Selain kaya dengan tempat wisata dan alamnya yang indah, Indonesia juga kaya akan wisata kuliner lezat. Salah satu yang perlu Anda kunjungi adalah tempat kuliner seafood terfavorit di Padang, Sumatera Barat. Ya, selain terkenal dengan masakan khas Padang, kota ini juga memiliki kuliner seafood yang tak kalah enaknya.

Dari berbagai kuliner legendaris dari kota Padang yang tersebar di seluruh penjuru kota, 5 diantaranya wajib untuk Anda kunjungi. Berbagai hidangan laut yang segar akan siap untuk menyambut kedatangan Anda di kota jam Gadang ini. Silakan terus membaca untuk rekomendasi wisata kuliner makanan laut terbaik di kota Padang.

Beberapa Restoran Seafood di Padang

Padang termasuk kota pesisir yang berbatasan dengan laut. Tidak heran jika Padang juga memiliki menu makanan laut yang beragam. Cara pengolahan serta bumbu rempah yang digunakan membuat hidangan yang disajikan terasa luar biasa lezat. Dari sekian banyak rumah makan yang menyediakan makanan laut di Padang, berkut 7 diantaranya:

1. Apollo Seafood Padang

Apollo Seafood Padang

Terletak di jantung kota Padang, rumah makan ini dikenal baik oleh masyarakat sekitar maupun oleh para pelancong dari dalam dan luar negeri. Menu yang disajikan berupa Chinese food, seafood dan menu lain juga. Ikan, udang, cumi segar yang disajikan di tempat ini sangat menggiurkan karena rasanya yang otentik.

Terletak di Jl. HOS Cokroaminoto No. 36 kota Padang, Anda dapat dengan mudah menjangkau tempat ini dengan kendaraan pribadi. Layanan yang ditawarkan rumah makan ini baik dan ramah. Tempatnya juga luas sehingga nyaman untuk bersantap bersama keluarga besar maupun teman-teman.

Restoran ini buka setiap hari dengan dua shift jam buka, yaitu:

  • Shift pertama buka mulai pukul 9:30 – 14:00 WIB
  • Shift kedua buka mulai pukul 17:00 – 22:00 WIB

Harga yang ditawarkan rumah makan ini relatif terjangkau, yaitu maksimal Rp. 75 ribu per orang.

2. Rumah Makan Fuja

Rumah Makan Fuja

Tempat kuliner yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai pemandangan laut. Lokasinya berada tepat di pinggir pantai Padang yang biasa dikenal dengan nama Taplau oleh masyarakat di sana. Rumah makan ini tidak hanya menawarkan kelezatan makanan lautnya, tetapi juga indahnya pemandangan laut.

Anda dapat menikmati sunset di sini sembari menikmati hidangan ikan bakar nan lezat. Beberapa pengunjung yang beruntung, bahkan dapat melihat kawanan lumba-lumba dari tempat ini. Berwisata kuliner di rumah makan Fuja bersama keluarga, teman maupun akan terasa mengesankan. Harga yang ditawarkan juga terjangkau yaitu maksimal Rp. 200.000,00 per kepala.

Jam buka restoran ini mulai pukul 10:00 – 22:00 WIB setiap harinya. Jika Anda pergi bersama rombongan, ada baiknya mempertimbangkan rental mobil Padang untuk mempermudah transportasi Anda.

3. Ikan Bakar Djoni/Kun

Ikan Bakar Djoni/Kun

Rumah makan yang berdiri sejak tahun 2000 ini berada di wilayah Pecinan (Chinatown) kota Padang. Salah satu menu andalannya adalah ikan bakar kuah santan yang terkenal unik dan lezat. Walaupun tempatnya sederhana, ikan bakar Djoni Kun banyak dikunjungi karena rasa sajian yang ditawarkan istimewa.

Jika Anda penasaran untuk mencoba menu yang ada, pastikan bahwa Anda tahu jadwal bukanya. Setiap hari Senin ikan bakar Djoni Kun tutup. Untuk hari yang lain dibagi dalam 2 shift, yaitu pukul 11:00-15:00 WIB dan pukul 18:00-21:00 WIB. Harga yang ditawarkan maksimal Rp. 75.000, 00 /orang.

4. Ikan Bakar Bu Tres

Ikan Bakar Bu Tres

Jika Anda sedang berwisata kuliner di kota Padang, Anda wajib mampir ke tempat makan yang satu ini. Hidangan makanan laut yang disajikan sangat beragam dan berasal dari bahan makanan segar. Pilihan bumbu dan menunya pun beragam, mulai dari yang pedas atau hanya menggunakan bumbu kecap. Itulah sebabnya tempat ini cocok untuk kuliner keluarga Anda. Berlokasi di Jl. Cokroaminoto, rumah makan ini dahulu bernama Ikan Bakar Pak Tris. Sekalipun berganti nama, dipastikan bahwa layanan yang ditawarkan makin ditingkatkan. Sajian yang dihidangkan pun diupayakan menjadi lebih baik demi kepuasan pelanggan.

Jam buka tempat makan ini mulai pukul 10:30-22:00 WIB. Silakan sesuaikan dengan jadwal Anda jika ingin mengunjungi tempat ini.Anda bisa mempertimbangkan sewa mobil untuk mempermudah Anda mencapai lokasi wisata kuliner ini

5. Pondok Ikan Bakar Khatib Sulaiman

Pondok Ikan Bakar Khatib Sulaiman

Satu lagi tempat wisata kuliner yang terletak tepat di pinggir pantai Padang. Tentunya tidak hanya menu lezat yang ditawarkan, tetapi juga pemandangan laut yang eksotis. Alasan tersebut yang membuat rumah makan ini menarik untuk dikunjungi. Berlokasi di Jl. Samudra No. 16. Padang Barat, restoran yang terdiri dari 2 lantai tepat menghadap pantai Padang. Jika Anda ingin menikmati angin laut, Anda dapat memilih bersantap lantai 2 yang memiliki balkon terbuka.

Salah satu ciri khas dari rumah makan ini adalah semua hasil laut dibakar menggunakan batok kelapa selama 10 hingga 15 menit. Hal ini membuat ikan bakar yang dihasilkan kaya rempah dan lebih lezat. Restoran ini buka mulai pukul 10:00 – 23:00 setiap harinya. Harga yang ditawarkan adalah Rp. 75.000,00 hingga Rp. 200.000,00 per orang.

Baca juga : Istana-istana Megah di Kota Padang

Selama berada di kota Padang, tentunya Anda harus mencoba berbagai kuliner khas Padang seperti rendang atau sate Padang. Tetapi Anda juga wajib mencoba sajian seafood yang ada karena cita rasa yang ditawarkan khas dan istimewa. Semoga 5 tempat kuliner seafood terfavorit di Padang di atas dapat membantu Anda mencari lokasi kuliner terbaik selama tinggal di Padang. Selamat berwisata kuliner!