Rumah Makan (RM) Family Benteng Indah sama seperti halnya rumah makan lain yang menjajakan sajian masakan khas Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Atau lebih populer dikenal masyarakat sebagai masakan Padang. Tempat ini menjual masakan dengan ciri khas Minang, yaitu makanan bercitarasa bumbu yang sangat kuat dan dominan pedas.

Namun ada yang menjadi nilai tambah bagi rumah makanan ini, karena berhasil mempopulerkan hasil racikannya hingga penjuru Indonesia. Mungkin tidak asing lagi bagi banyak orang menyantap sajian Ayam Pop yang memiliki kepanjangan Populer. Makanan ini sangat umum ditemui di rumah makan Padang dimana pun itu.

Ternyata Rumah Makan (RM) Family Benteng Indah merupakan pioner peracik dan yang mempopulerkan makanan ini, seperti namanya. Makanan yang terlihat sangat sederhana, tetapi memiliki citarasa yang luar biasa enaknya!

Ayam POP RM Family Benteng Indah

Kuliner Ayam Pop Padang

Bagi yang tidak tahu apa itu Ayam Pop, makanan ini hampir sama dengan ayam goreng pada umumnya. Jika kebanyakan ayam goreng disajikan dalam wujud matang coklat keemasan, Ayam Pop justru berwarna putih pucat.

Baca juga, Es Durian Ganti Nan Lamo Padang, Kelezatannya Pecah di Dalam Mulut

Pengolahannya pun sangat sederhana, sebelum digoreng ayam direbus terlebih dahulu menggunakan rendaman bumbu. Bumbu yang digunakan diantaranya, bawang putih, bawang merah, jeruk nipis, daun salam, lengkuas, dan garam. Ternyata yang membedakan adalah air rebusan yang digunakan menggunakan air kelapa untuk menciptakan citarasa gurih pada ayam .

Setelah direbus dalam rendaman bumbu kemudian digoreng sebentar menggunakan minyak goreng. Saat menggoreng memang sengaja sebentar agar tidak menjadikan daging ayam menjadi keras.

Saat akan disajikan, Ayam Pop dihidangkan bersamaan dengan lalapan daun singkong dan kacang panjang rebus serta tak ketinggalan sambal sebagai pelengkap. Sambal merupakan perangkat wajib dalam makanan khas Sumatera Barat, sensasi pedas!

Tetapi, sambal yang digunakan tidak sama dengan masakan Padang pada umumnya. Sambal yang digunakan cenderung berwarna oranye kemerahan, karena bahan dasar yang dipakai. Hanya menggunakan cabai, tomat dan bawang.

Letak dan Jam Buka Rumah Makan (RM) Family Benteng Indah

Rumah makan ini beralamatkan di Jalan Yos Sudarso, Benteng Pasar Atas, Kota Bukittinggi, Rumah makan ini buka dari pukul 08.00 – 21.00. Namun menurut sejarah, pada awalnya di dirikan di dekat Stasiun Mangkuto. Kemudian pindah di depan Benteng Fort de Kock hingga sekarang. Lokasi ini bisa dikunjungi dengan menggunakan sewa mobil Alphard di Padang.

Jika ingin menyambangi rumah makan ini juga bisa menemuinya di tempat lain di Padang, karena membuka cabang baru. Tepatnya beralamatkan di Jalan Sudirman No.79, Birugo, Aur Birugo Tigo Baleh, Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Cabang kedua ini bisa juga dijangkau dengan menggunakan kendaraan sewa mobil Fortuner.

Bahkan sudah membuka cabang hingga Jakarta, Anda dapat juga mencicipi langsung masakan Ayam Pop dari yang memiliki resep. Rumah Makan (RM) Family Benteng Indah ini berlokasi di Jalan Sultan Iskandar Muda, Kebayoran Lama Utara, Jakarta Selatan.

Harga Menu Ayam Pop

Agar bisa menikmati seporsi seporsi Ayam Pop dari Rumah Makan (RM) Family Benteng Indah yang telah melegenda sejak tahun 1950-an hanya dengan mengeluarkan uang Rp 14.000 per potong. Ada juga varian lain hati ampela yang dihargai per porsi Rp 10.000

Sedangkan untuk menu lain, rumah makan ini cukup lengkap menyediakan masakan khas rumah makan Padang. Biasanya untuk sekali makan perlu merogoh kantong dengan kisaran Rp 30.000 saja.

Sekilas Citarasa Ayam Pop

Berbicara soal rasa dari hidangan ini, pasti menimbulkan pertanyaan alasan mengenai bisa sepopuler namanya. Ayam Populer atau Ayam Pop ini memiliki rasa yang sangat sederhana, hanya sekedar gurih saja. Tetapi, siapa sangka justru citarasa inilah yang sangat disukai para penikmatnya. Mungkin karena kebanyakan menu masakan Padang memiliki aroma dan bumbu yang sangat kuat.

Pengunjung RM Family Benteng Indah

Menurut cerita, pelanggan dari rumah makan ini didominasi oleh warga Tionghoa. Mereka sangat menyukai jenis masakan ini. Selain itu rumah makan ini saking terkenalnya, dijadikan referensi pendatang ketika melakukan kunjungan ke Bukittinggi. Bahkan sekelas presiden pun mengunjungi tempat ini.

Bagi yang sangat suka masakan dengan bumbu mencolok seperti masakan Padang. Makanan di Rumah Makan (RM) Family Benteng Indah patut dicoba. Apalagi menu utama Ayam Pop-nya, karena sangat terkenal ke berbagai penjuru. Di dunia internasional pun menu ini sering diadopsi ke dalam sajian hidangan mereka.

Baca juga, RM Lamun Ombak Tempatnya Kuliner di Padang Bersejarah

Dari segi harga juga sebanding dengan nikmatnya makanan yang disantap. Apalagi mendapatkan pelengkap di setiap sajian masakannya. Bisa juga menikmati suasana ala Sumatera Barat, khususnya Minang.