur. Ada yang bilang 20 ribu rupiah, ada yang mengatakan 50 ribu hingga 70 ribu rupiah untuk perjalanan pulang pergi. Mungkin, pintar-pintar anda saja untuk menawarnya.

Menuju ke pantai carocok anda bisa memanfaatkan beberapa biro jasa wisata yang sudah tersebar di padang. Dengan fasilitas sewa mobil Innova yang memiliki harga bersahabat dan armada yang baik.

Harga Tiket Masuk Pulau Setan

Tidak ada harga tiket yang harus di bayar bila ingin menunjungi objek wisata ini. Karena, tiket pembayaran sudah jadi satu dengan sewa kapal. Tetapi, anda harus membayar uang parkir sebesar 10 ribu rupiah untuk mobil dan 5 ribu rupiah untuk kendaaraan bermotor.

Hal Menarik yang Bisa Kita Lakukan

wisata pulau setan

Ternyata, objek wisata ini sudah dikembangkan sedemikian rupa. Sehingga, menjadi tujuan utama wisatawan baik dalam negeri dan juga luar negeri. Inilah hal menarik yang bisa kita lakukan saat di Pulau Setan.

1. Wahana Water Sport

Berada di tempat ini, kita akan disuguhkan dengan beberapa wahana water sport seperti banana boat dan juga donut boat. Untuk harganya pun cukup murah hanya 40 ribu hingga 50 ribu rupiah untuk sekali atraksi.

Soal keamanan pun teruji dengan baik. Semua fasilitasnya sudah berstandar internasional. Sehingga, jangan ragu merasakan keseruan naik dua wahana sport ini.

2. Berkeliling Pulau

Tidak hanya wahana banana boat dan juga donut boat saja. Kita juga disuguhkan dengan pesona perahu boat Dimana, perahu ini siap mengantar anda ke beberapa tempat wisata yang berada di sekitarnya.

Seperti, Pulau Sironjong Gadang, Sironjong Ketek, Hutan Mangrove, hingga air terjun sei gemuruh. Untuk menikmati wahana ini kita akan dikenakan biaya sebesar 500 ribu hingga 1 juta rupiah.

3. Warga yang Ramah dan Bersahaja

Pesona terakhir adalah penduduknya yang ramah dan bersahaja. Dimana, saat menginjakkan kaki disini, kita akan disuguhkan dengan beberapa warung yang sudah berdiri. Menyediakan berbagai macam menu yang bisa disantap dan dinikmati.

Cobalah datang ke salah satu warung. Mereka akan menyambut kita dengan senyuman. Tidak hanya itu saja, kita juga bisa menyewa tikar, duduk-duduk dengan harga 10 ribu per tikar.

Baca Juga, Kebun Teh Liki, Bukti Teh Indonesia Berjaya di Luar Negeri

Pulau Setan ternyata memiliki berbagai macam pesona yang menarik untuk dikunjungi. Jangan tertipu dengan namanya karena, kesan seram dan angker di tempat ini tidak ada sama sekali. Jadi, kapan anda akan mengunjungi objek wisata ini? Jika takut berkunjung sendiri bisa datang secara rombongan menggunakan layanan sewa bus yang banyak tersebar di Padang.

Rate this post