Soto garuda merupakan salah satu wisata kuliner yang tidak boleh dilewatkan saat ke Padang. Sebab, masakan sotonya mampu membuat perut yang tak lapar menjadi lapar. Bila biasanya anda hanya mampir ke rumah makan padang saja, kini cicipi pula soto garuda khas Padang.

Dengan begitu, jika anda beberapa hari berkunjung ke Padang takkan bosan dengan masakan yang itu-itu saja. Soto ini sudah melegenda, baik masyarakat sekitar maupun turis suka mengonsumsinya. Alangkah baiknya jika anda simak penjelasan di bawah ini agar tahu tentang kekayaan kuliner di padang.

Rumah Makan Soto Garuda Padang

Soto Garuda Khas Padang

Sebagai wisata kuliner yang populer, soto garuda mampu menghabiskan 40 kg daging setiap harinya. Yang mana daging tersebut sengaja didatangkan dari Padang Panjang. Ke khasannya terdapat di air kaldu daging. Sehingga penggunaan penyedap rasa hanya sedikit sekali.

Baca juga, Nasi Kapau Uni Lis, Kuliner yang Selalu Membuat Kangen Bukittinggi

Tidak hanya menyajikan soto Padang saja, soto garuda juag memiliki menu lain yang tak kalah digemari yakni gado-gado. Bahkan pakar kuliner pernah mencicipinya dan dibilang rasanya maknyus. Saking enak dan rasanya yang tak pernah berubah, ada yang berlangganan selama belasan tahun.

Sejarah Rumah Makan Soto Garuda Padang

Menurut penduduk sekitar dan para wisatawan, soto garuda legendari karena sudah ada sejak tahun 1976. Kalau dihitung, rumah makan ini sudah berdiri selama 42 tahun dan saat ini dikelola oleh Wilda Rahma. Jangan samakan dengan soto lain sebelum anda mencobanya.

Banyak yang menyebut, kalau soto garuda adalah pelopor tempat wisata kuliner di padang.Hingga saat ini sudah ada 3 cabang, tapi yang paling populer di Jl. S. Parman dan Jl. Pattimura. Meskipun sudah puluhan tahun berdiri, kualitas rasanya tetap terjaga dengan resep warisan turun-temurun.

Nikmatnya Soto Garuda khas Padang

Beda dengan soto kudus, soto semarang maupun soto betawi, soto padang dimasak dengan kuah bening. Tapi, bukan berarti bumbunya seadanya atau ala kadarnya. Bumbunya tetap sesuai takaran, sehingga rasanya pun nikmat walau kuahnya bening. Cira rasanya lebih pedas karena rempah-rempahnya.

Sedangkan isiannya daging yang dipotong kotak kecil-kecil, paru goreng yang diiris kecil-kecil, kentang, bihun, beberapa sayur pelengkap dan sambal tentunya. Soto daging parulah yang paling disukai. Tak perlu takut kehabisan tempat selama masih buka, karena warung ini mampu menampung sekitar 80 orang.

Kelebihan Warung Makan Soto Garuda

Selain cita rasa yang berasal dari bumbu turun temurun serta pemilihan daging yang tepat umur, soto garuda memiliki kelebihan lain. Rumah makan ini dibangun dengan arsitektur klasik, sehingga anda akan merasakan seperti di rumah khas orang padang. Para pegawainya ramah dan cekatan

Bagi yang tidak suka paru, anda bisa meminta isian menu soto garuda dengan daging sapi polosan. Biasanya, soto ini disajikan dengan kerupuk merah. Perpaduan rasa antara soto yang gurih dengan kerupuk merah yang renyah, mampu membuat selera makan anda tinggi.

Harga Soto Garuda

Bagi traveler tak usah pusing jika mau makan enak karena menu soto garuda dibanderol antara 22 ribu – 30 ribuan untuk makanannya. Sedangkan minumannya, harganya cukup terjangkau. Pokoknya sepadanlah dengan rasa dan porsi yang diperoleh.

Jam Buka Soto Garuda Padang

Jika ingin menikmati soto padang atau gado-gado lezat, bisa datang saat sarapan pagi, makan siang maupun malam. Jam buka soto garuda mulai dari 07.00 – 21.00 WIB di setiap toko. Kalau ada perbedaan jam buka, paling dalam hitungan menit, tidak sampai satu jam. Jadi, tenanglah karena jam buka panjang.

Kuliner Soto Garuda Padang

Lokasi Soto Garuda

Seperti yang dijelaskan di atas, ada 3 cabang soto garuda padang. Pertama di Jl. S. Parman No. 110, Lolong Belanti, Padang Utara, Kota Padang, Sumbar 25136. Cabang kedua di Jl. Pattimura dan Ketiga di Jl. Koto Marapak No. 4 Olo, Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

Baca juga, RM Lamun Ombak Tempatnya Kuliner di Padang Bersejarah

Perpaduan soto bening dengan daging berumur tepat serta bumbu-bumbu turun-temurun, membuat soto garuda tak tertandingi. Rasanya membuat ketagihan siapapun yang sudah merasakannya. Selain soto, adapula gado-gado yang tak kalah lezatnya. Ajak keluarga, teman sampai rekan kerja untuk sama-sama menikmatinya.