Tempat wisataAir Terjun Lubuk Hitam / Air Terjun 3 Tingkat
AlamatKoto Lubuk Hitam, Teluk Kabung Utara, Bungus Teluk Kabung, Padang, Sumatera Barat 25237
Jam Buka24 Jam
ProvinsiSumatera Barat
Petunjuk ArahKlik di sini

 

Anda mencari tempat wisata Padang yang cocok untuk berpetualang? Maka Air Terjun Lubuk Hitam salah satu jawabannya. Air terjun di Lubuk Hitam ini sering disebut dengan air terjun 3 tingkat.Disebut air terjun tiga tingkat karena memang terdapat tiga tingkatan air terjun. Jika anda ingin tahu lebih lanjut tentang air terjun ini, anda bisa membaca ulasan berikut.

Detail Tempat Wisata Air Terjun Lubuk Hitam

air terjun lubuk hitam padang

Bagi anda yang tertarik dengan salah satu tempat wisata di Bungus Padang ini, anda bisa membaca ulasan tentang detail tempat. Tujuannya agar anda bisa mempersiapkan segala sesuatu sebelum berkunjung. Detail yang dimaksud antara lain yaitu:

1. Rute ke air terjun 3 tingkat

Air terjun yang mempesona ini masih alami dan belum terlalu populer di kalangan wisatawan. Saat hendak ke sana, anda harus melewati jalur yang berkelok karena air terjun terletak di kaki bukit barisan. Namun tentu tidak menjadi masalah, mengingat pemandangan di sisi jalan yang memanjakan mata.

Pemandangan di sisi kiri anda adalah perbukitan dan sisi kanan ada hamparan laut lepas. Sangat memanjakan mata, bukan? Sesampainya di kawasan air terjun, anda akan memasuki jalan kecil yang diapit persawahan.

Setelah itu, anda bisa memarkirkan mobil atau motor di parkiran yang ada di dekat sungai. Untuk bisa melihat air terjun, anda harus berjalan kaki ke atas bukit selama kurang lebih 30 menit. Menurut banyak orang yang pernah ke sana, medan ke air terjun tingkat ketiga tergolong sangat berat, pas untuk anda yang suka berpetualang.

2. Harga tiket masuk

Tempat wisata di kota Padang satu ini belum dikelola dengan optimal jadi belum ada petugas yang mengelola tiket masuk. Anda tidak akan dikenai biaya masuk. Biaya yang dikeluarkan hanyalah biaya untuk parkir kendaraan yang hanya berkisar Rp 2.000,00 hingga Rp 5.000,00.

3. Fasilitas di Air Terjun 3 Tingkat

Saat ke air terjun tiga tingkat, anda akan menemukan tempat parkir. Lalu saat naik ke atas, anda tidak akan menemukan apapun kecuali air terjun dan lubuk tempat mandi. Jadi fasilitas di air terjun tiga tingkat belum lengkap.

4. Jam buka

Air terjun lubuk hitam buka setiap hari dan setiap waktu. Namun karena medannya yang cukup berat, wisatawan hanya berkunjung saat pagi hari hingga sore hari. Berbeda dengan taman di Kota Padang yang bebas dikunjungi kapan pun.

Baca Juga : Daftar Taman-taman di Kota Padang yang Pas untuk Bersantai

Pesona Air Terjun Lubuk Hitam

keindahan air terjun lubuk hitam

Air terjun tiga tingkat lubuk hitam memiliki banyak pesona. Pesonanya antara lain yaitu:

1. Air terjun masih alami

Air terjun ini letaknya di kaki bukit barisan, perlu keberanian untuk ke sana. Jadi hanya orang yang suka berpetualang dan mencintai alam yang pernah mengunjunginya. Karena itulah air terjun masih sangat alami, belum banyak yang mengotori dan merusak.

2. Memberikan pemandangan yang berbeda di setiap tingkatannya

Air terjun memiliki tiga tingkatan. Kebanyakan orang hanya sampai di tingkat pertama yang medannya paling ringan. Di tingkat pertama ini, anda akan menemukan lubuk atau kolam di bawahnya.

Sedangkan di tingkat kedua, anda juga akan disuguhkan air terjun dengan lubuk. Namun di tingkat kedua, terdapat bebatuan cadas yang cukup licin. Jadi anda harus berhati-hati.

Nah di tingkat ketiga yang sangat istimewa karena medan ke tingkat tiga sangat berat. Oleh sebab itu mereka yang mencapai air terjun tingkat ketiga hanyalah mereka yang suka hiking dan berpetualang.

Sulitnya medan yang ditempuh setara dengan pemandangan yang disajikan. Di tingkat ketiga ini akan ada air terjun 1080 meter dengan pemandangan yang sangat elok. Anda bisa melihat aliran air terjun dan hijaunya alam.

Benar-benar menggiurkan untuk dikunjungi, bukan? Karena itulah bagi anda yang ingin eksplore Padang, tidak ada salahnya mampir di air terjun tiga tingkat lubuk hitam. Jangan lupa juga untuk membagikan tulisan ini di media sosial agar banyak teman anda yang mau diajak ke air terjun tiga tingkat.

Demikian tadi ulasan tentang Air Terjun Tiga Tingkat Lubuk Hitam sebagai tempat wisata Padang yang cocok untuk berpetualang. Jangan lupa mampir ya. Jika tidak tahu jalannya, jasa sewa bus Padang siap membantu anda.