Sejarah Kemunculan Pulau Sikuai – Pulau Sikuai sering disebut sebagai pulau cantik nomer satu yang ada di Sumatra Barat. Pemandangannya yang begitu asri, wajar saja bila pulau ini dijadikan destinasi favorit obyek wisata. Pulai cantik ini mempunyai sumber perairan yang begitu sangat jernih. Para pengunjung yang datang ke pulau ini dapat merasakan betapa nyaman dan asrinya berada di pulau ini.

Para pengunjung dapat mengunjungi beberapa pulau yang ada di dekat Sukai. Hal ini dikarenakan Sukai berada di dekat pulau Pasumpahan, pulau Pagang dan Pulau Pamutusan. Wisatawan dapat merasakan suasana eksotis pada pulau yang memiliki luas mencapai 44.4 hektar ini. Keindahan panorama yang ada di pulau ini bisa dijadikan sebagai rekomendasi bagi Anda yang sedang merencakan liburan. Namun sebelum Anda merencanakan liburan, ada banyak informasi yang harus Anda ketahui. Misalnya seperti lokasi pulau, harga tiket, fasilitas, keunikan pulau dan hal lainnya.

Suasana di Pulau Sikuai

Santai di Pulau Sikuai

Suasana di pulau cantik ini begitu sangat nyaman dan tenang. Bagian pulau yang memperlihatkan keasriannya yaitu dibagian tengah pulau cantik ini. Anda akan menjumpai beberapa jenis tumbuhan tropis di sana. Hal ini memberikan kesan penghijauan yang begitu sangat subur dan memperlihatkan kesan asrinya. Pulau yang memperlihatkan keasriannya ini pun menjadi destinasi wisata bahari. Wisatawan pun juga bisa memanfatakan paket liburan untuk lebih mengemat biaya.

Baca juga, Jembatan Siti Nurbaya, Setapak Jalan Bagi Penikmat Sunset

Suasana yang begitu sangat nyaman dan tenang, menjadikan para wisatawannya betah berlama-lama di pulau ini. Selain tepat digunakan untuk merenung, maka suasana pantai ini juga sangat tepat sekali bagi para wisatawan yang sudah bosan dengan suasana kota yang tidak seindah pemandangan di pulai Sukai.

Lokasi Wisata Pulau Sikuai

Pulau wisata bahari ini terletak di Bungkus Teluk Kabung, Padang, Sumatra Barat. Luas yang dimiliki pulau ini mencapai hingga 38,6 km persegi. Pulau ini berada di daerah yang administratif di kota Padang. Untuk Anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi bisa menjadikan rental mobila avanza sebagai alternatif untuk mengunjungi wisata ini.

Harga Tiket Masuk Lokasi Wisata

Cukup mengeluarkan Rp 8.000/orang, para wisatawan dapat merasakan seluruh keindahan yang ada di pulau cantik ini. Harga tiket masuk yang benar-benar terjangkau. Tentunya Anda akan mendapatkan pengalaman wisata yang luar biasa di lokasi ini.

Aktifitas Wisatawan di Pulai Sukai

Selama berada di obyek wisata bahari ini, para wisatawan bebas melakukan kegiatan apa saja, diantaranya seperti:

Snorkeling

Melakukan olahraga air memang selalu menyenangkan. Bagi pecinta pulau, tentunya tidak akan lengkap tanpa melakukan snorkeling. Keliling menikmati isi dalam pulai memberikan sensasi yang menarik bagi para wisatawan. Di dalam laut, wisatawan dapat melihat dengan jelas tumbuhan yang ada di dalamnya, batu karang, dan hewan-hewan laut.

Memancing

Memancing sering kali dijadikan sebagai hobi yang sangat seru dan menyenangkan. Selain itu memancing juga melatih kesabaran pada diri seseorang. Anda bisa membawa perlengkapan mancing dari rumah. Karena pulai ini belum menyediakan persewaan peralatan memancing.

Trekking

Wisatawan yang memiliki hobi trekking, sepertinya Anda berada di tempat yang sangat tepat. Anda bisa merasakan pemandangan yang begitu sangat menggoda wisawatan sekaligus melakukan trekking.

Bersantai

Jika Anda datang ke pulau dengan beban masalah yang berat, tidak perlu melakukan aktifitas apapun. Hanya cukup bersantai, menghirup udara yang segar dan menenangkan pikiran, bisa Anda lakukan. Banyak wisatawan yang datang dengan masalah dan pergi tanpa beban masalah. Hal ini menjadi solusi yang tepat bagi wisatawan yang ingin melepaskan beban pikiran.

Hamparan Pantai Pulau Sikuai

Fasilitas yang Ada di Pulau Sikuai

Tempat parkir pulau sikuai

Karena pulai Sukai memiliki luas mencapai 44.4 hektar, tentunyya Anda sudah bisa membayangkan tempat parkir yang disediakan. Jika Anda datang dengan rombongan menggunakan sewa bus, tidak perlu khawatir akan tempat parkir. Tenang saja, tempat parkir yang disediakan begitu sangat luas dan membuat wisatawan merasa nyaman.

Kamar resort type panggung

Ingin menginap di pulau? Tentu saja bisa Anda lakukan. Anda akan menemukan banyak kamar resort dengan type panggung. Fasilitas yang di tawarkan cukuplah beragam. Untuk harganya tergantung dari type kamar. Harganya dari Rp 800.000 hingga 4.000.000 per malamnya. Di sana, Anda akan menemukan 54 bangunan yang dapat Anda pilih.

Suasana area resort

jika berbicara mengenai suasana di area resort, tentunya tidak akan pernah mengecewakan wisatawan. Harga yang diberikan sangat sesuai denga pelayanan yang diberikan. Dijamin para wisatawan tidak akan menyesal menginap di area resort pulau.

Kolam renang

Selain berenang di pulau, Anda pun juga bisa berenang di kolam renang. Anda akan disediakan kolam khusus dengan air yang bersih dan jernih.

Wahana Air

Untuk wisatawan yang memiliki anak, tentunya tidak akan pernah rewel selama berada di tempat ini. Bagaimana tidak? Pulau ini sudah dilengkapi dengan wahana air yang sangat lengkap. Tempat ini memang paling tepat dijadikan sebagai wisata keluarga.

Baca juga, Ngarai Sianok, Pesona Alam Lembah Cantik Bukit Tinggi

Semenjak terjadinya gempa bumi di tahun 2009 silam, hal ini mempengaruhi pulau Sikuai. Keindahan pulau ini sempat hilang yang diakibatkan oleh gempa. Namun sekarang, pulau ini sudah berhasil di sulap menjadi wisata bahari yang mana para wisatawan yang datang ketempat ini selalu terkagum-kagum.

Rate this post