Sumatera Barat memang terkenal dengan pesona Danau Singkarak yang tidak hanya bisa dinikmati wisatawan saja. Melainkan, penduduk sekitarnya pun juga bisa menikmatinya. Tetapi, apakah anda tahu bila Danau Singkarak tidak hanya sampai disitu saja?

Di sekitar objek wisata kebanggan kabupaten Solok ini mempunyai beberapa puncak yang sulit di tolak begitu saja. Keindahan Danau bisa kita nikmati dari atasnya. Inilah yang menjadi alasan banyak wisatawan mencoba berkunjung ke Puncak Gobah.

Puncak Gobah, Keindahan Lain Dari Sumatera Barat

wisata puncak gobah

Seperti kita ketahui bahwa Danau Singkarak mempunyai beberapa puncak seperti, Ahmad Sadin dan Gagoan. Sementara, Puncak Gobah sendiri belum terlalu tenar. Sejujurnya, diantara puncak tersebut memang, Gobah yang memiliki nilai lebih soal pemandangan.

Baca Juga, Kepulauan Mandeh, Destinasi Eksotis Raja Ampatnya Sumatra Barat

Apalagi, objek wisata yang terletak di atas ketinggian 320 mdpl mempunyai pesona kabut tipis yang sering terjadi. Membuat, pemandangannya benar-benar meningkat drastis. Karena, alasan itulah pihak pengelola pun mengembangkannya dengan menghadirkan beberapa spot foto yang keren dan instagramable.

Spot Foto Romantis

spot foto puncak gobah

Perlu diketahui bahwa warga sekitarlah yang mengelola tempat ini sehingga, menjadi objek wisata yang sering dikunjungi banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri. Salah satu faktornya adalah rumah pohon.

Rumah Pohon ini terletak di atas batang pohon dengan ketinggian 10 meter. Ada beberapa anak tangga yang harus kita lewati sebelum menikmati rumah ini. Tidak perlu takut karena, rumah pohon ini sangat aman dan kuat menahan beban anda.

Bila kita beruntung, saat berdiri di atas pohon. Kita bisa melihat beberapa nelayan yang sedang mencari ikan walau, nelayan-nelayan ini hanya terlihat kecil.

Disini, kita akan disuguhkan pemandangan alam yang luar biasa seperti perbukitan, danau, sawah, dan rumah penduduk yang berpadu menjadi satu. Menariknya lagi, spot foto yang bisa dinikmati tidak hanya rumah pohon saja.

Melainkan, masih banyak lagi seperti bulan, papan berbentuk pintu, serta papan yang berbentuk dengan tulisan I Miss You, lambang berbetuk love dan sebuah kupu-kupu yang bisa membuat anda terbang melayang ke angkasa.

Permainan yang Menguji Nyali

Puas menikmati rumah pohon, saatnya menikmati wahana permainan yang sanggup menguji nyali anda. Ada wahana Flying Fox dengan kecepatan luncur luar biasa menggemaskannya. Siapkan suara untuk berteriak menahan rasa takut.

Selain Flying Fox, kita juga akan disuguhkan dengan olahraga motorcross. Kita pun bisa mencobanya atau cukup melihat penampilan para rider yang memukau. Tidak hanya untuk orang dewasa saja. Tetapi, tempat ini juga menyediakan permainan untuk anak-anak.

Seperti perosotan, jungkat-jungkit, ayunan, kuda-kudaan. Nah, jangan puas dahulu sebelum mencoba wahana paralayang yang menjadi sajian wajib saat mengunjungi Puncak Gobah. Rasakan pengalaman melihat pesona Danau Singkarak dari atas ketinggian.

Wisata Ziarah Puncak Gobah

Pesona lain yang membuat objek wisata ini dikunjungi adalah wisata ziarah. Dimana, ada sebuah makam dari seorang tokoh pemuka agama yang cukup dikenal oleh warga sekitar. Biasanya, para pengunjung akan datang di hari kamis atau beberapa hari sebelum Bulan Ramadhan tiba. Menariknya lagi, kuburan ini ditetapkan sebagai cagar budaya.

Rute Lengkap Menuju ke Puncak Gobah

Puncak Gobah terletak di Singkarak, X koto Singkarak, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Dari Masjid Darussalam, Kabupaten Solok anda akan menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam atau membutuhkan jarak 70 km.

Arahkan kendaraan menuju ke Jl. Solok – Alahan Panjang. Kemudian, masuk ke Jl. Adityawarman hingga ke Jl. Aripan. Dari jalan ini kita sudah disuguhkan dengan beberapa papan petunjuk yang akan memudahkan jalan anda.

Perlu diingat menuju ke Puncak Gobah, anda harus memilih jenis mobil yang mempunyai peforma bagus. Oleh karena itu, menggunakan layanan rental mobil adalah solusinya. Anda bisa bebas memilih rental mobil Alphard, maupun jenis mobil lainnya.

Harga Tiket Dan Jam Operasional

Untuk menikmati Puncak Gobah kita akan dikenakan harga tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah. Di tambah dengan biaya parkir untuk motor 5 ribu rupiah. Bagi yang naik mobil akan dikenakan biaya sebesar 10 ribu rupiah.

Menikmati wahana Flying Fox kita harus merogoh kocek sebesar 25 ribu rupiah. Mau melayang-layang diatas dengan paralayang akan dikenakan harga 300 ribu rupiah. Untuk jam operasional, tempat ini akan buka selama 24 jam. Jadi, jangan lupa nikmati nuansa malamnya juga ya.

Jangan lewatkan pesona matahari terbenam yang benar-benar esoktis. Dimana, kita akan disuguhkan dengan warna langit sedikit kemerahan, danau yang biru, dan hijaunya perbukitan. Perpaduan yang sempurna bukan?

Baca Juga, Miniatur Makkah Padang, Tempat Latihan Para Calon Jemaah Haji

Banyak yang sudah membuktikan bahwa objek wisata ini adalah tempat paling tepat untuk menikmati Danau Singkarak. Mereka sudah membuktikannya, lalu anda kapan? Jika anda datang secara rombongan sebaiknya gunakan sewa bus agar lebih seru.