Sementara lupakan dulu Pulau Bali atau Kota Yogyakarta sebagai destinasi liburan karena Kota Padang, Sumbar tak kalah menariknya untuk dijelajahi. Salah satunya adalah di Kecamatan Bungus terutama bagi Anda para penggemar wisata pantai dan pecinta kuliner seafood. Penasaran? Simak rekomendasi tempat wisata di Bungus Padang untuk liburan tahun ini.

Tempat wisata di Padang Sumatera Barat

Bungus Teluk Kabung merupakan salah satu kecamatan di Kota Padang yang populer dengan keindahan pantai dan pulau-pulau kecilnya. Jika berkesempatan singgah ke ibukota Sumatera Barat tersebut, jangan lewatkan untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata berikut ini.

1. Pantai Carolina

Letaknya hanya sekitar 2,35 km dari pusat kecamatan dan saat menginjakkan kaki di tempat ini Anda pasti tak menyesal. Pasalnya Pantai Carolina ini memiliki karakter sebagaimana pantai-pantai di kawasan Pulau Bali atau Lombok dengan pasirnya yang putih bersih. Pantai ini juga surganya para surfer dengan ombak menantang untuk ditundukkan.

Panorama bawah laut Pantai Carolina pun tak kalah menakjubkan dengan aneka terumbu karang berbagai jenis yang berwarna-warni. Diving dan snorkeling bisa menjadi alternatif kegiatan liburan bila ingin menikmati pantai ini secara total. Untuk menuju pantai Anda dapat menggunakan kendaraan sewaan dari rental mobil Padang yang cukup mudah ditemukan.

2. Pantai Carlos

Pantai Carlos merupakan tetangga Pantai Carolina sehingga dalam waktu yang bersamaan Anda bisa menjelajah kedua pantai tersebut. Yang menarik dari pantai ini adalah terbilang masih sepi pengunjung karena belum terlalu populer bagi traveler di luar Sumbar. Jadi Anda bisa lebih bebas menikmati keindahan pantai mungil ini laksana milik pribadi.

Untuk anak-anak obyek wisata ini pun termasuk aman karena ombaknya yang ramah pada perairannya yang bersih dan bening. Pengelola pantai ini juga menyediakan fasilitas liburan ke Pulau Sirandah, pulau kecil di dekat Pantai Carlos. Bila beruntung Anda mungkin berkesempatan menyaksikan tradisi menangkap ikan secara bergotong-royong menggunakan pukat.

3. Pantai Bungus

Pantai Bungus terletak di Teluk Bayur Bungus, Teluk Kabung, Padang. Tak hanya dapat menikmati panorama pantai yang luar biasa, di sini Anda juga akan disuguhi pemandangan perbukitan yang mengelilinginya. Pengelola telah menyediakan cukup banyak kursi malas plus payung di tepian pantai bagi para wisatawan yang ingin berleha-leha sambil berjemur.

Yang tidak boleh terlewatkan dari dari obyek wisata ini adalah pemandangan sunset yang bagus dan romantis. Bagi Anda para penghobi fotografi, siapkan kamera kesayangan untuk mengabadikan momen tersebut.

4. Rumah Makan Keluarga Bungus

Tak lengkap rasanya liburan tanpa wisata kuliner. Saat berkunjung ke Pantai Bungus, jangan lupa mampir ke RM Keluarga Bungus. Restoran yang merupakan bisnis keluarga ini menyediakan aneka menu seafood yang lezat, namun yang paling terkenal adalah kuliner gulai kepala ikan.

Setiap porsi menu ini berupa kepala ikan kerapu atau kakap yang besar dan diolah dengan bumbu gulai pedas berkuah bening. Satu porsi saja sudah cukup untuk disantap oleh dua orang ditambah nasi hangat yang pulen. Sementara lupakan dulu diet Anda!

5. Pantai Nirwana

Pantai yang terletak di Jalan Raya Padang – Painan Teluk Bayur ini jaraknya hanya sekitar 5 km dari pusat Kecamatan Bungus. Pantai di dekat Pelabuhan Teluk Bayur yang legendaris tersebut memiliki hamparan pasir putih nan lembut. Saat laut tengah surut Anda dapat melihat aneka koral serta batu karang berwarna-warni di sepanjang bibir pantai.

Tunggulah hingga senja untuk menyaksikan pemandangan unik lampu-lampu berkelap-kelip dari berbagai jenis kapal yang hendak bersandar di dermaga. Berkunjung bersama orang tercinta dijamin akan memberi pengalaman liburan yang tak terlupakan. Untuk mengakses Pantai Nirwana Anda bisa sewa mobil dari rental di pusat Kota Padang dan berkendara ke arah selatan.

6. Pulau Pasumpahan

Pulau mungil dengan pantai yang indah ini masih merupakan bagian dari Kecamatan Bungus, Teluk Kabung Selatan dan berdekatan dengan Pulau Sikuai. Anda bisa berkunjung ke pulau berpasir putih ini dari Dermaga Teluk Bungus. Aktivitas liburan yang banyak menjadi pilihan adalah berkemah pada camping ground yang telah disediakan pengelola.

Pulau Pasumpahan juga memiliki bukit dengan ketinggian sekitar 100 meter yang bisa Anda daki dengan trekking santai. Saat berada di puncak Anda akan dapat menyaksikan kecantikan alam lautan lepas nan luas dengan pulau-pulau kecilnya. Berbagai wahana permainan air pun tersedia lengkap di tempat ini ditambah lapangan voli pantai.

Baca juga: 11 Cafe Instagramable di Kota Padang yang Wajib Dikunjungi

7. Pantai Swarna Dwipa

Rekomendasi tujuan wisata selanjutnya adalah Pantai Swarna Dwipa. Walaupun harus menyebrang dengan boat untuk mengaksesnya, percayalah Anda tak akan menyesal. Banyak wisatawan yang menyebut obyek wisata ini dengan Swarna Dwipa, tetapi sejatinya pantai/pulau ini bernama Suwarnadwipa.

Popularitas pulau mungil ini semakin meroket setelah banyak pelancong mengunggah foto kecantikan alamnya di media social dengan tagar explore Sumbar. Suwarnadwipa sendiri artinya Pulau Emas atau tanah yang bercahaya karena begitu indahnya. Pemberian nama tersebut konon karena terinspirasi dengan panorama alamnya yang menakjubkan.

Di sini para wisatawan dapat menikmati wisata pantai sekaligus diving atau snorkeling. Bawah laut Pulau Suwarnadwipa menawarkan spot-spot pemandangan yang tak kalah luar biasa dengan obyek wisata snorkeling lainnya. Pilihan aktivitas wisata lain yang dapat Anda nikmati adalah jelajah pulau alias island hopping.

Anda bisa menyewa boat dan berkeliling pulau-pulau lain di sekitar pulau Suwarnadwipa seperti Pulau Sikuai, Sironjong, Pagang, dan Pamutusan. Bila ingin menghabiskan waktu lebih lama di tempat wisata ini, Anda bisa menginap di Suwarnadwipa Beach and Resort. Tak seperti hotel lainnya, penginapan ini memilih konsep kembali ke alam dalam menyediakan layanannya.

Jadi yang mana tempat wisata di Bungus Padang favorit Anda? Jangan hanya pergi sendirian, agar lebih seru ajaklah keluarga besar atau teman-teman terdekat. Untuk transportasinya Anda bisa menyewa kendaraan yang nyaman secara patungan. Lebih hemat, bukan? Selamat liburan!