Sate Lokan Restu Illahi adalah salah satu restoran sate yang cukup terkenal di kota Padang. Restoran ini buka dari jam 3 sore sampai dengan jam 9 malam di Jal Ketaping. Para wisatawan biasanya mendatangi lokasi ini dengan diantar oleh jasa sewa mobil Avanza dan berbagai tipe lainnya.

Selain menyediakan menu masakan khas, disini juga mampu memberikan layanan yang sangat memuaskan untuk semua pelanggan setianya. Apalagi di Sumatera Barat sendiri adalah surganya kuliner. Ada banyak sekali aneka ragam makanan yang lezat yang bisa ditemukan di semua wilayah kawasan Minangkabau ini.

Baca juga, Jangan Lewatkan Bika si Mariana, jika Tidak Ingin Menyesal

Letak geografisnya yang bersebelahan dengan Samudra Indonesia membuat wilayah ini mempunyai pesisir pantai yang begitu panjang. Sehingga, hal ini sering dimanfaatkan oleh pebisnis kuliner yang menjual di pesisir pantai. Salah satu menu andalannya adalah sate kerang atau sate lokan.

Keunikan Sate Lokan Restu Illahi

Sate Lokan Khas Padang

Menu hidangan ini sangat mudah ditemukan di Sate Lokan Restu Illahi. Anda bisa mengunjungi tempat tersebut untuk menikmati sate lokan yang unik ini. Karena, jika selama ini Anda mungkin hanya mengenal sate daging kambing dan sate ayam saja. Kini Anda bisa mencoba sate kerang atau sate lokan ini.

Lokan merupakan bahasa lokal dari Minangkabau untuk sebutan dari kerang lumpur. Kerang lumpur ini biasanya mudah ditemukan di kawasan pesisir laut di Sumatera Barat. Lokan sendiri adalah jenis hewan laut berbentuk kerang. Yang membedakan dengan kerang pada umumnya adalah ukurannya.

Karena untuk ukuran lokan ini jauh lebih besar dari kerang pada umumnya. Untuk dagingnya sendiri juga lebih tebal dari kerang pada umumnya. Sehingga, hal ini membuat sate lokan ini menjadi lebih unik dari sate pada umumnya. Bahkan sebelum dijadikan sate, warna dagingnya kuning pucat.

Barulah setelah dimasak ataupun dipanaskan, warna dagingnya menjadi orange kemerahan. Perubahan warna ini juga bisa menjadi salah satu keunikan tersendiri pada sate lokan ini. Selain tekstur, daging, dan warna daging yang berbeda, ada lagi yang membuatnya unik.

Dilihat dari proses pembuatannya, sate lokan ini cukup unik. Karena dagingnya harus direbus dulu bersama dengan bumbunya. Yaitu, bawang putih, cabai merah, ketumbar, bawang merah, jintan, merica, kunyit, jahe, lengkuas, dan sereh yang sudah dihaluskan sebelumnya.

Barulah setelah daging kerang itu matang, maka dagingnya ditusuk dengan bambu. Kemudian, dagingnya dibakar untuk dijadikan sebagai sate lokan sampai berwarna kecoklatan sebagai pertanda bahwa sate telah matang. Selanjutnya, setelah matang, sate akan disajikan di atas piring beralaskan daun pisang dan kuahnya.

Yang membuatnya menarik disini adalah karena kuah siramannya berasal dari bumbu bekas dari merebus kerang sebelumnya. Hanya saja untuk kuahnya ini nanti akan dicampur dengan tepung beras, dan bumbu remah-rempah lainnya yang telah dilarutkan.

Citarasa Sate Lokan Restu Illahi

Dengan cara inilah akan membuat cita rasa dan aroma sate menjadi menggugah selera semua orang. Apalagi saat dihidangkan bersama dengan potongan ketupat dan juga taburan dari bawang goreng. Maka, soal rasa tak perlu diragukan lagi. karena, sate lokan memiliki aroma rempah-rempah yang kuat.

Citarasanya juga bervariasi. Ada rasa gurih dan pedasnya juga yang pas di lidah. Maka dari itulah, jika Anda tertarik untuk mencobanya, kunjungi saja Sate Lokan Restu Illahi. Karena disinilah Anda bisa menikmati kelezatan dari sate lokan sambil menghirup aroma khas dari angin laut Samudra Hindia.

Karena memang warung sate ini tidak jauh dari area pantai pasir putih yang ada di kec. Lengayang, bisa dijangkau dengan menggunakan rental mobil Fortuner. Sehingga, dengan posisinya yang pas dan konsepnya yang berbentuk lesehan. Hal ini membuat semua orang pasti akan betah berlama-lama untuk singgah ke tempat ini.

Harga Sate Lokan Restu Illahi

Sate Lokan Restu Illahi

Jika selama ini Anda hanya mengira ada 1 macam sate saja di Padang, maka Anda salah besar! Karena justru di Padang memiliki aneka macam sate Padang yang bermacam-macam. Misalnya saja, seperti Payakumpuh, Pariaman, Pauh, dll. Untuk sate lokan sendiri termasuk ke dalam sate Pariaman.

Baca juga, Deretan Menu Andalan Kedai Nasi Pauh Piaman Wajib Dicoba

Sate ini sangat unik. karena proses pembuatannya tidak ada daging sapi, daging kambing, ataupun daging ayam. Hanya ada lokan saja, atau sejenis kerang yang akan dijadikan sebagai bahan satenya. Harganya cukup terjangkau. Yaitu Rp 15.000, – per porsi Anda sudah bisa menikmati sepuasnya.

Rate this post