Obyek Menarik di Sumatra Barat – Berwisata di Sumatra Barat memang tidak akan pernah membosankan. Banyaknya obyek wisata yang ditawarkan itulah yang menjadikan para pengunjung selalu merasa dimanjakan. Selain menikmati keindahan danau, pantai, goa, gunung, maka wisatawan juga dapat menikmati keindahan puncak Gagoan.

Dengan keindahan dan keunikan yang dimiliki obyek wisata inilah yang mampu memberikan daya tarik bagi wisatawannya. Ketinggian bukit yang cukup curam membuat para wisatawan dapat menikmati keindahan melalui dari ketinggian.

Berkat kepopuleran dari obyek wisata di Sumatra Barat ini menjadikan banyak wisatawan yang tertarik dan penasaran untuk mengunjungi tempat wisata ini. Terlebih lagi banyaknya foto yang beredar di media sosial dengan keindahan pemandangan alamnya yang sungguh luar biasa.

Keunikan dari keindahan alam membuat wisata ini semakin terkenal, khususnya keindahan di balik batu karangnya. Untuk menuju lokasi wisata ini cukup mudah, selain itu di sana ada banyak keistimewaan yang siap menyambut wisatawan.

Sekilas Tentang Puncak Gagoan

Puncak Gagoan

Selain panoramanya yang indah dibalik dari ketinggian puncak, maka para wisatawan juga bisa menikmati hembusan angin segar. Angin yang dihirup dari puncak sangat alami, dan para pengunjung dapat merasakan hal tersebut. Kecuraman batuan karang yang berwarna putih dapat Anda saksikan ketika Anda sudah berada di atas bukit. Hutan yang rindang menghasilkan hembusan angin yang segar sekaligus memompa oksigen. Hiruk pikuk perkotaan dan kesegaran bisa dirasakan oleh para pengunjung.

Baca Juga, Museum Adityawarman, Kenali Keunikan Masyarakat Minangkabau Disini

Demi menjaga keamanan para pengunjungnya, di sana Anda akan menemukan sebuah petunjuk. Untuk rambu silang warna merah digunakan untuk area yag membahayakan. Spot foto yang dapat diambil dari panorama puncak sangatlah menggoda untuk dipamerkan ke sosial media. Untuk Anda yang ingin terlihat keren di musim liburan, Anda dapat mengunjungi obyek wisata ini.

Lokasi Wisata Puncak Gagoan

Puncak Gagoan ini berada di Paninggahan, Tanjung Junjung Sirih, Solok, Provinsi Sumatera Barat. Jika dari pusat kota Solok, puncak ini berjarak 20km. Jika dari pusat kota Padang, puncak ini berjarak 78km. Alat transportasi yang dapat Anda gunakan untuk menuju ke lokasi yaitu kendaraan roda dua maupun roda empat. Anda dapat memilih layanan sewa mobil avanza dan lain-lain yang banyak ditawarkan di Kota Padang.

Harga Tiket Masuk Wisata

Puncak Gagoan

Untuk biaya tiket masuk, pengunjung tidak akan tidak di tetapkan tarif. Akan tetapi pengunjung dapat membayarnya dengan ala kadarnya. Sedangkan setiap pengunjung harus mengeluarkan biaya Rp 2.000 untuk biaya parkir motor dan biaya kebersihan. Untuk parkir mobil, pengunjung di pungut dengan biaya Rp 5.000.

Rute Menuju Lokasi

Untuk menuju lokasi, Anda dapat menggunakan rute dengan masuk pasar ssumani dan untuk menuju ke lokasi, Anda akan menempuh jarak sekitaran 7 km dan waktu tempuh kisaran 30 menit. Gunakan layanan rental mobil Innova untuk kemudahan Anda menuju lokasi wisata ini.

Pesona Puncak Gagoan

Dibalik dari keindahan alamnya tersebut, para pengunjung bisa melihat keistimewaan dari obyek wisata ini, diantaranya yaitu:

  1. Puncak yang tinggi ini diapit dua bukit dan dibatasi sungai yang memiliki air begitu sangat jernih. Oleh karna itu pemerinrah memanfaatkannya untuk kebutuhan hidup masyarakat sekitar. Wajar saja bila Anda akan menemukan banyak pipa PDAM didekat puncak.
  2. Keindahan yang dimiliki oleh puncak wisata ini seperti lukisan Tuhan yang dapat dipandang mata. Hal ini dikarenakan perjalanan untuk menuju puncak, Anda dapat melihat perbukitan barisan berwarna hijau. Ditambahkan juga dengan pemandangan ilalang yang tumbuh liar disekitaran puncak.
  3. Apabila wisatawan melihat pada arah utara, maka Anda bisa melihat kokohnya pada gunung Sago dan gunung Merapi.
  4. Keindahan spot foto yang di tawarkan tidak pernah mengecewakan para wisatawan yang suka dalam dunia fotografi. Ditambah lagi dengan pesona jurang yang begitu sangat curang menambahkan panorama obyek wisata.

Tips Aman dan Menyenangkan Menuju ke Puncak Gagoan

  1. Ketika Anda ingin pergi ke lokasi, Anda dapat menggunakan roda dua maupun dengan roda empat. Namun apabila Anda ingin menggunakan kendaraan roda 4, maka Anda Sedikit merasa kesulitan. Hal ini dikarenakan jalan menuju lokasi sangat sempit.
  2. Anda disarankan untuk mengurangi laju kendaraan Anda, karena medan yang harus Anda tempuh berupa bebatuan. Sehingga jangan mengendarai kecepatan kendaraan seperti melewati jalan aspal pada umumnya.
  3. Pemandangan yang akan Anda rasakan begitu sangat menyenangkan. Para wisatawan dapat disuguhkan dengan keindahan alam selama berada di perjalanan. Namun demi keamanan perjalanan Anda, Anda disarankan untuk tidak memotret ketika kendaraan masih melaju. Jika Anda ingin mengambil pemandangan yang indah, Anda bisa berhenti di pinggir jalan terlebih dahulu.
  4. Ada baiknya jika Anda mencari hari yang tepat pada saat Anda ingin mengunjungi obyek wisata puncak Gagoan. Pilihlah hari dengan cuaca yang cerah agar puncak tidak tertutup oleh kabut.

Yang Akan Kita Lakukan Disini

Aktifitas yang dapat untuk Kita lakukan di sekitaran obyek wisata yaitu sebagai berikut:

1. Fotografi

Bagi pecinta dunia fotografi, puncak yang memiliki panorama indah ini mampu dijadikan sebagai obyek menarik untuk fotografi Anda. Panoramanya yang menakjubkan pantas untuk diabadikan.

2. Bersantai

Menikmati keindahan alam dengan hembusan angin yang sejuk dan segar dapat memanjakan para pengunjung untuk menikmatinya. Duduk bersantai di sekitaran puncak mampu memberikan kenyamanan para pengunjung ketika ingin bersantai.

Baca Juga, Panorama Lembah Anai Siap Memanjakan Mata Para Wisatawannya

Melalui keindahan dan panoramanya yang tidak akan mengecewakan para pengunjung. Wajar saja bila obyek wisata puncak Gagoan menjadi perbincangan di sosial media yang banyak orang mengunggahnya. Pemandangan indah yang ditawarkannya pun juga sudah sepantasnya jika harus dipamerkan di sosial media.

Rate this post