Nama Tempat WisataTimbulun Waterfall
LokasiKampung Painan, IV Jurai, kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.
Jam Buka
ProvinsiSumatera Barat
Telepon
Website
Petunjuk ArahKlik di sini

Bagi pecinta traveling pasti sudah tak asing dengan pesona kabupaten Pesisir Selatan yang sangat elok dan mendapat julukan sebagai surganya wisata alam. Bukan hanya wisata bahari, tetapi keberadaan Timbulun Waterfall di area ini pun menjadi alternatif baru dalam menikmati alam.

Waterfall alias air terjun Timbulun ini persisnya berada di Kampung Painan Timur ini bisa Anda tempuh dengan jarak 4 km saja dari kota Painan, tetapi membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam jika dari pusat kota Padang.

Air Terjun Timbulun yang Menyajikan Keheningan Alam

lokasi timbulan waterfall

Ditinjau dari geografi waterfall ini, ia memiliki tujuh tingkat air terjun dengan keindahannya masing-masing. Semakin tinggi tingkat yang ingin Anda capai, maka semakin tinggi uji nyali Anda dalam menuju ke sana.

Saat Anda sudah tiba di area, dijamin semua rasa lelah Anda selama di perjalanan langsung terbayarkan lunas. Kemegahan Air terjunnya akan menghipnotis mata Anda untuk tetap terpaku menatapnya. Selain indah, air terjun ini pun sangat unik dan menawan.

Di setiap tingkatan air terjunnya memiliki kolamnya masing-masing yang menjanjikan air yang segar dan nuansa alami menyejukkan sejauh mata memandang. Sayangnya, Anda harus sangat berhati-hati saat ingin menyelesaikan semua tingkatan dalam setiap tingkatannya, karena jalanan yang licin.

Apalagi bagi Anda yang belum terbiasa dengan medan jalan yang sangat luar biasa ini, jadi sangat penting dalam memperhatikan faktor keselamatan. Kondisi alamnya masih hijau asri dan belum terlalu tersentuh tangan manusia. Ditambah suasana hutan lebat yang makin mempesona.

Tenang, bagi Anda yang sedang mencari spot oke untuk fotografi pun bisa menguji kepiawaian Anda di sini dalam menentukan angle dan spot tepat untuk mengambil shoot foto. Anda bisa menggunakan kamera DSLR atau ponsel kok untuk mengabadikannya.

Disarankan bagi Anda yang ingin mengunjungi Timbulun Waterfall ini untuk memiliki sedikit kecintaan dengan alam dan teknik mendaki, ingat … ini masalah keselamatan.

Lokasi Wisata Air Terjun Timbulun

Air terjun Timbulun Painan ini berada persis di Kampung Painan, IV Jurai yang berlokasi di kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Untuk menuju ke sini, Anda bisa menempuh perjalanan sejauh 77 km dengan kendaraan selama 4 jam.

Namun, bagi Anda yang datang dari Kota Painan cukup menempuh jarak 4 km saja kok. Anda bisa sewa kereta di Padang untuk menuju ke sini apabila tak memiliki kendaraan pribadi. Setelah sampai di akses jalan menuju air terjun, Anda pun masih harus menempuh perjalanan lanjutan sekitar 500 atau 600 meter hingga tiba di lokasi dari gapura masuk.

Baca Juga : Wisata Kota Tua Padang, Wisata Kekinian yang Seru dan Menarik

Kegiatan Selama di Timbulun Waterfall

air terjun timbulun

Selain berfoto, Anda bisa mandi di air terjun tingkat pertama, merasakan sejuknya air yang mengalir dengan suasana bagai di tengah hutan. Namun, harus punya skill berenang juga ya karena airnya cukup dalam.
Di obyek wisata alam sumbar ini Anda akan menemukan spot terbaik untuk melihat lubuk yang bentuk lekukannya sendiri adalah proses alami. Di sini lokasinya agak landai tapi batu alamnya menyatu dengan air terjun jadi hati-hati.

Di tingkat ketiga air terjunnya sedikit tegak lurus dengan ketinggian 15 meter dan ada lubuk cukup dalam dengan air jernih kehijauan. Level ini jarang ada yang bisa melewati karena arusnya cukup deras dan jaraknya pun cukup jauh serta memutar.

Namun, keunikan dari level ketiga adalah hutan di sekitarnya lebih lebat dan rimbun serta pesona yang sunyi hening menenangkan yang dibawanya menjadi daya tariknya. Di level ketiga juga sering terjadi pelangi yang merupakan fenomena alam yang sulit ditemui.

Fasilitas yang Ada

Terakhir fasilitas yang ada, adalah akses jalan yang sudah berupa beton cor untuk memudahkan langkah pengunjung. Untuk mencapai air terjun juga sudah disiapkan rute oleh pengelola, jadi Anda hanya perlu mengikutinya.

Saat berkunjung ke Timbulun Waterfall usahakan untuk mengenakan pakaian yang sopan serta hormati adat istiadat setempat. Ingat selalu untuk mengedepankan norma kesopanan dan keselamatan di perjalanan. Sudah siap untuk berkunjung?