Restoran Kubang Hayuda adalah sebuah restoran di Padang, Sumatera Barat dengan menu utama martabak. Bukan sembarang martabak, melainkan sebuah martabak spesial dengan cita rasa khas dan tidak dimiliki restoran manapun. Aroma kesedapan martabak itu sudah bisa dirasakan sejak tiba di halaman restoran.

Kehadiran restoran kubang hayuda membuat kita tahu bahwa kuliner padang bukan hanya masakan padang saja, tapi juga banyak lainnya. Sama halnya dengan masakan padang, martabak kubang hayuda pun terkenal di seluruh pelosok negeri. Bahkan saking terkenalnya banyak yang ingin tahu sejarah martabak kubang.

Sejarah Martabak Kubang Hayuda Dari Padang

Rumah Makan Kubang Hayuda

Seperti yang kita ketahui jika martabak berasal dari India. Tapi setelah dimodifikasi oleh Haji Yuri Darwis tadi, diberinya nama martabak mesir. Bedanya dengan martabak di India adalah adanya isian sayuran dan daging ke dalam adonannya.

Baca juga, Restoran Malabar Arham, Ciri Khas Kesedapan Martabak Khas Padang

Nama restoran ini juga diambil dari singkatan namanya Hayuda (Haji Yusri Darwis) yang merupakan warga keturunan Mesir. Untuk penyesuaian dengan karakter lidah orang Sumbar tidaklah mudah, butuh banyak usaha sampai menemukan resep martabak ini.

Spesialnya Martabak Kubang atau Martabak Mesir

Bagi masyarakat minang, nama martabak kubang cukuplah asing. Namanya yang beda itu membuatnya unik, sehingga banyak yang tertarik ingin mencobanya. Sepiring martabak kubang biasanya dipotong-potong segi empat menjadi 12 bagian. Penyajiannya dilengkapi semangkuk kecil saos cocol rasa pedas, asam dan manis.

Saos tersebut berwarna agak kehitaman karena dicampur dengan kecap serta dibumbui bawang bombai, cabe rawit hijau dan tomat merah. Bumbu-bumbu itulah yang melengkapi varian rasa martabak. Tak heran bila langsung membuat banyak orang menyukainya atau ketagihan ingin makan lagi dan lagi.

Cara Memasak Martabak Kubang Hayuda

Meskipun sama-sama bernama martabak, tapi martabak kubang bukan martabak telur, rasanya pun jauh berbeda. Martabak telur itu yang mirip dengan martabak india atau kalau di Indonesia mirip martabak bandung. Memang bahan kulitnya sama-sama menggunakan telur bebek atau telur ayam negeri.

Tapi, biasanya telur bebek yang dipilih sebagai kulit martabak. Setelah berhasil menggoreng kulit dan melebarkannya, lalu dimasukkan adonan yang sudah disiapkan sebelumnya. Kemudian, dibiarkan matang beberapa saat, lalu dilipat menjadi segi empat. Setelah itu, dibolak-balik sampai kulit dan isinya matang sempurna.

Minyak yang digunakan untuk menggoreng martabak kubang adalah minyak samin atau margarin.  Tungkunya kurang lebih berdiamater kurang lebih 50 cm. Rasa isiannya bisa dibilang seperti rendang. Untuk sayurnya sendiri yaitu daun bawang. Proses memasak hanya sekitar 10-20 menit.

Nuansa restoran kubang hayuda menyenangkan untuk ditempati dengan meja-meja panjang beserta kursi-kursi nyaman. Restoran ini terjaga kebersihannya, sehingga para customer nyaman dalam menyantap martabak spesial.

Sejarah Restoran Kubang Hayuda

Pertama kali martabak ini dijual dengan gerobak pada tahun 1974 oleh H. Yusri Darwis. Setelah capek merantau, beliau ingin menetap di kampung halamannya yakni nagari kubang. Lalu, beliau membuat restoran yang sekarang bernama Restoran Kubang Hayuda.

Pulang dari perantauan, Yusri Darwis berjualan di Jl. Permindo padang, lalu pindah ke Simpang Kandang. Setelah itu, menyewa kedai di Jl. M. Yamin pada tahun 1976, dari situlah awal terbentuknya restoran kubang hayuda.

Sudah 40 tahun lebih restoran ini berdiri, bahkan ada cabang di beberapa daerah. Anda bisa mencari martabak kubang hayuda terdekat di sekitar wilayah anda. Haji Yusri tak pernah menyangka jika resep yang diciptakannya bisa sepopuler seperti saat ini. Baik di pasar-pasar maupun pusat keramaian, pastilah menemukan kedai martabak mesir.

Menu Restoran Kubang Hayuda Padang

Selain martabak kubang, ada banyak menu restoran kubang hayuda. Mulai dari martabak manis dengan beberapa varian, roti cane dengan banyak varian rasa, nasi goreng serta beragam minuman. Tak hanya itu, ada pula dimsum siomay ayam. Pokoknya datang ke restoran kubang padang, takkan menyesal.

Harga Martabak di Restoran Kubang Hayuda Padang

Kalau soal harga sebenarnya restoran kubang hayuda cukup terjangkau. Harga martabak mesir kubang hayuda mulai dari Rp 30 ribuan sampai Rp 60 ribuan, tergantung varian rasanya. Sedangkan martabak manis, harganya lebih bervariasi lagi karena rasa yang ditawarkan beragam. Begitu pula dengan roti cane serta menu lain.

Lokasi dan Jam Buka

Suasana Restoran Kubang Hayuda

Letak restoran ini berada di Jl. Moh. Yamin No.138, Belakang Olo, Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat 25112. Kalau jam buka restoran kubang hayuda pada pukul 14.00 – 00.00. Anda bisa mengunjungi restoran ini menggunakan sewa mobil Avanza di sekitaran Kota Padang.

Baca juga, Sate Mak Syukur di Padang Panjang yang Legendaris

Begitulah restoran kubang hayuda yang mempunyai banyak menu makanan, tapi martabak kubang lah yang spesial. Martabak spesial itu buatan Haji Yusra Darwis yang mampu menggabungkan dua cita rasa dari dua negara berbeda. Jadi, tidak ada alasannya untuk tidak mampir ke restoran ini ketika Anda sedang berlibur di Padang. Menggunakan kendaraan pribadi maupun sewa mobil fortuner tidak menjadi masalah untuk berkunjung ke wisata kuliner ini.

Rate this post