Tabiang Takurang yang Dulu dengan yang Sekarang – Nama Tabiang Takuruang sengaja diambil karena tabiang dikeilingi oleh tebing-tebing yang telah mengampitnya. Sedangkan keindahan yang dimiiki Sumatra Barat ini pun memiliki pemandangan hijau yang begitu sangat menggoda. Dibalik dari penghijauan yang menambah keindahan tabiang, para pengunjung juga akan melihat kekokohannya. Melalui ketinggian yang dimilikinya tersebut, yaitu mencapai 100 meter. Ketinggian dan kekokohan tabiang ini berbeda dengan jaman dahulunya yang memang lebih tinggi dan lebih besar dibandingkan dengan sekarang.

Terjadinya tragedi gempa dijaman dahulu yang menjadikan tebing tabiang mengalami keruntuhan. Kondisi tebingnya yang curam kini tebing tersebut tidak akan di panjat lagi. Sedangkan pada jaman dahulu tebing ini sering kali dipanjat. Hal unik yang dapat Anda lihat dari obyek wisata ini yaitu tebing-tebing yang ada disekitar tabiang. Selain terlihat indah, tabiang juga memperlihatkan panoramanya yang begitu sangat sejuk. Hal ini dikarenakan airan sungai yang ada disekitaran tabiang.

Baca juga, Danau Kembar, Destinasi Menawan di Kota Solok Sumatra Barat

Ikon Wisata yang Elok

Tradisi-Adat-Tabiang-Takuruang

Melalui keindahan dan panorama yang ditawarkan oleh obyek wisata ini pun menjadi tempat yang begitu sangat elok. Pemandangan hijau dengan aliran sungai memberikan kesan yang sangat alami dan natural. Bagi para fotografer, Tabiang Takuruang menjadi target sasaran yang mampu memberikan hasil memuaskan. Hasil foto yang akan di dapatkan pun juga akan memberikan kesan lebih hidup dan lebih nyata lagi.

Tabiang memiliki hawa yang sangat sejuk dan dingin. Hal ini memberikan rasa puas dan nyaman bagi wisatawan yang datang ke obyek wisata ini. Gaya eksotis yang dimilik obyek wisata ini mampu menjadikan wisata ini sebagai obyek wisata yang sangat elok. Siapa pun pengunjung yang melihatnya akan merasa tergoda untuk menikmati suasana disana.

Lokasi Tabiang Takuruang

Wisata Tabiang terletak pada kawasan Jorong Jambak, Nagari Sianok, IV Koto, Agam, Sumatra Barat. Jika Anda berada di Butittinggi, Anda hanya membutuhkan 20 sampai 30 menit saja jika menggunakan sepeda roda dua. Jika ingin menggunakan kendaraan roda empat, Anda bisa sewa mobil Alphard di sekitaran Bukittinggi.

Harga Tiket Masuk Wisata

Biaya tiket masuk ke obyek wisata Tabiang, para wisatawannya tidak akan dikenakan biaya tiket masuk. Akan tetapi pengunjung dapat membayarnya dengan seikhlasnya saja.

Keunikan Wisata Tabiang Takuruang

Hal unik yang akan Anda dapatkan dari obyek wisata ini yaitu sebagai berikut:

Pesona kuliner

Menikmati panorama keindahan sambil mencicipi menu kuliner yang ada memberikan pesona yang mengagumkan. Ada banyak menu kuliner yang dapat untuk dinikmati, seperti Pical Ayang, pical Sikai, Itiak Lado Ijau, Lubang Japang dan masih ada banyak lagi.

Kera sang penghibur

Selama perjalanan menuju Tabiang, wisatawan akan melewati bibir sungai, hamparan sungai yang begitu sangat indah, panoramanya yang sangat elok. Ditambah lagi dengan kehadiran hewan kera liar yang siap membuat Anda harus waspada. Keunikan yang dimiliki oleh obyek wisata ini pun menjadikan banyak wisatawannya enggan meninggalkan wisata indah ini.

Aktifitas yang Bisa Dilakukan

Wisatawan yang datang bisa melakukan berbagai aktifitas lain selain menikmati keindahan alamnya, diantaranya yaitu:

Sepak bola

Wisatawan dapat bermain sepak bola di bibir sungai. Melalui pemandangan dan panoramanya yang begitu sangat menggoda membuat pengunjung merasa dimanjakan. Jika Anda sudah memiliki rencana untuk bermain bola di sekitar Tabiang Takuruang, maka Anda bisa membawa bola dari rumah.

Off roader

Bagi penggila dunia ottomotif, berkunjung ke obyek wisata ini sangat tepat untuk Anda kunjungi. Kegiatan menyenangkan yang dapat untuk Anda lakukan di sana yaitu dengan off roader. Berpetualan dan menerjang arus sungai yang berwarna kecoklatan membuat daya tarik bagi setiap pecinta off roader.

Melukis

Bagi Anda yang ahli dalam dunia melukis, tidak akan lengkap rasanya jika tidak menyimpan keindahan alamnya dengan melalui lukisan. Bagi Anda yang mencintai estetika alam, Anda bisa untuk mengabadikannya sebagai obyek yang bisa di lukis dalam karyanya.

Berenang

Udaranya yang segar dan hamparan sungai dengan air yang begitu sangat jernih mampu memberikan daya tarik. Para wisatawannya dapat melakukan aktifitas berenang untuk membuat tubuh lebih segar. Fisik yang lelah karena perjalanan panjang yang harus ditempuhnya, mampu terobati ketika wisatawan sudah terjun ke dalam sungai.

Tempat mencuci pakaian

Selain digunakan untuk berenang, sungai Tabiang Takuruang juga sering kali digunakan untuk tempat mencuci pakaian. Anda akan menemukan beberapa masyarakat setempat yang mencuci pakaian di sungai.

Keistimewaan Wisata Tabiang Takuruang

View-Tabiang-Tangkuruang

Tempat syutting

Keistimewaan yang bisa untuk Anda lihat dari obyek wisata ini adalah keindahannya. Melalui keindahan yang dimiliki oleh obyek wisata inilah yang menjadikan obyek wisata ini dijadikan sebagai tempat syutting. Ada beberapa sinetron yang digarap di obyek wisata ini. Sinetron tersebut berjudul “Anak Kaki Gunung” hal ini lah yang menjadikan tempat wisata ini semakin banyak dikunjungi wisatawannya.

Udaranya yang segar

Udara dan suasanya yang segar memberikan daya tarik bagi wisatawan untuk bercengkarama. Bagi kalangan anak muda menjadikan tempat ini sebagai tempat nongkrong.

Fasilitas Untuk Wisatawan

Fasilitas yang ditawarkan dari obyek wisata Tabiang yaitu:

Warung

Anda bisa menghilangkan rasa lapar dan haus di warung makan yang ada disekitaran. Ada deretan warung makan yang siap melayani perut Anda yang sedang dilanda lapar.

Toilet

Di sana Anda juga akan menemukan toilet untuk tempat ganti pakaian, untuk buang air maupun buang air besar.

Baca juga, Bukit Langkisau, Pemandangan Spektakuliter di Kota Painan

Tabiang Takuruang sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata selanjutnya bagi Anda pecinta traveling. Segera jadwalkan untuk mengunjungi lokasi wisata ini bersama teman maupun keluarga Anda. Untuk masalah transportasi Anda bisa sewa Elf Long untuk datang secara rombongan.

Rate this post