Sampai saat ini Danau Singkarak masih menjadi objek wisata favorit di Sumatera Barat. Banyak yang rindu dengan pemandangan alam serta suasananya yang tenang, teduh, dan damai. Tetapi, beberapa wisatawan punya cara berbeda menikmati Objek wisata unggulan ini.

Salah satunya dengan pergi ke atas bukit dan melihat pesonanya dari atas ketinggian. Ada berbagai macam puncak di sekitaran danau. Tetapi, rekomendasi para wisatawan tertuju pada Punca Aua Sarumpun.

Bukit Instagramable Aua Sarumpun

Puncak Aua Sarumpun, Bukit yang Instagramable

Puncak Aua Sarumpun adalah sebuah bukit tanah datar dengan pesonan ilalang yang tingginya mencapai pinggang orang dewasa. Disini pula terdapat habitat babi hutan yang cukup ganas. Sehingga, anda diharapkan untuk berhati-hati dan jangan terlena dengan keindahannya. Walaupun, banyak yang berkata bila babi hutan ini hanya akan keluar di malam hari saja.

Baca juga, Rumah Pohon Laing Park, Wisata Baru Kabupaten Solok

Keunikan dari Bukit ini adalah suguhan pemandangan yang luar biasa. Tidak hanya sampai di ilalang saja. Melainkan, kita akan disuguhkan dengan pemandangan tak biasa Danau Singkarak. Tidak hanya itu saja,  Gunung Sago, Marapi, dan Singgalang yang berdiri kokoh juga bisa kita nikmati.Tidak jarang pula kita akan melihat warga sekitar memburu babi hutan ini. Bahkan, beberapa kesempatan para warga mengadakan acara berburu babi hutan. Setelah dapat, dagingnya akan mereka masak bersama-sama.

Jangan cepat puas bila berada di tempat ini. Tunggulah hingga matahari terbenam. Karena, keindahannya tidak akan pernah bisa terlupakan sedikit pun. Apalagi, saat langit cerah, pesona seperti sebuah lukisan yang berubah menjadi nyata.

Langit yang tadinya biru akan berubah menjadi kuning keemasan. Warna ini mempengaruhi seluruh bagian bukit. Sehingga, ilalang-ilalang ini juga tampak dengan warna yang sama. Sayangnya, tempat ini belum dikelola dengan baik. Sehingga, masih ada beberapa fasilitas yang belum memadai.

Rute Lokasi Menuju Ke Puncak Aua Sarumpun

Puncak Aua Sarumpun, Tanah Datar Sumatera Barat

Puncak Aua Sarumpun terletak di Nagari Tigo Koto, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. Perjalanan Dari Bandara Internasional Minangkabau membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam atau menempuh jarak 80 km menggunakan sewa mobil Avanza maupun tipe mobil lainnya.

Setelah keluar dari Bandara arahkan kendaraan menuju ke Padang panjang. kemudian, masuklah ke jalan Lintas Barat Sumatera. Ikuti jalan tersebut sejauh 52 km. lalu, belok kea rah kanan dan masuk di jalan Raya Solok-Padang.

Tetap berada di jalang tersebut sejauh 19 km. Selanjutnyam ikuti papan petunjuk yang akan mengarahkan anda menuju ke objek wisata. Jalan menuju ke puncak ini memang sedikit sulit. Lantaran, tanjakan dan belokan yang cukup tajam.

Oleh karena itu, disarankan bagi anda menggunakan kendaraan pribadi dengan kondisi prima. Disekitaran Bandara atau di kota Padang, sudah banyak penyedia jasa layanan sewa mobil atau sewa bus. Kebanyakan dari mereka memiliki mobil dengan kondisi prima serta harga yang terjangkau.

Setelah sampai di area pintu gerbang dan parkir. Kita harus mempersiapkan diri  untuk naik ke atas. Membutuhkan waktu kurang lebih 1 sampai 2 jam. Dengan jalanan yang sulit, tanjakan yang memang membutuhkan keringat serta tenaga untuk bisa menaklukkannya.

Disarankan untuk membawa perbekalan seperti air minum dan makanan. Karena, sepanjang perjalanan hanya ada satu warung yang buka yaitu di area parkir.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Untuk menikmati keindahan ini kita akan dikenakan biaya sebesar  10 ribu rupiah. untuk harga tiket parkir akan dikenakan biaya sebesar 10 ribu rupiah untuk mobil dan 5 ribu rupiah untuk kendaraan bermotor. Untuk jam operasionalnya sendiri sebenarnya tidak ada.

Tetapi, mengingat adanya babi hutan disarankan anda untuk segera turun setelah proses matahari terbenam selesei. Alangkah lebih baiknya, sebelum matahari benar-benar tenggelam kita sudah turun.

Mengapa Kita Harus Berkunjung ke Tempat ini

Puncak Aua Sarumpun tidak hanya dimanfaatkan untuk melihat pesona danau singkarak saja. Atau, memuaskan hasrat fotografi anda. Tetapi, ada beberapa alasan tambahan yang membuat anda wajib untuk pergi ke sini.

1. Tempat Camping Area

Malam dan aroma sunrise adalah dua pesona yang sayang untuk dilewatkan. Dari puncak ini kita bisa melihat bintang-bintang bersinar sangat terang. Menghadirkan pemandangan yang membuat siapa pun rindu.

Banyak pula komunitas-komunitas di Sumatera Barat yang camping disini. Tetepi yang perlu diperhatikan sebelum camping. Anda sudah meminta izin kepada peduduk sekitar terutama para pemudanya. Agar selama menginap disini akan aman dari gangguan babi hutan yang sangat nakal.

2. Arena Bike Park

Untuk mengembangkan pesona wisata di tempat ini warga sekitar pun bekerjasama dengan beberapa pengembang wisata. Mereka pun menghadirkan arena bike park yang latar berlakang pegunungan yang menarik hati.

Anda yang menyukai tantangan bisa mencoba wahana ini. Rasakan sensasi seru melintas berbagai rintangan. Disini pula, sering dijadikan tuan rumah event sepeda gunung karena lintasan dan viewnya yang sulit untuk ditolak.

Baca Juga, Panorama Lembah Anai Siap Memanjakan Mata Para Wisatawannya

Puncak Aua sarumpun adalah cara lain dalam menikmati Sumatera Barat. Pesona yang megah ini sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa ajak teman, sahabat, dan keluarga untuk merasakan pengalaman berbeda saat berada di tempat ini.

Rate this post