Salah satu provinsi di Indonesia yang bisa kamu kunjungi adalah Sumatera Barat. Menu makanannya saat ini mulai mendunia. Selain itu, tempat wisata di Sumbar yang mirip luar negeri mulai bermunculan satu per satu dan menjadi unggulan.

Di media sosial, Anda bisa melihat berbagai kawasan di Sumatera Barat dengan pandangan yang elok. Mulai dari perbukitan, bangunan, persawahan dan suasana yang sejuk dan menghadirkan kedamaian. Selain itu, warga Sumbar yang ramah dan bersahaja menjadi alasan yang cukup kuat untuk berkunjung ke tempat ini.

Pilihan Tempat Wisata di Sumbar yang Mirip dengan Luar Negeri

Bagi anda yang membutuhkan tempat liburan di akhir tahun, beberapa pilihan wisata di Ranah Minang ini bisa anda jadikan sebagai pilihan. Berikut beberapa pemandangan indah yang bisa kamu temui di Sumatera Barat.

1. Padang Mangateh

Tempat wisata di Payakumbuh Sumatera Barat ini merupakan padang rumput hijau yang berdiri pada tahun 1916. Pemandangan ini mirip dengan desa Hobbiton yang ada di New Zealand. Panorama hijaunya memberikan kesejukan, kesegaran dan keasrian yang alami.

Terletak di Jalan Padang Mangatas anda bisa sewa mobil dan pergi ke tempat ini. Menikmati hamparan alam Pinggang Gunung Sago yang terkenal memiliki spot sunset dan sunrise. Tempat ini bisa anda jadikan sebagai kawasan penghilang penat disaat kerjaan sedang padat menumpuk

2. Janjang 1000

Tempat berikutnya adalah Janjang Seribu yang mirip dengan Tembok Besar China. Kawasan wisata yang berada di Ngarai Sianok ini memiliki tangga berjumlah 1000 dengan sudut kemiringan mencapai 90 derajat. Di sini, anda tidak akan menemukan sedikit pun aksi vandalisme, tempatnya juga sangat bersih.

Ketika sampai di puncaknya, anda akan disuguhkan dengan panorama alam Ngarai Sianok yang membuat anda terdiam seribu bahasa. Paling nikmat lagi minum secangkir kopi yang dijual di warung-warung yang ada di puncaknya. Lembah dan sungai menjadi sajian yang tidak boleh anda lewatkan.

3. Jam Gadang

Wisata Sumbar yang lagi hits ini bila diperhatikan secara seksama ternyata mirip dengan Jam Big Ben Inggris. Umurnya sudah mencapai 180 tahun dengan berbagai misteri angka 4 yang masih belum terjawab. Tingginya mencapai 26 meter.

Menggunakan mesin edisi terbatas yang produksi Jerman. Pernah mengalami tiga kali perubahan di bagian atasnya. Dibangun pada 1926 kala itu digunakan sebagai kawasan titik 0 km Bukittinggi dengan biaya yang mencapai 3000 gulden.

Baca juga: 4 Masakan Jawa di Padang yang Lezat, Nikmat, dan Terjangkau

4. Tambang Batubara Ombilin

Tempat wisata di Indonesia ini ditetapkan sebagai warisan Dunia oleh UNESCO. Selain itu, kawasan ini juga dinobatkan sebagai tambang batubara tertua di Asia Tenggara. Terletak di Pegunungan Bukit Barisan. Menurut wisatawan yang sudah berkunjung kawasan ini mirip dengan tambang batubara di Belgia.

Proses penambangan ini sudah berlangsung sejak abad ke 19. Oleh karena itu, tidak heran bila kawasan sekitarnya menjadi lokasi penambangan. Menariknya lagi, kawasan ini menjadi satu-satunya tambang bawah tanah di Indonesia.

Selain itu, anda juga bisa melihat beberapa peninggalan asli seperti terowongan Mbah Soero, Pabrik kereta api. Bagi anda yang datang kesini, suguhan edukasi sejarah tambang ini akan menjadi sajian utama selama menjelajah kawasan ini.

5. Kawasan Ngarai Sianok

 

Tujuan terakhir yang bisa anda kunjungi adalah kawasan Ngarai Sianok. Tempat Wisata di Bukittinggi ini disamakan dengan Green Canyon, Amerika. Memiliki kedalaman kurang lebih 100 meter. Terbentuk dari patahan bumi yang memanjang.

Kemudian membentuk dinding curam dan tegak lurus dengan lembah serta sungai yang sangat jernih. Keindahan lain yang bisa kamu nikmati adalah flora dan fauna yang bisa dikatakan menjadi surganya. Babi hutan, rusa, macan tutul bisa anda temui.

Tidak kalah pula flora yang mengesankan dengan tumbuhan Raflesia dan berbagai macam tanaman obat-obatan yang sering dimanfaatkan para warga. Bila anda beruntung, burung-burung kecil kadang bertebangan di atas, menghadirkan keindahan lain wajib dikunjungi.

Bagaimana dengan tempat wisata di Sumbar yang mirip luar negeri? Bagus dan mengesankan bukan? Bagi anda yang pergi ke Sumatera barat dan ingin menjelajahnya bisa menggunakan rental mobil Padang. Atau jasa tour yang sudah menjamur. Ayo pergi ke Sumbar!